Dirilis

30 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bagi sebagian besar orang, pemakaian parfum di kegiatan sehari-hari sudah menjadi kewajiban. Semakin banyaknya wangi dan merek parfum ternama saat ini, semakin banyak juga jumlah pengguna parfum tersebut. Tak heran jika sekarang banyak juga orang-orang yang mulai membuka usaha parfum, karena permintaan parfum yang memang tinggi.
Ketika menjalankan usaha parfum, ada dua model yang bisa dipilih. Pertama adalah usaha parfum refill atau isi ulang. Kedua adalah parfum original. Keduanya sama-sama menguntungkan, sebab peminat parfum refill maupun original juga sama banyaknya.

 

Tips Sukses Memulai Usaha Parfum Baik Refill Maupun Original

Nah, jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha atau bisnis parfum ini, maka Anda bisa segera merealisasikannya dengan langkah berikut ini:

 

1. Persiapkan Modal Usaha Parfum


Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis parfum ini adalah dengan mempersiapkan modal terlebih dahulu. Bisnis dengan jumlah keuntungan yang besar ini, sebenarnya tidak memerlukan jumlah modal yang terlalu besar. Namun Anda tetap membutuhkan sejumlah modal untuk biaya operasional, biaya tidak terduga dan dana yang harus dikeluarkan di luar rencana Anda.
Tidak ada patokan pasti berapa rupiah yang harus Anda siapkan untuk membuka usaha parfum. Sebab, itu semua akan bergantung pada variasi parfum yang Anda jual dan berbagai peralatan penunjang yang harus Anda beli nantinya.

 

2. Persiapkan Tempat Usaha dan Peralatan Usaha


Pilih lokasi untuk berjualan parfum yang strategis, dekat dengan keramaian atau berada di pusat kota. Namun biasanya, lokasi yang strategis ini biaya sewanya juga cukup mahal. Jika jumlah modal belum memadai Anda bisa mencari lokasi yang biayanya masih murah tapi lokasinya bukan di dekat keramaian. Pertimbangkan hal ini secara matang, jika ingin berjualan parfum di tempat yang tepat.
Selain itu, persiapkan peralatan penunjang usaha parfum. Beberapa peralatan yang harus Anda siapkan adalah seperti etalase, meja, kursi, botol parfum dan juga alkohol. Beberapa perlengkapan tersebut biasanya terdapat di toko parfum untuk menunjang usaha parfum yang Anda jalankan nantinya.

 

3. Mencari Pemasok Bibit Parfum yang Berkualitas

Anda juga harus mencari pemasok atau supplier bibit parfum yang nantinya akan dijual di toko parfum milik Anda. Carilah supplier bibit parfum yang tepercaya, dengan menjual bibit parfum yang kualitasnya bagus dengan wangi yang tahan lama. Sehingga Anda bisa menjual parfum refill dengan kualitas seperti parfum original.

 

4. Ikuti Tren Aroma Parfum yang Sedang Digandrungi dan Lengkapi Koleksi Parfum

Cara lain yang bisa Anda tempuh agar usaha parfum bisa berjalan lancar adalah dengan menjual parfum yang sedang tren atau banyak digandrungi. Pembeli tentu akan cenderung mencari parfum yang banyak difavoritkan. Ketika usaha parfum Anda bisa menyediakan parfum yang sedang banyak dicari, maka pelanggan juga akan lebih memilih untuk membeli di tempat Anda.
Selain itu, pastikan koleksi parfum yang Anda jual memiliki banyak varian dan pilihan. Mulai untuk wanita, pria, bahkan remaja. Dengan pilihan yang banyak, pembeli juga akan lebih mudah mencari parfum yang sesuai selera mereka. Untuk memudahkan pemilihan parfum, Anda juga bisa menyediakan katalog parfum dan tester parfum di botol-botol kecil.

 

5. Lakukan Pemasaran dengan Optimal

Hal terakhir yang tidak bisa Anda abaikan ketika membuka usaha adalah perihal pemasaran atau promosi produk. Termasuk untuk usaha parfum yang Anda jual. Untuk pemasaran, Anda bisa memanfaatkan strategi pemasaran offline maupun online. Keduanya bisa Anda kombinasikan untuk semakin memperkenalkan produk parfum yang Anda jual.
Untuk strategi offline, Anda bisa memanfaatkan berbagai media seperti brosur, baliho, banner, dan promosi dari mulut ke mulut kepada rekan maupun keluarga terdekat Anda. Cara ini bisa memperkenalkan usaha yang Anda jalankan di lingkungan sekitar lokasi usaha Anda dengan efektif. Sementara itu, untuk strategi online, Anda bisa mempromosikan toko parfum Anda di sosial media seperti misalnya website, instagram, facebook, maupun twitter.

Anda bisa menggunakan layanan ads berbayar di media sosial tersebut sehingga pasarnya semakin luas. Selain itu, Anda juga bisa menaruh produk parfum yang Anda jual di berbagai marketplace populer seperti Shopee, tokopedia, lazada, dan lain sebagainya untuk semakin meluaskan pasar parfum yang Anda jual. Dengan kombinasi strategi pemasaran online dan offline, pasar dari usaha parfum yang Anda jual bisa menjadi semakin luas dan laris.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka usaha parfum. Pada dasarnya, usaha ini memiliki prospek dan peluang yang sangat bagus untuk dijalankan. Hanya saja, memang dibutuhkan strategi dan cara berjualan yang efektif agar usaha meraih kesuksesan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id sebelum menjalankan usaha ini agar usaha yang dijalankan bisa semakin matang dan sukses.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

3.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS