Dirilis

05 Maret 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Pelukan merupakan ungkapan kasih sayang, karena pelukan bisa menyelamatkan Anda dari kesepian.

 

Pelukan termasuk hal yang sangat penting bagi kesehatan emosi. Berpelukan ternyata bisa membantu melepaskan serotonin, semacam ‘hormon anti-depresi’ alami di dalam tubuh kita. Seperti kata Deb Castaldo, PhD, seorang terapis keluarga di New York, Amerika Serikat, di rd.com, bahkan bayi yang tidak menikmati pelukan bisa merasa sangat depresi dan ada kemungkinan akan mogok makan.

 

“Untuk meningkatkan kesehatan dan memastikan kebahagiaan hubungan keluarga Anda, berpelukanlah,” kata Castaldo. Dia menyarankan peluk sampai Anda merasa rileks, minimal enam menit per hari. Silakan tambahkan kecupan kepada orang tersayang, agar Anda benar-benar siap berangkat kerja atau pergi menjalankan usaha.

 

Manfaat Pelukan Bersama Orang Terkasih

Pertanyaan, sudahkah Anda memeluk orang tua, istri, anak, atau orang terkasih di hati Anda hari ini? Jangan malu, jangan sungkan. Karena bukannya kita memang diajarkan untuk berpelukan sebagai ungkapan kasih sayang sejak kanak-kanak?

 

Jika Anda masih butuh alasan lain untuk kembali membiasakan diri, berikut ini beberapa manfaat yang mungkin bisa Anda bagikan juga kepada orang-orang terkasih:

 

1. Merasa Dicintai

Pelukan hangat dari orang tua saat kanak-kanak ternyata tersimpan di tingkatan sel tubuh kita. Dan pelukan yang kita terima saat dewasa akan mengembalikan memori unik tentang itu. Makanya tidak mengejutkan bila tubuh sangat menyukai pelukan, karena akan membuat kita merasa dicintai. Perasaan inilah selanjutnya bisa meningkatkan kepercayaan diri.

 

2. Lebih Tenang

Pelukan akan merangsang keluarnya hormon oksitosin, atau disebut juga hormon cinta, yang bisa meningkatkan rasa saling percaya dan koneksi antar pelakunya. Terri Orbuch, PhD, seorang pakar relasi di Amerika Serikat mengungkapkan di health.com, saat berpelukan, kita akan terhubung secara emosional dan fisik dengan orang lain. Dan itu bisa menenangkan.

 

3. Lebih Tahan Penyakit

Apakah Anda pernah berpikir berpelukan dapat membuat seseorang terbebas dari flu? Dalam sebuah penelitian di Carnegie Mellon University, Amerika Serikat menyatakan, orang dewasa yang sehat dan sering mendapat pelukan, cenderung lebih tahan terhadap serangan flu. Di sisi lain, orang yang sedang stres bahkan terpapar virus flu umum, mengalami penurunan risiko terinfeksi jika mereka mendapat dukungan sosial yang cukup dan sering berpelukan.

 

Jadi tunggu apa lagi? Segera peluk orang yang anda cintai untuk hidup lebih sehat dan bahagia.

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Wisnuwardhani, M.Psi.

Psikolog

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS