Dirilis

13 Desember 2017

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Nyatanya, tidak semua anak suka memakan sayur dan buah-buahan. Dan tidak jarang juga, orang tua sampai-sampai harus memaksa anak untuk menelan kedua sumber vitamin dan mineral. Tapi, ada beberapa cara unik yang bisa Anda lakukan agar seluruh anggota keluarga lebih tertarik terhadap sayur dan buah-buahan.

Anda bisa mulai dengan mengajak anak terlibat dalam proses pengolahan sayur dan buah-buahan. Mulai dari berbelanja, mencuci, mengupas, memotong, hingga memasak. Bahkan, jika memungkinkan, ayo ajak mereka belajar bercocok tanam. Tidak harus di pekarangan rumah, bisa juga sambil jalan-jalan ke lokasi agrowisata.
Di sisi lain, Anda bisa membantu si buah hati dengan bermain-main di variasi cara penyajian. Nah, berikut ini beberapa pilihan yang kami kutipkan buat Anda.

1. Dihaluskan Lalu Dicampur
Haluskan sayur dan buah-buahan hingga berbentuk pasta, kemudian dicampurkan ke dalam makanan favorit keluarga Anda, tanpa terlihat. Silakan coba menggunakan bayam atau wortel.

2. Dicetak Menjadi Es Potong
Olah buah yang telah dihaluskan menjadi es potong. Bisa juga dicampur dengan yoghurt lalu dibentuk dalam cetakan.

3. Dibentuk Seperti Tokoh Kartun
Sajikan sayur dan buah dalam bentuk yang unik, misalnya seperti tokoh kartun favorit anak seperti angry bird atau elmo. Biarkan anak ikut serta dalam proses pembuatan.

4. Diolah Menjadi Sate
Potong-potong buah lalu celupkan ke dalam saus yang terbuat dari cokelat cair, selai kacang, atau yoghurt. Anda juga dapat membuat sate dari potongan buah tersebut, kemudian siram dengan saus, sehingga bentuknya menjadi menarik untuk dilihat.

5. Disajikan Sebagai Minuman
Sajikan sayur dan buah sebagai minuman, misalnya dengan meletakkan kuah sayuran atau jus buah di gelas mewah atau gelas favorit anak.

6. Disajikan Secara Variatif
Sediakan sayur dan buah secara bervariasi agar terlihat lebih berwarna dan anggota keluarga bisa memilih yang mereka sukai.

7. Disajikan Sebagai Pembuka
Hidangkan sayur dan buah sebagai makanan pembuka, sehingga dapat dikonsumsi terlebih dahulu. Pilihlah buah yang berwarna dan memiliki rasa manis untuk meningkatkan nafsu makan.

Tertarik untuk mencoba?

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera (Gambar: www.unsplash.com)

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS