Dirilis

25 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Seperti yang kita ketahui, bahwa rasa mint selalu menimbulkan sensasi dingin dan menyegarkan. Bukan hanya memberi kesegaran saja, tetapi manfaat daun mint ini ada banyak sekali terutama untuk kesehatan. Sensasi pedas tapi segar pada daun ini mampu memberikan kesegaran pada mulut. Banyak produk perawatan kulit yang memakai kandungan daun mint untuk membuat kulit menjadi lebih segar.

Daun herbal yang satu ini mengandung vitamin A, sehingga daun mint juga baik untuk kesehatan mata. Kandungan antioksidan di dalam daun mint ini juga banyak sekali sehingga ampuh dalam mengusir radikal bebas dalam tubuh.  Daun mint juga termasuk ke dalam jenis tanaman obat yang cocok ditanam di rumah sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

 

Manfaat Daun Mint yang Harus Diketahui




Dilansir dari website Alodokter dari Kementerian Kesehatan , Republik Indonesia, manfaat dari daun mint diantaranya yaitu:

 

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Pasta gigi atau obat kumur-kumur yang memiliki kandungan daun mint mampu memberikan efek segar pada pernapasan dan mulut. Daun mint yang ada pada pasta gigi dan obat kumur tersebut, juga ampuh dalam membunuh bakteri yang menempel di area mulut, seperti pada gigi, dinding mulut dan juga gusi. Itulah sebabnya hampir semua pasta gigi mengandung mint karena bahan bahannya menggunakan mint. Gigi pun menjadi lebih sehat.


2. Meringankan Kram Pada Saat Menstruasi

Manfaat lainnya dari daun mint herbal ini adalah mampu meringankan sakit kram ketika wanita sedang menstruasi. Anda bisa mengkonsumsi campuran teh dengan daun mint, untuk mengurangi kram tersebut. Menurut sebuah penelitian juga, ekstrak daun mint ini efeknya hampir sama dengan obat pereda nyeri saat menstruasi yang beredar di pasaran.

 

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan




Manfaat berikutnya dari daun mint ini adalah bisa mengatasi gangguan pada pencernaan. Minyak yang terdapat pada daun mint sangat efektif dalam meredakan keluhan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan tersebut. Misalnya akibat dari irritable bowel syndrome (IBS), yang merupakan gangguan kronis yang dapat menyerang bagian usus besar.

Minyak pada daun mint mengandung menthol, yang merupakan suatu senyawa alami yang mampu memberi efek relaksasi di bagian otot saluran pencernaan. Bukan hanya minyak pada daun mint saja, tetapi teh yang dicampur dengan daun mint juga bisa memberi efek yang sama. Namun, tetap perlu dipahami apabila gangguan pencernaan yang dialami tidak segera membaik, maka akan sangat dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Sehingga bisa didapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

 

4. Meredakan Sakit Kepala dan Meningkatkan Fungsi Otak

Sakit kepala karena tegang biasanya disebabkan oleh cemas berlebih atau bisa juga karena stres. Menurut penelitian, daun mint juga bisa meredakan sakit kepala tersebut. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak daun mint pada dahi atau pelipis. Sama halnya dengan sakit kepala yang disebabkan oleh konsumsi minuman alkohol yang terlalu berlebihan. Selain itu, menurut sumber hasil penelitian, jika Anda menghirup aroma daun mint maka hal itu bisa meningkatkan fungsi otak Anda. Terlebih lagi dalam hal mengingat sesuatu.

Manfaat daun mint ini ternyata sangat baik bagi kesehatan otak dan juga bagian tubuh yang lainnya. Tidak heran jika daun mint sangat sering dijumpai sebagai bahan campuran untuk berbagai produk kesehatan.

Untuk informasi lain terkait tips kesehatan maupun nutrisi dari makanan lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi Daya.id!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

LINDA BUDIYARTI

25 Januari 2021

Wah pas bgt buat saya yg sedang kram karena menstruasi. Thank you daya.id ?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS