Dirilis

15 Juni 2022

Penulis

Qodri Perdana

Pernah mendengar merk sepatu Brodoo Footwear? Tahukah Anda, bahwa merk sepatu Broodoo footwear diciptakan oleh dua wirasusaha muda pada saat mereka di bangku kuliah? Yukka Herlanda dan Putera Dwi Kurnia adalah pemiliknya. 

Pada saat itu, Yukka mengalami kesulitan mencari sepatu dengan ukuran kaki yang cukup besar namun harga yang terjangkau di kantong mahasiswa. Ia akhirnya mencoba memesan sepatu kepada pengrajin sekaligus menunjukkan desain sepatu yang dibuat kepada pada teman-temannya. Ternyata peminat sepatunya lumayan banyak, yang akhirnya membuat ia mulai membuka preorder. 

Sekarang Brodoo Footwear ada di 4 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Bekasi, dan Surabaya, dengan omzet miliaran rupiah yang dihasilkan tiap bulannya.

Anda ingin seperti Yukka?

 

Mahasiswa Berminat Wirausaha


Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam mengatakan generasi milenial yang berada di kampus merupakan potensi cikal bakal wirausaha. Dia menyebut berdasarkan hasil survei di 2019, sebanyak 69,1 persen di antaranya berminat menjadi wirausahawan.
 
"69,1 persen milenial ini berminat menjadi wirausahawan, ini survei 2019," kata Nizam dalam acara yang digelar Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Rabu, 16 Juni 2021.

 

Tips Mempersiapkan Modal Usaha untuk Mahasiswa

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah, bagi Anda yang ingin sukses berwirausaha namun merasa tidak mempunyai modal. Langkah apa yang perlu dilakukan?

Yuk, simak beberapa tips berikut agar Anda bisa menabung dan mempersiapkan modal usahanya :

 

1.    Tentukan dan Kuatkan Tujuan Menabung Anda!


Semua tergantung kepada niat adalah pepatah klasik yang selalu Anda dengar. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin menabung demi mempunyai modal dalam berwirausaha. Tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda harus menabung karena Anda ingin menggapai mimpi menjadi wirausaha sukses. Pada saat motivasi Anda memudar, ingat kembali mimpi Anda untuk menjadi wirausaha sukses, sehingga Anda bisa balik bersemangat kembali untuk menabung. Anda juga bisa membaca kisah inspiratif dari mahasiswa yang sukses berwirausaha di www.daya.id.

 

2.    Mulai Membedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan 

Secara arti harfiah, kebutuhan adalah segala sesuatu yang ada dalam diri manusia yang jika tidak bisa dipenuhi maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup atau aktivitas dari manusia. 

Apa saja yang termasuk sebagai kebutuhan? Di antara nya adalah sandang, pangan, papan. Atau dengan kata lain, makanan, pakaian dan tempat tinggal. Namun bukan itu saja yang menjadi kebutuhan manusia, lain di antaranya adalah pendidikan dan kesehatan. 

Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang jika tidak dipenuhi tidak akan berdampak besar dalam kehidupan manusia. Contoh keinginan banyak sekali, misalnya Anda menyukai motor atau otomotif yang akhirnya membuat Anda memodifikasi motor atau mobil agar terlihat lebih gaul. Atau juga bagi Anda yang suka aksesoris fashion sehingga membuat Anda selalu membeli aksesoris kekinian padahal kemungkinan untuk dipakai kecil. 

Dari pengertian dan contoh di atas, Anda sudah harus bisa belajar memilah. Apakah hal tersebut termasuk kebutuhan atau keinginan. Agar langkah Anda menabung sudah cukup kuat untuk dimulai.

 

3.    Buat Daftar Pengeluaran per Bulan

Hal yang sering terjadi pada uang yang Anda punya adalah tiba tiba habis, tanpa Anda sadari. Bagaimana Anda bisa menabung jika aliran uang saja Anda tidak tahu ke mana perginya. Oleh karena itu, mulailah mencatat pengeluaran yang wajib Anda keluarkan, mana pengeluaran yang bisa Anda tahan. 

Namun bukan berarti Anda tidak boleh mengeluarkan uang untuk hiburan, Anda hanya harus bisa lebih menahan dan menyaring pengeluaran Anda serta menghitung setiap rupiah yang Anda keluarkan. Dan Anda harus sangat disiplin dalam menjalankan pencatatan keuangan ini jika ingin berhasil. 

 

4.    Coba Mencari Kerja Paruh Waktu Untuk Menambah Tabungan

Jadwal kuliah yang bisa jadi lebih renggang dari zaman sekolah dulu dapat menjadi keuntungan buat Anda yang ingin mengasah kemampuan wirausaha. Selagi mengumpulkan modal untuk wirausaha, Anda dapat belajar menjalankan usaha baik dari segi operasional ataupun dalam hal pemasaran. 

Sekarang banyak store yang membuka peluang mahasiswa untuk bekerja paruh waktu. Pilihlah pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan jadwal kuliah dan minat Anda. Sehingga pengalaman kerja paruh waktu dapat menambah pengalaman Anda dalam menjalankan usaha nantinya.

 

5.    Pisahkan Uang Tabungan dan Uang Rutin Bulanan

Hal fundamental dalam keberhasilan menabung adalah memisahkan uang tabungan dan rutin bulanan Anda. Kenapa? Karena jika tidak Anda pisahkan, maka uang tabungan Anda dapat terpakai untuk membeli sesuatu yang belum tentu Anda butuhkan. 

Tentunya hal ini akan membuat jumlah tabungan Anda berantakan dan target Anda untuk mempunyai modal usaha juga semakin tidak jelas. Pemisahan uang tabungan ini juga akan membantu Anda dalam berdisiplin mengatur keuangannya. 

Di zaman digital ini, Anda dapat dengan mudah memisahkan uang di tabungan Anda. Banyak produk perbankan yang bisa Anda manfaatkan dalam memisahkan uang tabungan ini. Seperti tabungan di Jenius Bank BTPN Anda bisa menabung dengan sangat flexible dengan bunga yang sangat bersaing pada fitur flexi saver.  

Hal di atas tidak selalu mudah dan tidak selalu sulit. Tapi, selamat mencoba! Konsultasikan kepada ahli kami untuk strategi usaha lainnya.

Untuk informasi lainnya terkait tips keuangan dan usaha. Anda bisa medapatkan nya secara gratis di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan dan usaha bisa diakses dengan sangat mudah dan kapan saja!. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS