Dirilis

09 November 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Saat ini, media sosial sudah tidak dapat dipungkiri bahwa sangat menjamah di masyarakat. Media sosial tidak hanya sebagai sarana edukasi melainkan sebagai cara untuk menghabiskan waktu dikala penat bekerja. Media sosial seringkali digunakan untuk berbisnis ataupun sekedar berkomunikasi dengan teman. Media sosial memang memiliki manfaat positif seperti menambah pengetahuan tentang fenomena terkini, sarana promosi, tempat mendapatkan teman baru, sampai sarana untuk menuangkan opini atau pendapat.

Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan media sosial mulai disalahgunakan oleh pihak tertentu sehingga memiliki dampak yang negatif. Masyarakat terkadang menjadi semakin konsumtif dan mulai secara terus-menerus mengakses media sosial layaknya kebutuhan primer. Tidak jarang pula penggunaan media sosial mengganggu produktivitas sehari-hari, bahkan berujung pada tindak kriminal seperti penipuan. Banyaknya masyarakat yang memberikan identitas palsu di sosial media juga perlu untuk diwaspadai. Hal tersebut berguna untuk menghindari dampak negatif yang ada maka berikut adalah tips maksimalkan waktu bermain di media sosial:

1. Gunakan Media Sosial Sebagai Media Belajar
Pada masa kini, banyak startup atau bahkan gerakan pendidikan atau kemanusiaan yang mulai menyasar edukasi melalui media sosial yang notabene lebih banyak diakses oleh anak muda. Banyak video atau gambar yang diupload dengan tema pendidikan memiliki manfaat sebagai sarana belajar atau mempelajari hal-hal baru. Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan sebagainya sangat baik untuk berdiskusi tentang banyak hal. Misalnya, Facebook menyediakan fitur grup sehingga semua orang dapat berdiskusi dan saling beropini tentang banyak hal. Manfaatkan sebesar mungkin media sosial untuk menunjang proses pengembangan diri mulai dari ilmu pengetahuan, berbagi materi kuliah, koordinasi dalam organisasi, bisnis, dan lain-lain.

2. Media Sosial Sebagai Sarana Membangun Jaringan
Banyaknya media sosial yang beredar di internet seperti Instagram, Twitter, dan Facebook dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membangun jaringan yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai macam hal, misalnya saat mencari pekerjaan, menjalin rekan bisnis, mencari informasi penting dan lain sebagainya.

3. Media Sosial Sebagai Penunjang Produktivitas
Banyaknya sarana media sosial yang membuat individu menjamah setiap kalangan di dunia, membuat media sosial dapat menunjang produktivitas. Misalnya pengusaha makanan ingin menambah tenaga kerja, media sosial bisa dijadikan sebagai saranan penyebaran informasi dan proses perekrutan tenaga kerja sesuai spesifikasi yang diinginkan.

4. Media Sosial Sebagai Sarana Mengidentifikas Orang Lain
Hati-hati terhadap akun yang mencurigakan karena bisa jadi dapat merugikan Anda. Anda dapat memanfaatkan fitur ‘Block’ dan ‘Report as spam’ jika menemui akun yang mencurigakan atau mengganggu. Sehingga orang tersebut tidak akan bisa lagi melihat profil, mengirim pesan, atau melakukan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan Anda di media sosial.  

5. Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Diri
Anda pasti pernah mengunggah suatu hal di akun media sosal, namun perlu diingat bahwa segala sesuatu yang Anda unggah tidak mengandung usur SARA dan mencantumkan sumber konten jika hal tersebut merupakan hasil karya orang lain misalnya quotes atau sejenisnya. Pertimbangkan pula dampak unggahan kita, baik bagi diri sendiri atau orang lain, karena banyak kasus pencemaran nama baik berawal dari media sosial.

Maksimalkan waktu menggunakan sosial media dengan baik dan bijak agar mendukung produktivitas Anda.

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Farraas A. Muhdiar, M.Psi. M.Sc.

Psikolog Klinis Anak & Remaja

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS