Dirilis

01 Agustus 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Libur kuliah menjadi hal yang sangat dinantikan bagi para mahasiswa. Bermacam kegiatan mulai direncanakan untuk memanfaatkan waktu libur panjang, pergi ke tempat wisata bersama keluarga, nonton bioskop bersama teman segenk, dan sebagainya. Tidak terasa libur selesai, uang jajan pun habis. Namun, pernah kah terpikir untuk mengisi libur kuliah dengan kegiatan yang menghasilkan uang?

Ini loh beberapa pekerjaan atau usaha yang bisa dilakukan selama liburan agar saat libur habis, uang jajan tidak habis-habis :

1. Menjadi pekerja lepas
Menjadi pekerja lepas atau istilah kerennya freelancer memang banyak diminati karena waktu kerjanya lebih fleksibel. Nah, bagi yang hobi menulis dan berpengalaman menulis di majalah dinding atau media kampus, bisa mencoba menjadi penulis lepas di media cetak atau online. JIka Anda mengikuti unit kegiatan fotografi kampus dan memiliki kamera yang memadai, menjadi fotografer lepas untuk acara ulang tahun atau wisuda bisa dipilih untuk menambah uang jajan sekaligus meningkatkan kemampuan fotografi.

2. Menjadi SPG/SPB
Bagi yang terbiasa tampil percaya diri dan berpenampilan menarik, menjadi Sales Promotion Girl (SPG) atau Sales Promotion Boy (SPB) bisa menjadi pilihan. Uang yang didapat untuk pekerjaan ini cukup besar loh, mulai dari ratusan sampai jutaan rupiah per acara.

3. Menjadi guru les privat
Memiliki prestasi atau merasa menguasai materi tertentu? Berbagi ilmu dengan menjadi guru les privat adalah pilihan tepat. Tawarkan les privat kepada adik kelas, tetangga, adiknya teman, kerabat lain, atau bergabung di lembaga bimbingan belajar. Memperdalam penguasaan materi sekaligus mendapat uang bukan tidak mungkin kan!

4. Menawarkan jasa ketik dan print
Jika Anda memiliki komputer atau laptop dan printer di rumah/ kostan, menawarkan jasa pengetikan dan print bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Meski kegiatan perkuliahan sedang libur, bukan berarti tugas kuliah ikutan libur, kan? Nah, tinggal manfaatkan jaringan pertemanan dengan teman atau kakak tingkat yang sedang membuat skripsi atau tugas kuliah. Anda juga bisa menyebarkan brosur ke perkantoran untuk memperluas pasar.

5. Menjual makanan
Hobi memasak atau membuat kue? Jika selama ini masakan atau kue buatan Anda mendapat respon positif dari teman maupun keluarga, Anda bisa menyulap hobi memasak atau membuat kue menjadi sumber penghasilan, loh! Manfaatkan media sosial dan jejaring pertemanan untuk memasarkan dan menjual masakan atau kue buatan Anda. Jangan lupa pastikan cara penyajian atau tampilan kuennya menarik agar banyak yang tertarik ya!

6. Menjadi reseller atau dropshipper
Bagi yang sering wara-wiri di toko online, melihat-lihat atau belanja produk dan belanja-belanja, kelihaian ber-marketplace juga bisa kok dimanfaatkan untuk menambah uang jajan. Caranya, berdasarkan pengalaman berbelanja, pilih produk-produk yang benar-benar bagus lalu jual kembali. Berjualan dengan metode reseller atau dropshipper tidak membutuhkan banyak modal karena tidak harus memiliki stok.

Jika dijalani dengan serius, usaha tersebut juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang secara berkelanjutan meski liburan telah usai. Nah, segera tentukan pekerjaan atau usaha yang cocok dan bersiap mendapat uang jajan tambahan!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

9 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Sonia Rahelga

05 July 2024

Terimakasih untuk informasinya, benar - benar cocok banget untuk anak remaja yang lagi kuliah,bersekolah ataupun tidak.

Balas

. 0

Sita sari hidayati hasibuan

26 January 2023

Jadi dapat tambahan uang jajan dong pastinya ?

Balas

. 0

Rudi haryono

23 September 2021

Bagus

Balas

. 0

Perwitasari

28 May 2021

Ide yang sangat baik sekali

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS