Dirilis

28 Oktober 2019

Penulis

Tim Daya Sehat Sejahtera

Memiliki tubuh yang proporsional adalah idaman setiap orang, baik itu pria maupun wanita. Tubuh yang proporsional kerap kali dianggap identik dengan berat badan yang ideal, langsing, dan perut yang ramping. Hal ini tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri dan penampilan pun terlihat lebih mengesankan.

Banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari perut yang buncit. Mulai dari menjaga pola makan, terutama menghidari makanan manis dan tinggi lemak, menjaga pola tidur, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan rajin berolahraga. Namun tidak sedikit dari Anda malas untuk melakukannya. Padahal dengan melakukan olahraga seperti sit up dan beberapa olahraga ringan lainnya secara rutin, dapat membantu Anda memiliki perut yang ramping.

Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa tips olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah!

Sit up
Sit up adalah salah satu olahraga ringan yang sangat efektif, tanpa mengeluarkan modal sepeser pun, dan dapat dilakukan di rumah. Menurut American Council on Exercise, dengan melakukan sit up secara intens selama 10 menit, Anda dapat membakar sebanyak 60 kalori.  

Kegiatan fisik ini dapat membantu mengencangkan otot perut. Selain itu juga dapat mengencangkan otot bagian leher, panggul, pinggang, dan dada, asalkan Anda dapat melakukannnya dengan tepat dan rutin.

•    Mulailah sit up dengan posisi berbaring terlebih dahulu.
•    Kemudian lanjutkan dengan gerakan menekuk lutut namun usahakan telapak kaki tetap menempel pada lantai.
•    Letakkan tangan menyilang pada dada.
•    Lalu, perlahan angkat badan menuju lutut sambil menghembuskan napas.
•    Kemudian, posisikan tubuh kembali berbaring sambil menarik napas secara perlahan.

Perhatikan jika Anda pernah mengalami cedera leher atau punggung bawah. Sebaiknya diskusikan terlebih dahulu pada dokter mengenai kondisi kesehatan sebelum melakukan kegiatan situp untuk hindari risiko cedera.

Pilates
Selain sit up, pilates bisa menjadi pilihan olahraga lainnya. Gerakan-gerakan pilates selama 15 menit secara rutin dapat membantu Anda untuk mengencangkan otot pada bagian perut. Selain itu, pilates menjadi kegiatan yang rendah risiko cederanya jika Anda melakukan gerakan pilates sesuai dengan tepat.

Plank Pose
Gerakan sederhana ini dapat dirasakan manfaatnya yang besar pada otot perut. Tidak ada salahnya untuk rutin melakukan plank pose, agar dapat memiliki perut yang ramping sesuai yang Anda inginkan.

Tidak hanya rutin melakukan olahraga saja, tetapi asupan makanan juga dapat memengaruhi kondisi perut. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan sehat bagi tubuh seperti protein, karbohidrat, dan lemak tidak jenuh, serta perbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah untuk mendapatkan fisik yang sehat.

Selamat mencoba!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS