Dirilis

30 Januari 2021

Penulis

Desprianti

Beragam bisnis bidang pelayanan atau jasa kian marak dipilih dan dilakoni banyak orang. Salah satu jenisnya adalah usaha cuci motor. Mengapa kegiatan ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan menarik? Seperti yang kita tahu, bahwa pengguna kendaraan roda dua jumlahnya sangatlah banyak dan beberapa diantara mereka tentunya akan membutuhkan jasa untuk membersihkan motornya.

Pemilik motor sendiri berasal dari berbagai kalangan, daerah dan makin lama makin banyak saja. Kini, pengguna kendaraan roda dua bahkan telah mencapai ratusan juta orang. Wow! Untuk itu, bagi Anda yang merasa tertarik sekaligus tertantang untuk mengelola bisnis ini, tak ada salahnya untuk memulai sekarang juga. Namun sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya perhatikan beberapa informasi dan tips di bawah ini.

Tips Sukses Usaha Cuci Motor


Bagi pengusaha cuci motor pemula, inilah beberapa langkah dan tips sukses yang bisa diterapkan:

1. Perbanyak Pengetahuan tentang Cuci Motor

perbanyak pengetahuan tentang usaha cuci motor
Hal yang mendasar dari segala lini maupun jenis bisnis adalah pengetahuan mendasar tentang bidang yang digeluti. Meski terbilang tak begitu sulit, namun kita sebaiknya tetap memahami proses juga tata cara pencucian motor beserta triknya. Bagian mana yang harus hati-hati, bagian mana yang lebih detail dan lain sebagainya. Jika kita paham, pelanggan puas, maka bukan tak mungkin usaha yang dijalankan akan semakin berkembang pesat. 

2. Tentukan Lokasi Usaha yang Strategi 

Selain tentunya modal untuk peralatan cuci motor, hal penting lainnya adalah lokasi atau tempat usaha tersebut dijalankan. Jika lokasinya strategis, maka kemungkinan akan banyak orang yang mengetahui usaha kita dan berniat untuk melakukan pencucian motor disana. Sebelum memilih tempat, lakukanlah beberapa pertimbangan. Mulai dari ramai atau tidaknya kendaraan, adanya kompetitor di satu kawasan yang sama, maupun tarif atau range harga.

3. Persiapkan Berbagai Kemungkinan

persiapkan segala hal agar usaha cuci motor lancar
Cara sukses usaha cuci motor berikutnya adalah dengan mempersiapkan berbagai kemungkinan dan kebutuhan. Seperti opsi alat pencuci motor, kelebihan serta kekurangan dan lain sebagainya. Selain itu, pencuci motor atau karyawan pun bisa menjadi salah satu pertimbangan. Kita memang baiknya mengetahui serta memahami setiap prosesnya, namun bukan berarti kita tak boleh menggunakan pihak lain (dalam hal ini karyawan) yang bekerja untuk usaha cuci motor kita? Tentunya budgeting, pengalaman, skill, ketelitian maupun attitude menjadi beberapa hal yang mestinya dipertimbangkan sebelum perekrutan.

4. Pelayanan Maksimal

Sama seperti bisnis jenis lainnya, usaha cuci motor yang kita kelola pun harus memiliki jaminan pelayanan. Jangan sampai mengecewakan pelanggan yang akhirnya malah membuat mereka kabur dan enggan untuk datang kembali. Pastikan kualitas, ketelitian saat mencuci juga bersih hingga detailnya menjadi SOP dari usaha pencucian motor ini. Sehingga memungkinkan untuk customer beralih menjadi pelanggan tetap di kemudian hari.
Selain itu, attitude atau keramahan pun harus menjadi catatan penting. Selain kualitas hasil, orang cenderung akan menilai sebuah usaha berdasarkan sikap yang ditunjukkan oleh pegawai atau karyawan yang bertugas.

5. Jangan Lupa Promosi

Pikirkan dan jalankan berbagai cara agar usaha cuci motor kita dapat dikenal dan diketahui masyarakat luas. Seperti mungkin membuat spanduk, x-banner, maupun flyer. Adanya promo potongan harga untuk pelanggan tetap dan lain sebagainya. Atau, kita bisa menambah inovasi bisnis dengan memberikan layanan lain, seperti pencucian helm atau menyediakan berbagai produk pendukung, seperti alat-alat yang dibutuhkan kendaraan roda dua maupun penunjang saat berkendara.

Usaha cuci motor bisa dipilih sebagai usaha jasa yang menjanjikan. Tipsnya, perbanyak pengetahuan tentang cuci motor, tentukan lokasi usaha yang strategis, mempersiapkan usaha, beri pelayanan maksimal, dan jangan lupakan promosi. Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer bisnis dari Daya.id sebelum memulai usaha ini. 

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan bekal yang lebih cukup dan matang sebelum menjalankan usaha ini. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS