Profil Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

77 Pertanyaan Telah Terjawab


Profesi sebagai dokter terhitung sejak tahun 2012. Praktek di beberapa klinik dan rumah sakit. Pengurus Pusat PDEI (Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia) dan PERDAWERI (Perhimpunan Dokter Anti Penuaan, Wellness, Estetik & Regeneratif Indonesia) 

Banyak terlibat dalam beragam kegiatan sosial kemasyarakatan di bidang kesehatan dan seminar-seminar tetang kesehatan, diantaranya: Penanganan Stroke Terkini, Penanganan Epilepsi dan Vertigo, International Symposium on Emergency, dan masih banyak lagi.

Saat ini aktif & menjabat sebagai:
  • Paragon Covid Consultant & Manager DD Healthcare Indonesia Timur (DD Klinik Makassar)
  • Terlibat di berbagai kegiatan di bidang kesehatan masyarakat 
  • Terlibat berbagai seminar berskala internasional

Dalam mengisi waktu luang hal yang sering dilakukan adalah membaca, mendengarkan musik & bernyanyi, fotografi, yoga, dan food enthusiast.

Silahkan Bertanya

Ahli kami siap menerima pertanyaan seputar kesehatan Anda dan memberikan solusi yang tepat. Pertanyaan yang diajukan bersifat privasi sehingga hanya Anda dan ahli kami yang mengetahui.

Pertanyaan Anda

Pertanyaan Populer

Banyak faktor yang menyebabkan keluhan kesemutan di bagian bawah tubuh, seperti asam urat yang tinggi, diabetes, penyakit ginjal, ataupun karena menggunakan sepatu yang sempit. Untuk menggetahui pasti diagnosis yang anda derita maka saya sarankan anda datang ke dokter agar langsung dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium agar dapat menentukan pengobatan lebih lanjut.

 

Belum bisa dipastikan seperti itu. Penularan melalui darah ataupun cairan tubuh terjadi pada Hepatitis B dan C. Akan tetapi, ada juga Hepatitis A yang penularannya lewat makanan atau minuman yang terinfeksi. Oleh karena itu, tetap mesti waspada dengan menjaga kebersihan makanan, minuman, dan tangan kita.

Bersin maupun batuk sebenarnya juga memiliki etika. Hal ini dibutuhkan agar mengurangi potensi penularan kepada orang lain. Pada umumnya, orang akan bersin ataupun batuk dengan menutup hidung dan mulut dengan kedua telapak tangan. Hal ini kurang tepat karena kuman akan menetap di tangan dan bisa berpindah ke orang lain saat berjabat tangan. Sebaiknya saat bersin ataupun batuk, hendaknya menggunakan lipatan lengan untuk menutup mulut dan hidung.