Dirilis

17 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Panduan Cara Memulai Usaha Dekorasi Aqiqah untuk Pemula

Kalau Anda mencari sumber penghasilan sampingan dengan modal yang lumayan kecil mengapa tidak mencoba usaha dekorasi aqiqah saja? Aqiqah merupakan salah satu sunah dalam ajaran Islam terkait anak setelah lahir. Dengan selalu adanya acara aqiqah, potensi pasar usaha dekorasi aqiqah juga menjadi terbuka lebar. 
Bahkan di masa pandemi seperti ini orang tetap melakukan acara aqiqah anaknya dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Apalagi usaha dekorasi untuk acara aqiqah tersebut tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Anda bahkan bisa memulainya dengan modal yang berasal dari tabungan saja. 

Tips dan Cara Memulai Usaha Dekorasi untuk Aqiqah

Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti usaha dibidang dekorasi aqiqah bisa melihat beberapa tips berikut ini.

1. Siapkan Modal

modal usaha dekorasi aqiqah

Meskipun dibilang cukup kecil jika dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, modal dekorasi aqiqah harus Anda perhitungkan sematang mungkin. Termasuk darimana sumber pendanaan untuk modal usaha tersebut apakah hasil tabungan atau meminjam pada bank. Keuntungannya adalah usaha dekorasi hanya membutuhkan modal peralatan sekali saja kemudian bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Sebagai referensi dan contoh Anda bisa melihat perhitungan modal usaha dekorasi berikut ini.

▪    Investasi Awal
✔    Kain dekorasi              : Rp100.000
✔    Terpal/ tenda             : Rp1.000.000
✔    Tanaman hias             : Rp1.000.000
✔    Peralatan dekorasi       : Rp500.000 (gunting,lem, kertas, dll)
      Total                         : Rp2.600.000

▪    Biaya operasional
✔    Gaji 2 karyawan @300.000    : Rp600.000 (per acara)
✔    Peralatan dan bahan             : Rp500.000
✔    Transportasi                        : Rp300.000
✔    Lain-lain                              : Rp200.000+
      Total                                  : Rp1.600.000

Total modal per acara /sekali sewa     : Rp2.600.000 + Rp1.600.000 = Rp4.200.000

Perhitungan modal tersebut hanyalah contoh saja, Anda bisa membuatnya  berdasarkan kebutuhan dan kondisi Anda.

2. Pilih Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi persewaan dekorasi aqiqah juga harus dipertimbangkan agar banyak pelanggan yang datang untuk menggunakan jasa Anda. Pemilihan lokasi bisa dibuat berdasarkan beberapa hal berikut ini :
▪    Usahakan lokasi berada di pinggir jalan raya yang banyak dilalui orang agar lebih mudah diketahui oleh masyarakat.
▪    Pajang contoh dekorasi aqiqah di depan tempat usaha agar orang bisa melihatnya.

3. Rekrut Karyawan

usaha dekorasi aqiqah

Nah, ini juga menjadi poin yang penting apakah Anda bisa menjalankan usaha tersebut sendiri atau membutuhkan bantuan karyawan. Kalau butuh karyawan, apakah akan merekrut dari keluarga sendiri atau orang luar. Untuk usaha dekorasi yang baru dimulai mungkin hanya dibutuhkan karyawan freelance untuk membantu Anda saat mengerjakan proyek.
Itu artinya Anda hanya harus membayar jasa mereka kalau ada proyek pengerjaan dekorasi saja. Berapa besarnya upah karyawan tersebut bisa Anda perhitungkan sesuai dengan keuntungan yang didapatkan. Selain itu juga berapa jumlah karyawan yang Anda butuhkan agar pekerjaan dekorasi bisa berjalan lancar.

4. Lakukan Promosi dengan Efektif

Jangan lupa untuk memberitahukan tentang usaha Anda tersebut kepada orang lain agar mereka tahu dan menggunakan jasa Anda. Lakukan promosi efektif melalui media sosial seperti whatsapp, facebook, instagram dan lainnya. Anda juga bisa menyebarkan flier atau brosur di tempat-tempat keramaian. Promosikan juga usaha dekorasi tersebut kepada sanak famili dan rekan-rekan Anda.
Nah, apakah Anda berminat dengan usaha dekorasi aqiqah tersebut? Kalau iya maka Anda bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang termasuk menyiapkan modal untuk usaha hingga persiapan lainnya. Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi dan trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara memulai usaha dibidang jasa yang baik dan benar. 
Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS