Dirilis

03 Agustus 2020

Bisnis atau usaha di bidang makanan atau kuliner sedang merajalela, ada banyak orang yang menekuni usaha ini karena memang hasilnya cukup besar sehingga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. 

Bisnis kuliner ini juga masih memiliki potensi yang cukup besar, apalagi jika Anda menciptakan kreasi baru yang kreatif dan inovatif misalnya dalam hal pemilihan jenis makanan atau Anda punya konsep sendiri yang memiliki daya tarik. Tidak hanya itu, dengan adanya sistem penghantar makanan berbasis teknologi yang berkembang saat ini, Anda juga bisa memulai bisnis dengan membuat usaha kuliner rumahan.

Bisnis di bidang kuliner ini tak akan pernah mati, karena makanan hampir selalu menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Kebanyakan orang bisa menahan nafsu dan keinginannya untuk tidak berbelanja kebutuhan fashion, tetapi mereka tentu tidak bisa menahan lapar dengan tidak membeli suatu jenis makanan tertentu. Tak heran bisa semakin banyak orang yang tertarik dengan bisnis makanan ini.

cara memulai bisnis kuliner

Pola Pikir Memulai Bisnis Kuliner yang Kreatif

Namun, masalahnya adalah apakah Anda bisa menciptakan hal yang berbeda pada bisnis di bidang kuliner ini? Karena ada banyak orang yang berjualan jenis makanan yang sama sehingga orang mudah bosan. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan dalam membuka dan mengembangkan bisnis makanan dengan tepat :

1. Komitmen di Awal

Komitmen selalu menjadi hal yang penting dan utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Jenis bisnis apapun akan berkembang dengan sendirinya jika diawali dengan komitmen yang jelas di awal. Meskipun diawali dengan jumlah modal yang kecil, tetapi Anda tetap harus menjalankan bisnis dengan lebih terorganisir. 

2. Gunakan Konsep Bisnis yang Menarik

Hal penting lainnya yang juga harus Anda persiapkan dalam menjalani bisnis di bidang kuliner adalah, menggunakan konsep bisnis yang menarik dan beda dari yang lain. Usahakan ide untuk konsep ini original dan tidak mencontek ide siapapun. 

Konsep unik dalam berbisnis kuliner bisa melalui apa saja, misalnya pada jenis makanan/minuman yang nanti akan Anda jual, metode pelayanan, atau membuat sesuatu yang membuat calon konsumen penasaran dengan produk yang Anda jual.

komitmen untuk menjalankan bisnis kuliner

3. Mencari Lokasi Strategis

Lokasi bisnis yang strategis akan menjadi nilai lebih bagi bisni yang Anda jalankan nantinya. Pastikan Anda memilih lokasi yang ramai dan memiliki akses yang mudah. Kemudian buat dekorasi semenarik mungkin pada lokasi yang sudah Anda pilih tadi. 

4. Membuat Inovasi Baru yang Menjadi Pembeda dengan Kompetitor Lain

Jalan pikiran yang terus memikirkan inovasi baru dalam berbisnis makanan, selalu menjadi poin lebih yang akan menguntungkan Anda sebagai penjual. Ciptakan inovasi baru baik dalam hal rasa, bentuk makanan, cara penyajian dan lain sebagainya. Contohnya fenomena bisnis durian pancake yang kini sedang merajalela. Anda bisa menciptakan jenis makanan serupa tapi dengan inovasi yang berbeda dan tentu saja menarik.

usaha kedai dalam bisnis kuliner

5. Menentukan Target Pasar

Penentuan target pasar di bidang bisnis apapun juga sangat penting, karena ketika Anda menciptakan suatu jenis makanan baru Anda bisa menentukan siapa saja yang menjadi target pasar Anda. Misalnya, jika target pasar anda anak-anak maka fokus pada jenis makanan yang memang disukai oleh anak-anak dan bagaimana caranya agar mereka tertarik dengan makanan tersebut.

Jika Anda bingung bagaimana cara menentukan target pasar yang sesuai dengan bisnis Anda, maka bisa tanya ke ahli UKM sekaligus untuk konsultasi tentang usaha kuliner yang Anda bangun.

6. Menjaga Reputasi Bisnis yang Anda Bangun

Pada saat brand produk makanan Anda sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat luas di seluruh kalangan, maka kini saatnya Anda menjaga reputasi bisnis Anda jangan sampai Anda mengecewakan para pembeli. Hal ini akan berpengaruh pada bisnis yang Anda jalani, apakah akan bertahan lama atau tidak.

Itulah 6 mindset cara yang bisa Anda terapkan saat memulai terjun ke bisnis kuliner. Namun sebagai pebisnis, Anda harus mengetahui informasi yang tips lengkap tentang bisnis yang Anda jalankan. Untuk itu, Anda bisa daftar jadi member Daya.id agar bisa melihat semua informasi tanpa ada batasan setiap harinya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS