Dirilis

17 November 2017

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Bagi sebagian orang, gula dan rasa manis menjadi salah satu favorit. Gula termasuk karbohidrat sederhana yang mengandung kalori (penghasil energi), namun tidak mengandung zat gizi lain, seperti protein, vitamin, dan serat.  Konsumsi gula berlebihan membawa efek buruk bagi kesehatan. Berikut efek buruk yang harus diperhatikan:

1. Kerusakan Gigi
Kerusakan gigi dapat terjadi jika Anda tidak segera membersihkan gigi saat setelah mengonsumsi makanan manis. Gigi berlubang dapat timbul akibat terurainya karbohidrat yang kemudian difermentasi oleh bakteri dalam mulut sehingga menghasilkan asam. Asam inilah yang dapat merusak lapisan email gigi, dan menyebabkan gigi berlubang.

2. Kegemukan atau Obesitas
Kelebihan energi dalam jangka panjang di dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak. Konsumsi makanan secara berlebihan termasuk gula dapat mengakibatkan peningkatan berat badan yang lebih jauh menjadi kegemukan atau obesitas dengan berbagai dampak dan komplikasinya.

3. Penyakit Diabetes
Mellitus Konsumsi gula berlebih menyebabkan peningkatan kandungan gula pada darah. Bila tidak dikendalikan, hal ini dapat berujung pada penyakit diabetes mellitus/kencing manis.

4. Memperberat Kerja
Ginjal Konsumsi terlalu banyak gula terutama yang berasal dari pemanis buatan dapat memperberat kerja ginjal dikarenakan struktur kimiawinya yang sulit diurai.

5. Penyakit Jantung
Kadar gula berlebih ternyata dapat mengganggu fungsi otot jantung dan menaikkan kadar kolesterol. Risiko penyakit jantung dan gagal jantung meningkat. Mari kita lebih bijak mengkonsumsi gula untuk mengurangi efek berbahaya dalam tubuh kita.

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS