Dirilis

07 September 2020

Bermain atau trading saham memang dikenal dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Ya, tentu saja harus disertai dengan usaha dan perencanaan yang matang. Namun, siapa sangka, kita bisa memulainya dengan mengeluarkan modal yang tidak banyak. Terdapat berbagai tips dan cara bermain saham dengan modal kecil, tapi dapat mendatangkan penghasilan berkali-kali lipat.

Banyak orang yang tergiur akan penghasilan yang didapat dari kegiatan ini. Tak dapat dipungkiri, investasi saham memang butuh pengetahuan dan analisis khusus. Dengan mengeluarkan modal kecil tersebut, kita bisa meminimalisir atau menghindarkan diri dari risiko kegagalan, terlebih untuk para pemula yang ini mencoba bermain saham.

7 Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil 

Banyak orang bertanya-tanya tentang bagaimana tingkat keamanan investasi saham. Hal itu akan aman jika Anda mengetahui tentang apa yang sebaiknya dilakukan, dan apa yang sebaiknya untuk tidak dilakukan.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memulai bermain saham dengan modal kecil namun berpotensi menghasilkan pendapatan yang besar, diantaranya:

1. Memilih Sekuritas dengan Setoran yang Ringan

Semakin besar modal atau nominal yang dikeluarkan, memang bisa memberikan kita peluang keuntungan yang besar pula. Namun, perlu diingat bahwa risikonya pun akan semakin besar. Untuk itu, mulailah dengan memilih sekuritas yang setorannya rendah. Karena, hal tersebut bisa meminimalisir risiko terjadinya kerugian dan lakukan transaksi jual beli pada perusahaannya yang biayanya murah. Meski begitu, kita tetap bisa menghasilkan keuntungan.

2. Memastikan Perusahaan Sekuritas yang Dipilih Sudah Terdaftar di BEI

Tips berikutnya adalah memastikan perusahaan sekuritas yang kita pilih telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ini juga merupakan salah satu langkah untuk menghindari risiko kerugian dan menjamin keamanan transaksi saham yang kita jalankan. Anda dapat memastikan tentang hal ini lewat cara konsultasi dengan konsultan bisnis, karena konsultan tersebut bisa memberi saran dan opsi bagi bisnis yang Anda jalankan.

3. Pelajari dan Lakukan Riset

mencatat informasi sebagai cara bermain saham dengan modal kecil

Lihatlah atau lakukan pengecekkan perusahaan sekuritas yang telah kita pilih tadi. Hal ini penting untuk melihat rekam jejak, kredibilitas serta reputasi dari perusahaan tersebut. Jika semuanya baik, tentu kedepannya bisa menjadi modal bagi kita untuk mendatangkan keuntungan lewat transaksi saham kedepannya.

Reputasi atau penilaian itu tidak hanya dilihat dari legalitasnya saja, namun bagaimana cara perusahaan tersebut mengelola saham yang dimiliki. Hindari memilih perusahaan yang nilainya cenderung naik turun.

4. Jangan Terlalu Banyak Berinvestasi

Cara bermain saham dengan modal kecil berikutnya adalah lakukan investasi pada satu atau dua perusahaan sekuritas saja. Jika terlalu banyak, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar dan risikonya pun menjadi besar pula. Pilihlah satu atau dua perusahaan yang telah dikenal dan digunakan oleh masyarakat, agar nilai jualnya tinggi dan bisa menghindarkan kita dari hal yang tidak diinginkan atau kerugian.

5. Pahami Indeks Saham yang Tepat

Jika kita ingin bermain saham dengan modal yang kecil dan mendapat keuntungan besar, salah satu hal yang harus dipahami adalah indeks saham. Indeks tersebut akan menggambarkan perubahan harga saham. Jika indeksnya naik, maka kemungkinan harga sahamnya pun meningkat. Sedangkan jika indeksnya turun, sebagian besar saham pun akan bergerak turun.

6. Install Aplikasi Trading Saham

cara bermain saham dengan modal kecil lewat aplikasi trading saham

Cara bermain saham dengan modal kecil berikutnya adalah dengan melakukan trading. Kita bisa mengunduh berbagai aplikasinya di perangkat gadget yang dimiliki. Melalui Playstore misalnya. Dengan dibantu aplikasi ini, kita bisa bermain saham kapanpun dan dimanapun. 

7. Pahami Keadaan dan Pergerakan Ekonomi

Satu hal yang tak kalah penting untuk menyukseskan kita bermain saham adalah dengan memahami pergerakan ekonomi Negara. Baik yang terjadi di dalam maupun luar negeri. Melalui cara ini, kita bisa memprediksi dan menganalisis pergerakan saham yang terjadi. 

Jika kondisi harga saham stabil atau normal, kita bisa menanamkan modal. Namun jika situasi memburuk, kita bisa menahan kegiatan transaksinya. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang membawa kita pada kesuksesan bermain saham.

Cara bermain saham dengan modal kecil di atas bisa menjadi referensi dan panduan bagi para investor pemula yang masih memiliki modal yang minim. Meski begitu, tetap bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

Anda juga harus terus mencari informasi yang berkaitan dengan tips keuangan dan dunia usaha. Hal itu bisa didapatkan secara tak terbatas dengan mendaftar sebagai member Daya.id, dan Anda pun bisa secara bebas membaca semua informasi di Daya.id tanpa ada batas kuota hariannya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aprilliani Hariastuti

20 Desember 2020

Thank you daya.id artikel ini membuat aku lebih ingin bermain saham dengan modalkecil

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS