Dirilis

12 Maret 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Menjadi lansia hanyalah sebuah siklus hidup yang hampir pasti dialami setiap orang. Tapi lansia juga bisa tetap sehat, aktif, dan produktif.

 

Singkirkan dulu pikiran kalau lanjut usia (lansia) itu berarti seseorang yang tidak berdaya, bergantung kepada orang lain, dan berpenyakitan. Karena Anda bisa lebih dari itu. Percayalah.

 

Setidaknya ada 4 hal yang perlu Anda lakukan agar tetap sehat, aktif dan produktif, seperti menerapkan pola makan sehat, aktivitas fisik, periksa kesehatan secara rutin, dan melakukan kegiatan yang mengasah otak atau hobi sesuai kemampuan.

 

Lalu, seperti apa aktivitas fisik yang baik untuk lansia?

 

Anda dianjurkan setidaknya melakukan aktivitas fisik selama 150 menit per minggu, atau dapat dibagi menjadi 30 menit yang dilakukan dalam 5 hari. Bila Anda tidak bisa melakukan aktivitas fisik 150 menit per minggu karena kondisi kronis, maka Anda dapat tetap aktif sesuai dengan kemampuan dan kondisi masing-masing.

 

Selain itu, beberapa aktivitas fisik ini juga dapat Anda terapkan:

1. Konsultasi dengan dokter.

Bila Anda mempunyai penyakit (seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi) atau tanda-tanda seperti nyeri dada dan sendi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memulai program aktivitas fisik.

2. Lakukan pemanasan dan pendinginan.

Pemanasan dan pendinginan penting dilakukan untuk mencegah cedera dan nyeri otot.

3. Mulai dengan yang ringan.

Aktivitas fisik sebaiknya dimulai dari yang ringan, tidak dilakukan langsung ke aktivitas berat. Lansia dengan kebugaran yang rendah dapat memulai dengan jalan kaki perlahan dengan waktu kurang dari 10 menit.

4. Lakukan aktivitas secara rutin.

Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas minimal 10 menit selama 3 hari per minggu dapat membantu menurunkan risiko cedera dan kelelahan berlebih. Contoh aktivitas yang dapat dilakukan adalah berjalan kaki, menari, berenang, jogging dan bersepeda.

 

Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin, tubuh Anda akan tetap bugar dan sehat, serta dapat menjalani hari dengan bahagia juga produktif. Ayo, Anda pasti bisa.

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS