Dirilis

17 Januari 2022

Penulis

Dian Wisnuwardhani M.Psi. Sos.

Salah satu kunci sukses bekerja di rumah di masa pandemi yang berkepanjangan ini, selain disiplin diri dan koneksi Wi-Fi yang kuat, adalah memiliki ruang kerja yang nyaman dan praktis. Ikuti enam tips ini untuk menciptakan work station di rumah yang dapat membantu Anda menjaga produktivitas kerja.

 

1.    Pertimbangkan Kebutuhan Pekerjaan Anda

Sebelum menentukan ruang kerja, pertimbangkan jenis pekerjaan yang akan Anda lakukan. Apakah pekerjaan Anda mencakup penggambaran, pekerjaan administratif, atau kah menerima panggilan? Setelah menjawab pertanyaan tersebut, selanjutnya Anda dapat memikirkan bahan-bahan yang diperlukan serta ruang penyimpanannya. Pekerjaan Anda mungkin membutuhkan meja yang luas, maka lebih baik bagi Anda untuk memilih work station dengan ruangan yang luas pula. 

Apabila pekerjaan Anda memerlukan penyimpanan berkas-berkas, maka Anda perlu menyiapkan ruang pada work station Anda untuk meletakkan kotak penyimpanan. Atau, jika Anda membutuhkan peralatan elektronik yang mendukung pekerjaan Anda seperti monitor hingga mesin printer, Anda juga perlu pastikan bahwa work station yang dipilih memungkinkan Anda untuk menaruh seluruh barang tersebut.

Baca Juga : Antisipasi Stres di Tempat Kerja dengan Cara-cara Ini

 

2.    Tentukan Zona Kerja Anda

Dalam hal ini, zona kerja tidak hanya mencakup ruang kerja, namun juga suasana ruang kerja Anda. Ketika bekerja, bagaimana lingkungan yang Anda harapkan agar dapat fokus sehingga tugas-tugas Anda dapat terselesaikan? Apakah Anda lebih produktif jika mendapatkan privasi total? Atau, apakah Anda dapat tetap bekerja dengan baik meskipun terdapat kebisingan di latar belakang Anda? 

Pahamilah berbagai hal yang dapat meningkatkan performa kerja Anda serta yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi Anda dalam memilih ruang kerja. Bekerja di ruangan dengan zona yang mendukung akan membantu Anda untuk mengerjakan tugas dengan lebih efektif nantinya.

 

3.    Manfaatkan Fasilitas yang Anda Miliki

Apabila Anda tidak memiliki ruang cadangan yang dapat diubah menjadi work station di rumah, atau mungkin jika meja kerja Anda telah terlampau penuh, Anda dapat berkreasi. Temukan benda lain yang dapat Anda jadikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang Anda, seperti lemari yang masih dapat Anda isi dalamnya. 

Barang-barang yang sudah tidak pernah Anda pakai dapat disisihkan agar Anda dapat menyediakan ruang penyimpanan bagi benda lainnya. Atau, Anda dapat memaksimalkan penggunaan karpet di rumah sebagai work station Anda apabila meja dan ruangan lain telah penuh. 

Gunakan meja lipat dan karpet yang empuk agar Anda dapat bekerja secara nyaman meskipun terkesan darurat. Peralatan pekerjaan lainnya seperti kertas, laptop, serta berkas-berkas lainnya dapat Anda simpan dalam satu kotak penyimpanan guna menjaga efisiensi kerja Anda. 

Baca Juga : Gerakan Sederhana di Sela Bekerja

 

4.    Jagalah Kenyamanan Anda.

Menyiapkan work station dari rumah memberikan Anda kebebasan untuk mendekorasi ruang tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begitu, Anda dapat bekerja dengan lebih nyaman dan merasa senang jika berada di ruangan tersebut. Anda dapat menambahkan dekorasi pada ruangan work station Anda seperti mengganti warna cat, menambahkan perabot yang mendukung seperti kursi bekerja yang kokoh, serta meja dengan posisi yang nyaman. 

Anda juga dapat berinvestasi pada peralatan yang mendukung seperti laptop stand, mouse, dan keyboard agar Anda dapat bekerja dengan lebih praktis. Bantalan kursi juga dapat Anda pertimbangkan untuk menjaga kenyamanan Anda selama bekerja. Menghias ruangan dengan tanaman hijau, karya seni, hingga miniatur yang Anda senangi dapat membantu menghidupkan ruangan tersebut. 

 

5.    Arsipkan Seluruh Berkas dengan Rapi

Meski sebagian besar pekerjaan Anda saat ini berbasis daring, pada beberapa kesempatan Anda mungkin masih dituntut untuk menyiapkan berkas dalam bentuk fisik. Ada pula beberapa berkas yang memang memerlukan bentuk fisiknya, seperti slip gaji maupun tagihan. Apabila dokumen berbentuk fisik ini tidak diarsipkan dengan rapi, kertas-kertas tersebut akan menumpuk dan memadati area kerja Anda. 

Apabila Anda memiliki ruang rak atau laci yang cukup, manfaatkanlah ruang tersebut untuk menysipkan kotak arsip atau keranjang penyimpanan. Untuk berkas-berkas yang Anda gunakan dalam sehari-hari, simpanlah dalam penyortir file desktop. Anda juga dapat memberi label pada file dan kotak penyimpanan Anda dengan rapi dan jelas. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk menemukan apa yang Anda butuhkan dan membantu Anda untuk tetap teratur. 

 

6.    Tetap Terorganisir

Tidak hanya menyediakan ruang untuk mengarsipkan berkas-berkas Anda, susunlah perlengkapan kerja harian Anda dengan terorganisir. Minimalisir figur serta miniatur yang dapat mengganggu ruang gerak Anda ketika bekerja, seperti bingkai foto di atas meja kerja Anda. 

Siapkan juga peralatan persediaan sehari-hari seperti stapler, planner, atau alat tulis lainnya dalam kotak penyimpanan lain agar kerapihan ruangan tetap terjaga. Penyusunan kabel serta perangkat elektronik lainnya juga dapat Anda pertimbangkan karena tidak hanya menjaga kerapihan, namun juga membuat ruang kerja Anda menjadi lebih praktis.

Baca Juga : Duduk Terlalu Lama Lebih Bahaya Daripada Merokok

Itulah beberapa tips agar tetap produktif walaupun Anda masih melakukan pekerjaan dari rumah (WFH). Anda memiliki pertanyaan lain tentang psikologi karir lainnya? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Farraas A Muhdiar, M.Psi. M.Sc

Psikolog Klinis Anak & Remaja

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS