Dirilis

25 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Lingkungan kerja juga menjadi salah satu hal penting dalam menentukan sukses atau tidaknya kita berkarir di sebuah perusahaan. Karyawan akan semakin betah dan bekerja lebih produktif, apabila lingkungan kerja di sekitarnya nyaman. Mereka juga akan mengeluarkan potensi yang dimilikinya dengan lebih baik lagi. Bukan hanya demi gaji saja, tetapi mereka akan bekerja demi kemajuan perusahaan dalam waktu yang lama.

Kenyamanan dalam bekerja juga harus diciptakan dari lingkungan yang juga nyaman. Anda bisa menciptakan sebuah lingkungan bekerja yang nyaman dan menyenangkan. Lingkungan yang positif akan mendukung produktivitas Anda menjadi lebih meningkat. Ada banyak cara untuk membuat lingkungan kerja Anda menjadi aman, seru dan menyenangkan.


Membuat dan Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman, yaitu sebagai berikut:


1. Merekrut Staf yang Tepat

Orang-orang yang nantinya Anda rekrut untuk bekerja di perusahaan Anda, adalah mereka yang akan berkontribusi pada situasi dan suasana lingkungan bekerja di dalamnya. Untuk itu, pastikan Anda merekrut karyawan yang bisa bekerja secara profesional, bisa bekerja secara individual atau di dalam tim, dan mampu berkontribusi dalam menciptakan lingkungan bekerja yang lebih kondusif.



2. Memberi Fasilitas pada Karyawan untuk Berkolaborasi


Beri fasilitas para karyawan tersebut untuk bisa berkolaborasi sekaligus berdiskusi. Mengatur meja dalam sebuah ruangan yang saling berhadapan menjadi salah satu caranya. Buat para karyawan di perusahaan bisa saling bekerja sama dan tidak bekerja sendiri-sendiri. Kerjasama yang terjalin berasal dari mereka yang saling mendukung satu sama lain.

 

3. Memberikan Apresiasi Kepada Karyawan


Jika Anda dengan tim sudah menyelesaikan proyek pekerjaan dengan baik maka Anda bisa mengajak mereka untuk makan bersama. Hal itu juga menjadi cara yang paling sederhana dalam meningkatkan kepuasan untuk karyawan. Anda juga memberi apresiasi penuh pada karyawan Anda yang telah bekerja keras. Orang-orang yang telah diapresiasi akan terus bekerja dengan giat dan menghargai Anda.

 

4. Pastikan Pencahayaan di Ruangan Kerja Karyawan Maksimal


Pencahayaan yang baik akan memberi energi positif yang juga baik, pada orang-orang yang bekerja di ruangan. Pencahayaan dengan sinar yang cukup, akan mengisi energi karyawan Anda sepanjang hari dalam bekerja. Sehingga mereka juga akan lebih fokus bekerja dengan baik. Jika tidak menggunakan lampu di siang hari, pastikan ukuran jendela di ruangan karyawan itu besar. Supaya sinar matahari bisa masuk ke sana.

 

5. Buat Dekorasi Kantor yang Menarik

Sudah bukan zamannya membuat tempat kerja karyawan dengan kubikel yang mengumpul, karena akan terasa kaku. Supaya karyawan Anda bisa bekerja dengan nyaman, buatlah dekorasi ruangan yang tidak membuat mereka seperti tidak sedang di kantor. Supaya mereka juga bisa menyegarkan pikiran dan tak mudah jenuh ketika sedang bekerja. Karyawan akan mendapat asupan udara segar atau relaksasi supaya produktivitas kerja kembali meningkat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Dimulai dari merekrut staf yang tepat, memberikan apresiasi, memberikan ruang bagi karyawan untuk berkolaborasi, memastikan pencahayaan ruangan mereka baik, dan membuat dekor kantor yang unik tapi tetap nyaman. Dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, karyawan Anda akan berkontribusi lebih besar pada perusahaan.

Bagi para pemilik usaha yang sedang memiliki kesulitan modal usaha dan usaha tersebut telah berjalan setidaknya 3 tahun, maka Anda bisa mengajukan pinjaman angsuran berjangka dari Bank BTPN. Produk ini bisa menjadi solusi terbaik untuk pengembangan usaha yang Anda miliki.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.6

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

19 Pebruari 2021

thank you daya.id

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Wisnuwardhani, M.Psi.

Psikolog

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS