Dirilis

08 Pebruari 2020

Penulis

Arifa Amal & Oky Setiarso

Di musim hujan, Anda mungkin pernah menemukan orang-orang di sekitar Anda yang menjadi rentan sakit. Bahkan bisa jadi itu diri Anda sendiri juga. Hal ini sebenarnya wajar, karena virus lebih bertahan lama hidup di situasi yang dingin dan tidak banyak sinar matahari. Tapi tentu saja Anda ingin tetap sehat apapun musimnya, bukan? Karena saat sakit, akan jadi sulit untuk produktif dan melakukan aktivitas sehari-hari. Bagaimana caranya? Nah, di artikel ini akan dibahas cara tetap sehat khususnya di musim hujan.

1.    Hindari tubuh Anda dari kehujanan
Anda pasti sudah pernah mendengar kata-kata nasehat “Sedia payung sebelum hujan”. Hal ini memang penting untuk selalu diingatkan agar tubuh Anda tidak mengalami flu, batuk, demam, hingga kedinginan (hipotermia). Menurut CDC (Center of Disease Control and Prevention), suhu tubuh yang terlalu rendah (kedinginan) bisa membuat Anda tidak bisa bergerak dan berpikir dengan jernih. Wah.. tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada Anda. Oleh karenanya, pastikan jas hujan dan/atau payung selalu siap sedia di dalam tas Anda, ya!

2.    Makan sesuai dengan gizi seimbang
Apa yang Anda makan menjadi penting sekali untuk pertahanan tubuh Anda. Jika Anda makan makanan yang bergizi, maka tubuh Anda akan memperoleh zat-zat yang bermanfaat untuk membentuk pertahanan tubuh yang baik.

Makan sesuai dengan gizi seimbang berarti dalam satu kali makan, Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Karbohidrat diperoleh dari makanan pokok, protein diperoleh dari lauk-pauk, lemak diperoleh dari lauk-pauk atau minyak yang Anda gunakan untuk memasak, adapun vitamin dan mineral bisa Anda dapatkan dari buah dan sayur.

3.    Konsumsi cairan yang cukup
Untuk tips yang satu ini, mungkin banyak dari Anda yang sudah mengetahui pentingnya minum yang cukup namun masih kurang serius mempraktekkannya. Padahal, 60% tubuh adalah air, dan 90% yang menyusun sel darah juga adalah air.

Jika Anda kekurangan cairan, maka tubuh Anda akan menurun fungsinya, dan darah menjadi tidak optimal dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Pertanyaannya, berapa banyak sih cairan yang harus Anda minum dalam sehari? Rekomendasi konsumsi cairan sehari untuk orang dewasa adalah sekitar 2 hingga 2,5 liter atau sekitar 8 gelas per hari. Nah, bisa diperiksa kembali, sudahkah Anda memenuhi kebutuhan cairan Anda sehari?

4.    Istirahat yang cukup
Seringkali pekerjaan menuntut Anda untuk begadang. Tapi, perlu diingat kembali, begadang terlalu sering juga menurunkan daya tahan tubuh Anda, sehingga saat musim hujan tiba, kecenderungan untuk sakit bisa lebih tinggi, lho. Tentunya Anda tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Maka, yuk mulai tidur yang cukup (7 jam sehari) dan berkualitas!

5.    Cuci tangan secara berkala
Terakhir, hidup sehat tidak bisa diperoleh tanpa hidup bersih. Keduanya berjalan bersamaan dan tidak bisa dipisahkan. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan di 5 momen penting berikut ini.

•    Setelah menggunakan toilet
•    Setelah membersihkan anak yang buang air besar
•    Sebelum menghidangkan makanan
•    Sebelum makan
•    Setelah memegang hewan/benda yang kotor

Demikian 5 tips mudah untuk tetap sehat terutama di saat musim hujan. Jika kesulitan untuk memulai sendiri, ajaklah kerabat atau teman yang juga memiliki semangat untuk memulai hidup sehat, dengan begitu Anda akan punya teman diskusi, lebih termotivasi dan konsisten untuk menerapkannya. Bila ingin mengetahui lebih jauh seputar cara menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, Anda dapat berkonsultasi dengan mitra ahli terpercaya kami melalui fitur Tanya Ahli. Salam sehat!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

12 Desember 2023

Terima Kasih informasi nya sangat bagus 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS