Dirilis

02 November 2017

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Pola hidup yang buruk, kegemukan, dan kurangnya aktivitas fisik, merupakan beberapa faktor risiko penyakit jantung koroner. Apakah Anda menjalankan salah satu pola hidup tersebut? Jika ya, sudah saatnya mulai berpikir untuk mengubah pola hidup agar lebih baik. Karena penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyebab meningkatnya angka kematian di Indonesia.

The American Heart Asociation merekomendasikan untuk melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari, dan sekurang-kurangnya 5 hari dalam seminggu. Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga yang bersifat aerobik. Aktivitas aerobik adalah kegiatan fisik dimana seseorang menggerakkan otot-otot besar mereka secara berirama dan berkelanjutan sehingga didapatkan peningkatan detak jantung. Berikut pilihan aktivitas aerobik yang bisa Anda lakukan:

1. Jalan Cepat
Sebelum Anda mulai berjalan kaki, lakukan pemanasan ringan terlebih dahulu. Gunakan sepatu olahraga agar terhindar dari cidera.

2. Bersepeda
Pilih jalur yang rata atau tidak terlalu menanjak. Pastikan posisi duduk dan telapak kaki berada pada posisi yang benar. Gunakan sepatu olahraga yang ringan agar lebih mudah dalam mengayuh. Lakukan pemanasan ringan terutama pada kaki untuk menghindari cedera.

3. Menari
Beberapa hal yang perlu Anda disiapkan antara lain sepatu, musik dengan irama sedang, dan ruang yang cukup untuk melakukan gerakan tari. Ajak pasangan, saudara atau teman untuk menjadi partner menari Anda.

4. Senam
Pastikan Anda sudah mempersiapkan beberapa hal seperti sepatu olahraga, kaos, musik dan tentunya telah hafal gerakan senam. Tahapan-tahapan di dalam senam dimulai dari gerakan pemanasan, inti, hingga pendinginan.

5. Berenang
Sebelum mulai berenang, lakukan pemanasan untuk menghindari kram. Awali dengan jarak pendek dan frekuensi yang rendah hingga sedang. Yuk olahraga, sayangi jantung Anda untuk hidup yang lebih sehat dan produktif.

Sumber:

Modul "30 Menit untuk Jantung Sehat"

oleh Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Penilaian :

0.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

21 Januari 2021

Kalo lari gimana dok?

Balas

. 0

Aliah Abdullah

21 Januari 2021

Kalo lari gimana dok?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS