Dirilis

04 Desember 2017

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Olahraga itu baik untuk kesehatan Anda. Beberapa aktivitas fisik juga bisa Anda lakukan sebagai pengganti olahraga.

Padatnya jadwal atau tugas yang menumpuk seringkali menjadi alasan seseorang jarang berolahraga. Ketika memiliki waktu senggang, tidak sedikit juga yang menghabiskan waktu hanya untuk duduk atau bermalas malasan. Padahal untuk mendapatkan tubuh yang sehat, seseorang dianjurkan melakukan aktivitas fisik sedang selama 150 menit per minggu, atau aktivitas fisik berat selama 75 menit per minggu.

Pertanyaannya, olahraga atau aktivitas fisik seperti apa yang baik?

Banyak macam yang dapat Anda lakukan, seperti bermain basket, bulu tangkis, dan senam. Bahkan, Anda bisa melakukan aktivitas sederhana seperti, memarkir mobil lebih jauh agar dapat berjalan kaki, membiasakan diri menggunakan tangga, bersepeda ke tempat kerja, berjalan sembari mengangkat telepon, dan lain sebagainya. Jangan lupa, lakukan olahraga tersebut bertahap, sesuai dengan kondisi fisik, agar tidak membebani tubuh Anda.

Manfaat Olahraga dan Beraktivitas Fisik
Nah, untuk mendorong Anda, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan menggerak-gerakan anggota tubuh itu.
1. Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Tidak semua orang memiliki tubuh yang lentur. Dengan berolahraga, tubuh Anda akan lebih lentur, sehingga aktivitas menjadi lebih efektif dan Anda terhindar dari cidera.

2. Mencegah Kegemukan
Dengan berolahraga, metabolisme tubuh juga ikut meningkat, sehingga terjadi peningkatan pembakaran energi di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Kepadatan Tulang
Rutin berolahraga diketahui mampu merangsang pembentukan sel-sel tulang, sehingga dapat membuat tulang menjadi lebih kuat. Dengan demikian, olahraga dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

4. Mencegah Berbagai Penyakit
Olahraga bisa meningkatkan fungsi organ, terutama jantung, paru-paru, serta pembuluh darah. Sehingga dapat menjaga tubuh Anda dari serangan penyakit tidak menular, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes melitus, dan lain-lain.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, dapat terhindar dari serangan penyakit

Masih banyak manfaat lain dari olahraga dan aktivitas. Nah, dari pada kebanyakan duduk, yuk luangkan waktu untuk berolah raga!

 

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

0.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

07 Pebruari 2021

Makasih daya.id

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS