Dirilis

15 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Sebuah usaha dalam bidang apapun harus disertai dengan strategi marketing yang bagus dan tepat jika ingin berkembang. Apalagi semakin hari persaingan dalam dunia usaha bertambah sengit saja. Jika dari awal Anda tidak menyiapkan sebuah strategi yang tepat untuk memasarkan produk maka, tidak ada metode pasti yang bisa membawa usaha ke arah kemajuan. 



Pengertian Strategi Marketing Menurut Ahli


pengertian strategi marketing


Nah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran atau marketing tersebut. Bagi Anda yang baru akan memulai sebuah usaha kemungkinan besar memang masih sangat asing dengan hal tersebut. Beberapa ahli mengemukakan pendapat masing masing-masing mengenai definisi dari strategi marketing tersebut.



1. Tjiptono

Strategi pemasaran merupakan alat yang fundamental yang didesain untuk mencapai tujuan dari perusahaan dengan cara mengembangkan keunggulan pada daya saing yang berkesinambungan untuk melewati pasar yang dimasukinya serta program yang dipakai untuk melayani target pasar tersebut



2. Kotler dan Amstrong

Sementara menurut dua ahli bernama Kotler dan Amstrong yang dimaksud dengan strategi marketing adalah logika pemasaran dimana sebuah unit usaha berharap bisa menciptakan nilai serta mendapatkan keuntungan dari hubungannya dengan pembeli atau konsumen.



3. Stanton

Strategi pemasaran merupakan sesuatu yang mencakup semua sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk membuat rencana serta menentukan harga sampai dengan mempromosikan sekaligus menyalurkan produk yang dapat membuat konsumen merasa puas.



4. Kurtz 

Strategi pemasaran merupakan keseluruhan program yang dibuat oleh perusahaan dalam rangka menentukan target pasar dan untuk memuaskan konsumen melalui cara membangun kombinasi unsur dari marketing mix, produk, promosi, distribusi dan harga.



5. Philip Kotler

Strategi marketing adalah sebuah pola pikir atau mindset pemasaran yang digunakan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan dari pemasaran itu sendiri. Di dalam mindset tersebut terdapat strategi yang terperinci tentang target pasar, penetapan posisi (positioning), bauran dan budget yang digunakan untuk pemasaran.
Tujuan dari Strategi Marketing

strategi marketing


Lantas apa sebenarnya tujuan dengan adanya strategi pemasaran atau marketing bagi sebuah usaha? Tujuan strategi pemasaran tersebut setidaknya terdiri dari 4 hal, yaitu sebagai berikut.
  1. Untuk meningkatkan kemampuan koordinasi yang berkualitas antara individu yang berada dalam tim pemasaran perusahaan.
  2. Digunakan sebagai alat ukur dari hasil pemasaran menurut standar prestasi yang sudah dibuat dan ditentukan oleh perusahaan.
  3. Sebagai dasar yang logis untuk pengambilan keputusan terkait kegiatan pemasaran.
  4. Untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi jika terjadi perubahan di dalam pemasaran produk.



Konsep dalam Strategi Marketing

Sebagai sebuah desain pemasaran yang terperinci tentu saja strategi marketing harus dibuat dengan konsep usaha tertentu agar tujuannya bisa dicapai. Konsep dalam strategi pemasaran atau marketing itu sendiri ada 5 hal, yaitu :



1. Segmentasi Pasar

Setiap konsumen pasti memiliki kebutuhannya tersendiri. Dalam strategi marketing, perusahaan harus membuat klasifikasi pada pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen. 



2. Market Positioning

Tidak ada satupun perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar yang ada. Oleh sebab itu perusahaan harus memiliki pola yang spesifik untuk memperoleh posisi yang kuat yaitu dengan memilih mana segmen yang paling menguntungkan.



3. Market Entry Strategy

Ini adalah strategi perusahaan agar bisa memasuki segmen pasar tertentu. Konsep ini bisa dilakukan dengan cara membeli perusahaan lain, melakukan internal development dan bekerjasama dengan perusahaan yang lain.



4. Marketing Mix Strategy

Sekumpulan variabel yang digunakan perusahaan agar bisa mempengaruhi tanggapan konsumen pada produk.



5. Timing Strategy

Pemilihan waktu yang akurat dan tepat untuk mendistribusikan produk ke dalam pasar.



Itulah berbagai pengertian dari strategi marketing sekaligus fungsi dan konsepnya. Pada dasarnya, strategi marketing adalah kunci penting yang akan sangat berpengaruh pada pengembangan usaha Anda di tengah sengitnya persaingan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar strategi pemasaran seperti apa yang paling sesuai dengan usaha Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

28 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Juleo simanjuntak

24 September 2021

Mantap

Balas

. 0

Juleo simanjuntak

24 September 2021

Mantap

Balas

. 1

Muliadi

21 September 2021

?

Balas

. 0

Jemmi panggabean

20 September 2021

?

Balas

. 0

Rudy Prasetyo

20 September 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS