Dirilis

12 Pebruari 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Setelah beraktivitas seharian penuh, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk berolahraga. Beragam jenis olahraga yang bisa Anda pilih untuk mengembalikan kebugaran. Jika Anda menyukai ketenangan, tidak ada salahnya untuk mencoba yoga.

 

Yoga tentu saja tidak asing lagi di telinga Anda. Yoga berasal dari bahasa sansekerta yang berarti memusatkan pikiran agar dapat mengendalikan panca indera. Anda mungkin melihat pose-pose yang dilakukan para yogi sungguh rumit dan merasa tidak selentur mereka. Tetapi banyak manfaat yang akan Anda peroleh bila Anda melakukan latihan fisik ini.

 

1. Beri Kesadaran akan Bentuk Tubuh Sebenarnya

Yoga bisa menjadi pilihan untuk melatih dan membentuk otot tubuh. Tidak hanya fisik, yoga juga bisa mengembangkan kekuatan pikiran. Bagi mereka yang melakukannya, cenderung akan lebih perhatian dan merasa puas dengan bentuk tubuh sehingga dapat terhindar dari pola makan menyimpang.

 

2. Turunkan Berat Badan

Rutin melakukan yoga dapat meningkatkan perhatian Anda terhadap pola makan. Anda akan lebih sensitif terhadap jenis makanan serta waktu makan. Jenis dan waktu makan yang tepat dapat membantu mengontrol berat badan.

 

3. Tingkatkan Energi

Padatnya jadwal kerja tentu menguras energi. Melakukan yoga sedikitnya 10 menit dapat membantu mengembalikan energi yang terkuras tersebut. Tubuh kembali fresh dan siap menjalani aktivitas kembali.

 

4. Jaga Kesehatan Kardiovaskular

Berbagai studi mengatakan bahwa yoga dapat menjaga tubuh dari risiko gangguan kardiovaskular. Yoga membantu menurunkan tekanan darah sehingga Anda terhindar dari tekanan darah tinggi. Studi lain menunjukkan bahwa melalui yoga dapat mengontrol gula darah maupun kadar lemak di dalam tubuh. Hal ini tentu baik bagi kesehatan kardiovaskular Anda.

 

Yoga bukanlah latihan fisik yang cuma boleh dilakukan oleh perempuan. Lelaki pun dapat mencoba latihan ini. Sama dengan pilihan olahraga lain, lakukan yoga secara rutin, misalnya 3 sampai 5 kali seminggu, selama 30 menit setiap latihannya. Selamat mencoba!

Sumber:

Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS