Profil Ahli

dr. Ardiansyah Bahar

Dokter Umum

30 Pertanyaan Telah Terjawab

Mengambil program sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, sebelum melanjutkan pendidikan Magister di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Selain itu, Ardiansyah Bahar juga mengikuti berbagai program pelatihan di bidang kesehatan masyarakat untuk memperdalam ketertarikan dan pengetahuannya di bidang tersebut.

Aktif menjadi pengurus di Perhimpunan Dokter Umum Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia, terutama di bidang organisasi dan penanggulangan penyakit, membuatnya banyak terlibat dalam kegiatan sosial, pengabdian masyarakat, dan tanggap bencana.

Di tengah kesibukannya menjadi fasilitator berbagai kegiatan berbasis kesehatan masyarakat, ia masih meluangkan waktu untuk menjadi narasumber di banyak seminar serta publikasi, baik media cetak maupun elektronik.

Silahkan Bertanya

Ahli kami siap menerima pertanyaan seputar kesehatan Anda dan memberikan solusi yang tepat. Pertanyaan yang diajukan bersifat privasi sehingga hanya Anda dan ahli kami yang mengetahui.

Pertanyaan Anda

Pertanyaan Populer

Bila ada anggota keluarga yang mengalami demam, rasa lelah atau batuk kering, cari pertolongan pada sarana kesehatan dan ikuti perintah tenaga kesehatan. Bila diminta rawat di rumah dan Anda mampu, tempatkan anggota keluarga itu di ruang terpisah yang memiliki akses ke kamar mandi. Anggota keluarga itu harus memakai masker dan menghindari kontak dengan anggota keluarga lainnya dan tidak boleh meninggalkan rumah kecuali berobat.

Meski terisolasi, Anda masih dapat menunjukkan kasih sayang dan perhatian dengan tetap berkomunikasi via telepon atau WA, bantu mengerjakan tugas-tugasnya yang terbengkalai dan menyediakan makanan untuknya. Secara teratur bersihkan permukaan benda-benda atau bagian-bagian di rumah yang sering disentuh tangan dengan disinfektan termasuk kamar mandi yang digunakan anggota keluarga yang tengah diisolasi setiap selesai digunakan.

Para ahli masih mempelajari dampak virus COVID-19 terhadap manusia, tetapi sejauh ini lansia dan orang-orang yang sudah memiliki masalah kesehatan (seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit paru-paru, kanker atau diabetes) terindikasi mengalami sakit yang lebih parah. Akan tetapi bagi yang berusia muda, justru karena mobilitasnya tinggi, meskipun imun tubuhnya lebih bagus, tapi mereka justru berpotensi lebih besar sebagai carrier (pembawa) virus dan menularkannya ke orang lain. Oleh karena itu, semua kalangan mesti tetap waspada.

Virus Corona baru atau novel Coronavirus (nCoV) adalah jenis virus Corona baru yang menimbulkan penyakit yang bernama COVID-19. Sebelum dikenal sebagai COVID-19, penyakitnya dikenal sebagai virus Corona baru 2019 atau 2019-nCoV.
Virus Corona baru adalah virus baru, tapi mirip dengan keluarga virus yang menyebabkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan sejumlah influensa biasa. Virus Corona baru adalah virus pernapasan yang menyebar terutama melalui percikan (droplet) batuk atau napas orang yang sudah terinfeksi. Cara penularannya saat droplet itu kita sentuh dan masuk ke rongga tubuh (mulut, hidung, telinga dan mata). Untuk melindungi diri Anda, sering-seringlah mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau bila tidak tersedia, dengan cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60%). Selain itu, hindari kontak dekat dengan siapa pun yang batuk dan bersin.