Dirilis

19 November 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Ini dia lima jenis olahraga saat kondisi mood tidak stabil.

Olahraga dapat menjadi alat potensial untuk mengembalikan suasana hati lebih baik dan memberikan nilai plus, yaitu tubuh prima, mental sehat, dan bentuk badan tetap terjaga.

Apa hubungannya dengan mental sehat? Saat Anda berolahraga maka tubuh bereaksi, termasuk otak akan merespon untuk melepaskan banyak hormon seperti endorphin dan neurotransmitter. Hormon tersebut dipercaya dapat memengaruhi suasana hati hanya dengan satu kali olahraga. Olahraga secara teratur dapat memberikan waktu kepada otak untuk mengubah pikiran negatif menjadi positif. Berikut beberapa latihan yang dapat dilakukan dengan mudah agar senyum kembali terukir di wajah Anda.

Jalan Kaki Santai
Aktivitas ini berfungsi untuk meningkatkan kerja paru-paru dan efektif membakar lemak. Selain itu, berjalan kaki dapat meningkatkan hormon adrenalin dan memicu pengeluaran hormon endorfin atau hormon yang membangkitkan perasaan senang. Hal ini dapat membantu mengontrol kadar stres dan mengurangi beban pikiran. Tidak menutup kemungkinan dapat berpikir lebih jernih karena membantu lebih fokus. Agar lebih bersemangat, cobalah sambil mendengarkan musik favorit Anda. Saran kami, pilih musik yang lebih bersemangat.

Baca juga: 5 Alasan untuk Jalan Kaki

Berenang
Hal paling menarik dari berenang adalah mendapat sensasi air kolam renang yang segar. Renang memiliki durabilitas yang sama dengan olahraga di darat, tetapi Anda tidak akan cepat lelah karena suhu serta tekanan air memberi semacam relaksasi saat tubuh berhenti bergerak di dalam air. Relaksasi air ini membantu meredakan stres karena mampu mendorong tubuh mengeluarkan endorfin lebih banyak, yakni senyawa yang berguna untuk bangkitkan rasa bahagia. Kabar baik lainya, untuk Anda yang sedang diet, berenang dapat membakar kalori cukup tinggi yaitu berkisar antara 350 hingga 420 kalori per jam.

Baca juga: Manfaat Berenang yang Jarang Diketahui

Yoga
Latihan fisik yang satu ini sudah menjadi salah satu cara sehat menenangkan pikiran. Tekanan dan relaksasi pada otot selama melakukan gerakan yoga dengan kesadaran pikiran atas sensasi fisik yang dirasakan membuat Anda merasa relaks. Selain itu, meskipun terlihat santai, tapi setiap gerakan yoga membantu Anda menjadi lebih fokus. Gerakan yoga juga akan memberikan manfaat tubuh menjadi lentur, melancarkan peredaran darah, sekaligus mengatur pernapasan, dan pastinya membakar kalori.

Baca juga: Ini Alasan Anda Perlu Melakukan Yoga

Menari
Siapa bilang menari bukan olahraga? Menggerakkan tubuh untuk mengikuti irama musik dapat melepas hormon endorfin, bahkan memancing Anda tersenyum, dan dapat langsung terasa efeknya oleh otak. Menari juga dapat meningkatkan memori otak, membuat tubuh menjadi lentur, meningkatkan keseimbangan, membakar kalori, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Saran kami, cobalah menari salsa, zumba, atau apapun yang dapat membuat Anda tersenyum.

Baca juga: Menari, Cara Aktivitas Sehat nan Menyenangkan Bagi Lansia

Pound Fit
Ini dia olahraga yang sedang popular di kalangan masyarakat perkotaan. Pound Fit menggunakan alat ripstix yang berbentuk seperti stik drum, namun lebih ringan dan didesain khusus untuk berolahraga. Alat tersebut digunakan untuk membuat gerakan seperti menggebuk drum sebagai bentuk gerakan kardionya. Gerakannya sendiri menggabungkan unsur yoga, pilates, kardio, dan diiringi dengan musik up beat yang membuat pesertanya lebih bersemangat. Kombinasi tersebut mampu meningkatkan level mood baik Anda. Memukulkan tongkat berkali-kali diiringi musik tentu menjadi medium pelepas stres Anda.

Ayo atur jadwal berolahraga ditengah kesibukan, dijamin hari-hari Anda akan bahagia.

Baca juga:
Jangan Malas, Ayo Berolahraga!

Aktivitas Fisik yang Anda Butuhkan

 

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

5.0

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Irna Dartiana

03 September 2019

Wah pas banget, kalau aku suka banget Yoga dan Pound Fit, mood booster banget ?

Balas

. 0

Irna Dartiana

03 September 2019

Wah pas banget, kalau aku suka banget Yoga dan Pound Fit, mood booster banget ?

Balas

. 0

Irna Dartiana

03 September 2019

Wah pas banget, kalau aku suka banget Yoga dan Pound Fit, mood booster banget ?

Balas

. 0

indrabk

02 September 2019

Jadi mau cepet2 olahraga nih biar mood nya bagus ?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS