Dirilis

15 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Komputer merupakan barang elektronik yang memiliki berbagai fungsi, sehingga begitu diperlukan oleh banyak orang. Hampir setiap jenis pekerjaan memerlukan komputer untuk pengerjaannya, baik langsung maupun tak langsung. Kebutuhan akan skill mengoperasikan komputer juga mendorong banyaknya kursus komputer. Anda juga bisa memulai usaha ini, dengan langkah yang tepat.
Membuka kursus untuk komputer ini, bisa menjadi salah satu peluang bisnis di tengah masa pandemi saat ini. Namun pastikan lagi Anda melakukan beberapa cara dan langkah yang tepat dalam memulai bisnis kursus tersebut. Sebab, seiring dengan peluang kursus ini yang cukup besar, persaingan pun tidak terelakkan. Untuk itulah dibutuhkan strategi dan cara yang tepat agar kursus komputer yang Anda miliki bisa memenangkan persaingan.

Cara Membuka Jasa Kursus Komputer Hingga Berhasil

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka kursus di bidang komputer, inilah beberapa cara untuk membukanya hingga berhasil:

1. Menyesuaikan Materi dengan Target Peserta Didik

menyiapkan materi ajar kursus komputer
Peserta didik yang mengikuti kursus nantinya bisa siapa saja. Misalnya anak-anak sekolah, anak remaja yang baru lulus sekolah dan ingin mencari pekerjaan, atau orang-orang dewasa yang memang membutuhkan keterampilan dan keahlian di bidang komputer. Contohnya guru-guru yang akan melakukan tes CPNS dan yang akan naik peringkat atau sertifikasi. Jenis pendidikan anak-anak dan orang dewasa tentu berbeda.
Beberapa materi yang biasanya diberikan di kursus komputer diantaranya yaitu cara mengoperasikan komputer, Microsoft Office, aplikasi multimedia, dan beberapa aplikasi yang sifatnya umum. Seperti contohnya penguasaan terhadap aplikasi Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Coreldraw, dan sebagainya. Dengan memberikan materi dan modul yang berbeda-beda, maka peserta kursus bisa lebih leluasa dalam menentukan jenis kursus yang nantinya akan mereka ambil.

2. Tentukan Lokasi Kursus dan Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Tempat usaha yang paling cocok dijadikan tempat kursus untuk komputer biasanya berada di lingkungan pendidikan. Entah lingkungan sekolah maupun lingkungan kampus. Tapi lebih baik pilih lokasi yang tidak terlalu di tengah kota.
Setelah memiliki lokasi yang dirasa cocok, jangan lupa juga mempersiapkan berbagai peralatan penunjang yang memang dibutuhkan untuk kebutuhan kursus. Seperti misalnya adalah komputer, printer, mouse, meja, kursi, dan lain sebagainya. Adanya berbagai peralatan ini juga sangat penting dipersiapkan untuk menunjang kelancaran kursus.
3. Membuat Promo yang Menarik
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik minat para calon peserta kursus. Misalnya dengan memberikan uji coba gratis dalam satu kali kursus dengan jaminan uang kembali jika belum atau tidak bisa.

4. Menetapkan Biaya Kursus

menetapkan biaya kursus komputer
Biaya untuk kursus ini biasanya disesuaikan dengan harga pasaran. Namun untuk pembukaan di awal Anda bisa mencoba memberikan harga promo atau ada diskon untuk calon peserta kursus. Tetapkan juga biaya per bulannya, setiap kali pertemuan, dan setiap satu materi dengan jumlah pertemuan tertentu. Sebagai gambaran, umumnya kursus komputer dipatok dengan beberapa pilihan harga seperti berikut:
a.    Materi Ms. Office, 17 kali pertemuan @ 2 jam: Rp1.000.000
b.    Kelas desain grafis, 14 kali pertemuan @ 2 jam: Rp3.500.000
c.    Kelas web design, 8 kali pertemuan @ 2 jam: Rp1.400.000
d.    Kelas adobe, 6 kali pertemuan @ 2 jam: Rp1.500.000
e.    Dan sebagainya
Untuk pilihan materi dan harga ini akan sangat fleksibel tergantung pada materi yang Anda berikan dan lama pertemuan.

5. Pastikan Memiliki Tenaga Pengajar yang Kompeten

Anda juga harus mempersiapkan tenaga pengajar yang kompeten, supaya hasil dari didikannya juga berkualitas. Pilih para tenaga pengajar yang memiliki skill, pengetahuan serta kompetensi di bidang komputer secara keseluruhan. Cari juga pendidik yang sudah berpengalaman supaya ia mampu menyesuaikan proses belajar dan mengajar. Yang juga sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para peserta kursus.

Itulah beberapa cara untuk membuka usaha jasa kursus komputer yang sukses. Pada dasarnya, usaha ini memiliki peluang yang sangat baik untuk dijalankan. Hanya saja, memang dibutuhkan strategi, cara, dan persiapan yang matang agar bisa berjalan dengan lancar dan meraih kesuksesan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum menjalankan usaha ini.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS