Dirilis

02 Januari 2021

Motivasi bisnis adalah suatu hal yang harus ditanamkan pada diri setiap pengusaha. Banyak orang yang ingin berkarir sebagai entrepreneur, bercita-cita ingin menjadi pebisnis hebat dan sukses yang disertai dengan tujuan baik lainnya. 

Namun, beberapa mungkin belum memulai langkah usahanya. Bisa karena bingung, bisa pula karena tak memiliki motivasi yang kuat akan hal ini. apakah Anda salah satunya? Jika ia, maka disarankan untuk membaca tulisan ini hingga selesai. Karena pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menggali dan memupuk motivasi bisnis yang kuat dalam diri.

Tips Menggali dan Menumbuhkan Motivasi Bisnis 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Lalu, bagaimana caranya kita memiliki ‘dorongan’ yang dapat membantu bisnis kita tersebut?

1. Miliki Keyakinan yang Besar 

motivasi bisnis dimulai dari keyakinan yang kuat

Keyakinan adalah dasar motivasi kita dalam memulai bisnis yang kuat. Niat serta keyakinan menjadi pondasi utama dari bisnis yang kita jalankan. Kebanyakan tidak yakin dan takut produknya tidak laku dipasaran dan akhirnya bangkrut. Betul begitu? Tanamkan keyakinan dalam diri kita bahwa apapun produk yang ditawarkan akan ada pembelinya. Karena, bukankah setiap yang kita pasarkan sudah memiliki target konsumennya sendiri? Berarti semuanya berpeluang laku, berpeluang sukses. Yang perlu kita lakukan hanya meyakini hal itu, dan mencari jalan agar brand kita bertemu dengan ‘jodoh’ atau konsumennya.

2. Belajar Sukses dari Cerita Inspiratif

Dalam perjalanan bisnis kita mungkin saja merasa jenuh dan stuck di posisi itu-itu saja. Mulailah muncul pikiran “apakah saya bisa sukses dengan keadaan yang seperti ini?”. Untuk menghilangkan keraguan tersebut serta meningkatkan kembali daya juang bisnis, Anda bisa mencari, membaca, mendengarkan atau menonton kisah inspiratif yang memuat tentang perjalanan para pebisnis sukses. Semuanya memang tidak berjalan begitu saja, harus ada perjuangannya. Mengetahui kisah orang sukses ini bisa menjadi ‘pemecut’ motivasi bisnis yang dijalankan.

3. Jangan Menunda-Nunda

untuk motivasi bisnis yang kuat jangan suka menunda-nunda

Salah satu kebiasaan buruk yang cukup sering kita lakukan adalah menunda. Banyak alasan dan banyak menunda bisa menjadi salah satu faktor penurun motivasi sekaligus penghambat bisnis. Semakin ditunda, maka perjalanan menuju suksesnya akan lebih lama. Ketika malas menyerang, segeralah berpikir tentang apa yang membuat Anda telah berjuang sejauh ini? Maka hal tersebut bisa dijadikan motivasi agar segera bergerak sekarang juga.

Beberapa pebisnis, terlebih pengusaha baru, banyak yang merasa ragu untuk memulai langkahnya. Hal inilah yang biasanya menjadi faktor kita banyak menunda. Menunggu lebih siap, menunggu lebih matang dan segudang alasan lain yang biasa diungkapkan. Padahal dalam berbisnis, take action itu penting. Mulai saja dulu, perbaiki segala yang kurang sambil berjalan. Karena kalau kita menunda, kita tak pernah tau harus mulai memperbaiki dari hal apa.

4. Fokus dan Konsisten

Kunci sukses pebisnis berikutnya adalah fokus dan konsisten. Berbisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Di hadapan kita nanti, akan terhampar perjalanan panjang yang mungkin dapat menurunkan semangat, motivasi dan daya juang. Satu yang perlu diingat, fokuslah pada tujuan. Fokus pada hal-hal atau capaian-capaian bisnis Anda. Lakukan segala usaha dengan konsisten. Tanpa konsistensi maka semua yang telah dibangun bisa saja berantakan.

Berbagai tips dan cara menumbuhkan motivasi bisnis di atas, semoga bisa semakin menguatkan setiap langkah usaha Anda, ya. Apabila Anda membutuhkan konsultasi saat memulai bisnis, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli atau business coach. Dengan begitu, bisa didapatkan perencanaan tepat untuk menjalankan bisnis Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi Daya.id! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

LINDA BUDIYARTI

05 Januari 2021

PRnya di no.4 ?. Thanks for inspiring article nya ?.

Balas

. 1

Mohammad Ludfi

24 Desember 2020

Thanks daya.id dengan adanya artikel ini saya lebih termotivasi untuk berbisnis

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS