Daya hadir dari panggilan jiwa untuk memberikan arti dalam hidup orang lain

Daya merupakan wujud komitmen Bank SMBCI untuk meningkatkan kapasitas nasabah secara berkelanjutan, dengan memberikan kesempatan tumbuh dan hidup yang lebih berarti. Daya menjadi Unique Value Proposition (UVP) bagi Bank SMBCI dan anak perusahaannya dalam mengimplementasikan visi dan misi meningkatkan kualitas hidup nasabah dan masyarakat Indonesia.

Bank SMBCI melalui Daya juga berkomitmen untuk mendukung pemerintah dan masyarakat di dunia dalam mewujudkan pencapaian Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)

 

WWW.DAYA.ID

Adalah merupakan website untuk mengembangkan kapasitas pengelolaan kewirausahaan serta gaya hidup sehat, melalui beragam konten yang sesuai kebutuhan, dan tepercaya bagi masyarakat Indonesia. Saat ini www.daya.id telah berkolaborasi dengan sejumlah mitra ahli berpengalaman dan tepercaya dalam bidang terkait keuangan, kewirausahaan, dan kesehatan.

Melalui www.daya.id masyarakat Indonesia, khususnya nasabah Bank SMBCI, tidak hanya mendapatkan informasi namun juga konsultasi langsung gratis dengan ahli keuangan, kewirausahaan, serta gaya hidup sehat.

Terdapat 8 fitur utama, yaitu:

1. Tips dan Info

Beragam artikel kiat praktis yang berguna untuk memperluas wawasan dan bisa diterapkan mengenai usaha dan kesehatan.

 

2. Pelatihan Online

Kuasai lebih banyak keahlian pengelolaan usaha  yang disampaikan langsung oleh para ahli manajemen usaha melalui video dan animasi menarik.

 

3. Peluang Usaha

Daftar peluang usaha dan waralaba tepercaya. Daya memberikan informasi dan kemudahan cara mengajukan minat peluang usaha dan waralaba.

 

4. Kisah Sukses

Inspirasi langsung dari kisah perjalanan sukses para pelaku, disajikan khusus untuk memotivasi Anda dalam mengelola usaha dan menjaga kesehatan.

 

5. Tanya Ahli

Fasilitas tanya-jawab yang diasuh oleh para ahli tepercaya di bidang usaha dan kesehatan, yang dapat Anda manfaatkan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Memberikan solusi langsung dan personal sesuai kebutuhan usaha dan kesehatan Anda.

 

6. Akses Pasar

Produk dan bisnis pilihan dari nasabah dan mitra Bank SMBCI, dengan kriteria industri rumahan atau termasuk dalam kategori usaha kecil menengah.

 

7. Sahabat Daya

Program relawan yang mengundang seluruh pemangku kepentingan Bank SMBCI untuk terlibat langsung dalam pemberdayaan.

 

8. Produk Keuangan

Beragam pilihan produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

 

Daya ditopang oleh empat pilar program sebagai pendekatan untuk merangkul semua kalangan masyarakat, yaitu:

Dunia yang semakin berkembang dan maju melahirkan tantangan berupa timbulnya berbagai permasalahan sosial dan lingkungan yang semakin kompleks. Guna menghadapi tantangan tersebut, diperlukan individu yang dapat beradaptasi sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Meningkatkan kemampuan individu dalam menghadapi permasalahan, untuk kemudian bisa menyelesaikannya secara efektif, efisien, dan berkesinambungan, tentu menjadi suatu hal yang amat sangat dibutuhkan.

Agar seseorang bisa lebih berkualitas, maka kapasitas atau kemampuan yang ada dalam dirinya haruslah ditumbuh kembangkan. Hal itu dapat dilakukan dengan proses mengeluarkan, memperkuat, menciptakan, mengadaptasikan, dan memelihara minat, bakat, hobi, atau potensi unik dalam dirinya.

Menyadari kebutuhan tersebut, Bank SMBCI memberikan kesempatan bagi masyarakat, dan khususnya nasabah, untuk mengembangkan kapasitas dirinya sesuai keahlian yang dipilih, sehingga mereka menjadi lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada di sekitarnya.

Semua program yang dibuat dalam pilar Pengembangan Kapasitas Diri juga diharapkan dapat mendukung terwujudnya pencapaian Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), khususnya nomor 4 (Pendidikan Berkualitas), 5 (Kesetaraan Gender), 9 (Industri Inovasi dan Infrastruktur), 11 (Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan)17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan).

Bank SMBCI sebagai bagian dari industri jasa keuangan sangat mendukung upaya peningkatan literasi keuangan, dengan cara menyediakan edukasi keuangan sebagai suatu rangkaian proses atau kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan nasabah maupun masyarakat agar mereka mampu mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik, di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Edukasi keuangan yang diberikan akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan khususnya nasabah, melalui berbagaimodul yang dikembangkan oleh para ahli di bidangnya, baik dalam format pertemuan langsung, maupun melalui jaringan online guna menjangkau wilayah yang lebih luas, serta penerima manfaat yang lebih banyak

Dengan meningkatnya tingkat literasi keuangan, nasabah dan masyarakat dapat membuat keputusan keuangan dengan lebih baik dan dapat memilih produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan, mengetahui dengan benar manfaat dan risikonya, serta paham hak dan kewajiban sebagai konsumen keuangan. Di samping itu, diharapkan makin banyak nasabah dan masyarakat yang menabung dan berinvestasi, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu sumber pembiayaan pembangunan.

Semua program yang dibuat dalam pilar Literasi Keuangan juga diharapkan dapat mendukung terwujudnya pencapaian Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), khususnya nomor 4 (Pendidikan Berkualitas), 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), 10 (Berkurangnya Kesenjangan), 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan).

Sektor wirausaha memegang peranan penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi nasional. Mulai dari menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan nasional, menciptakan nilai tambah barang dan jasa, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial, serta terciptanya masyarakat yang lebih sejahtera. Namun revolusi industri 4.0 membuat para pelaku usaha harus cepat beradaptasi menghadapi setiap perubahan baru dalam menjalankan usahanya. Bank SMBCI melihat masih banyak masyarakat dan khususnya nasabah, yang belum atau mungkin sudah menyadari hal tersebut, tetapi belum menyiapkan bagaimana cara menghadapinya.

Oleh karena itu SMBCI berupaya membantu penumbuhan jumlah wirausaha baru sekaligus peningkatan pengetahuan dan ketrampilan manajemen bagi para pelaku usaha dari level memulai usaha, meningkatkan usaha, hingga mengembangkan usaha.

Melalui program Daya, masyarakat dan khususnya nasabah, diajak untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka melalui berbagai program khusus dengan kurikulum yang terarah, dan melalui berbagai channel komunikasi yang dapat diikuti secara online seperti www.daya.id, maupun secara offline berupa seminar.

Bank SMBCI mengajak tidak hanya nasabah, tetapi juga masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka agar dapat tumbuh menjadi lebih baik.

Semua program yang dibuat dalam pilar Peningkatan Kapasitas Usaha juga diharapkan dapat mendukung terwujudnya pencapaian Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), khususnya nomor 1 (Tanpa Kemiskinan), 4 (Pendidikan Berkualitas), 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), 9 (Industir, Inovasi dan Infrastruktur), 10 (Berkurangnya Kesenjangan), 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan).

Kepedulian terhadap lingkungan akan mendukung upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang berkelanjutan, dan berarti juga ikut mendukung keberlangsungan pelestarian bumi yang manfaatnya dirasakan tidak hanya untuk generasi sekarang saja tetapi juga untuk generasi mendatang.

Bank SMBCI menyadari bahwa diperlukan berbagai upaya untuk melakukan pelestarian, menjaga keutuhan fungsi lingkungan, danmelakukan gaya hidup yang sehat. Karenanya, Bank SMBCI membuat berbagai program bagi nasabah dan masyarakat untuk secara sadar menjaga kelestarian bumi dengan mencapai kualitas hidup yang lebih sehat, usaha yang lebih ramah lingkungan dan kehidupan berkelanjutan yang menyeluruh.

Semua program yang dibuat dalam pilar Kehidupan yang Berkelanjutan juga diharapkan dapat mendukung terwujudnya pencapaian Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), khususnya nomor 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera), 9 (Industri, Inovasi dan Infrastruktur), 10 (Berkurangnya Kesenjangan), 11 (Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan), 13 (Penanganan dan Perubahan Iklim), 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan).

SEKILAS DAYA