Dirilis

05 Maret 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Tumbuh Usaha

Setelah Anda mengambil langkah untuk memulai suatu usaha, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat usaha tersebut tetap bertahan sehingga tidak gulung tikar. Untuk itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Biasanya orang akan menggunakan iklan di flyer atau memasang banner. Tapi untuk membuat usaha berkembang dan tetap bertahan, Anda tidak bisa hanya mengandalkan iklan. Berikut beberapa kiat yang Anda butuhkan agar usaha yang baru Anda mulai senantiasa dapat berkembang dan bertahan:

1. Bagikan contoh produk gratis
Siapa diantara Anda yang tidak menyukai kata gratis. Jika diberi barang secara gratis, kemungkinan Anda akan merasa senang. Hal ini dapat dijadikan cara bagi Anda yang baru memulai usaha. Jika barang Anda berupa produk, Anda dapat memberikan contoh produk atau sampel secara gratis kepada calon konsumen. Memang hal ini membutuhkan lebih banyak modal. Namun dengan memberikan sampel secara gratis, hal tersebut akan membuat calon pembeli menanamkan produk Anda di dalam pikiran mereka. Hal tersebut juga menjadi awal pengenalan usaha Anda kepada masyarakat luas.

2. Komentar dan saran
Usai memberikan contoh produk, jangan lupa untuk meminta komentar dan saran kepada orang yang Anda berikan contoh produk. Tanyai mereka apa kelebihan serta kekurangan dari produk Anda. Anda juga dapat meminta saran dari orang di sekitar. Sehingga Anda dapat menjadikan hal ini sebagai bentuk evaluasi demi pengembangan produk, agar dapat menjadi produk yang lebih baik.

3. Citra merek di media sosial
Sebuah usaha biasanya memiliki website khusus yang menampilkan barang dagangan mereka. Daripada harus bersusah payah membuat suatu website dan mengeluarkan dana yang tidak sedikit, lebih baik Anda mengelola akun di media sosial. Buatlah akun Facebook, Instagram, serta akun media sosial lainnya. Kelola dengan baik, unggah foto produk dengan kualitas yang bagus dan juga caption yang menarik, agar calon pembeli tertarik dengan produk yang Anda jual. Anda juga dapat membuat video seputar usaha Anda agar calon pembeli dapat lebih mengenal tentang produk Anda. Membayar artis untuk mempromosikan usaha di media sosial juga menjadi pilihan yang tepat, agar usaha Anda makin dikenal dan diminati banyak orang.

4. Ikuti kelas dan pelatihan usaha
Dalam memulai dan menjalankan suatu usaha, hal terpenting adalah selalu berani mencoba. Meskipun sudah melakukan segalanya dengan baik, Anda tetap harus memikirkan bagaimana ke depannya. Dampak buruk apa yang dapat terjadi pada usaha Anda di masa depan. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk rutin mengikuti kelas pelatihan usaha. Hal ini agar Anda selalu mendapatkan inspirasi dan pengetahuan baru tentang usaha, dan agar mencegah Anda salah mengambil langkah dalam menjalankan usaha Anda.

Semangat, dan jangan lupa tanamkan empat kiat di atas dalam perjalanan usaha Anda. Semoga sukses.

Sumber:

Modul Bank BTPN Pemasaran - Meningkatkan Usaha

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Nawawi

14 July 2024

Muantap

Balas

. 0

Ardhan Ashary Nasution

23 November 2023

Keren informasi nya ??

Balas

. 0

Junaedi

10 February 2023

??

Balas

. 0

Lucky Lombu

27 March 2018

Menarik

Balas

. 0

oky setiarso

15 March 2018

berarti kalau memberi contoh gratis, perlu modal menyiapkan produk contohnya. bagaimana masukannya?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS