Dirilis

12 Juni 2023

Penulis

Jenny Amanda

Ada 5 bentuk tubuh manusia, yaitu bentuk tubuh pear, apel, segitiga terbalik, penggaris, dan jam pasir. Jenis mana yang mirip dengan bentuk tubuh Anda? 

Baca juga: Olahraga Menurunkan Berat Badan 1 Kg Sehari, Memang Bisa?

Masing-masing bentuk tubuh bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Makanya, Anda perlu mengenal bentuk tubuh Anda sendiri. Karena dengan mengenal jnis bentuk tubuh, Anda bisa mengatisipasi berbagai risiko kesehatan yang mungkin menyerang.

 

Jenis Bentuk Tubuh

Coba lihat ke cermin, dan bandingkan tubuh Anda dengan kelima bentuk tubuh berikut:

  1. Bentuk tubuh pear: Penuh pada bagian bawah (pinggul)
  2. Bentuk tubuh apel: Lebih cenderung bulat di tengah
  3. Segitiga terbalik: bagian bahu dan dada lebar, serta bokong dan pinggang yang ramping.
  4. Penggaris: Tubuh yang berbentuk lurus dari atas sampai ke bawah 
  5. Jam Pasir: Pada bagian dada serta pinggu proposional akan tetapi ramping di bagian tengah.


Apapun bentuk tubuh Anda, ketahuilah, faktor genetik sangat menentukan bentuk tersebut. Jadi, tidak ada bentuk yang lebih unggul dibanding yang lain. Walau, bentuk tubuh bisa mempengaruhi risiko kesehatan yang mungkin saja terjadi. 

Menurut Elena Borukh, dokter spesialis penyakit dalam dari MD Cleveland Clinic, risiko antara kesehatan dengan bentuk tubuh memang saling berkaitan, terutama pada risiko obesitas dan diabetes.

Bentuk tubuh bisa menjadi gambaran atau tentang indikasi kesehatan seseorang. Risiko pada kesehatan yang dialami akibat bentuk tubuh lebih banyak dipengaruhi dua faktor yaitu, distribusi berat badan di dalam tubuh dan indeks massa tubuh (IMT). 

 

Risiko Kesehatan Menurut Bentuk Tubuh

Mengutip dari Cleveland Clincic, berikut adalah risiko kesehatan yang mungkin saja dapat terjadi dengan berdasarkan bentuk tubuh seseorang:

 

1.    Bentuk tubuh pear (pir)

Seseorang dengan bentuk tubuh seperti buah pir memiliki bagian atas yang ramping, pinggul atau bokong yang lebih berisi. Bentuk tubuh seperti pir berisiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, dan bisa terkena varises atau osteoartiristis di area persedian bagian bawah. Hal ini dapat terjadi apabila bobot tubuh lebih banyak memberikan tekanan pada kaki.

 

2.    Bentuk tubuh apel dan diabetes

Bentuk tubuh seperti apel cenderung mengalami obesitas akibat distribusi pada lemak tubuh yang terpusat pada bagian tengah perut. Tentunya kondisi ini tidak hanya meningkatkan risiko obesitas, akan tetapi juga berbagai macam penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung dan diabetes. 
Pengendalian pusat dan pencegahan penyakit di AS (CDC) menyatakan, seseorang, khususnya wanita dengan lingkar pinggang melebihi dari 89 cm serta pria di atas 100 cm, kemungkinan mengalami risiko obesitas.

 

3.    Bentuk tubuh setiga terbalik

Seorang dengan tubuh segitiga terbalik cenderung lebih banyak menahan beban pada bagian tubuh atas yang terlalu lebar dibandingkan perut atau pinggul. Ketika seseorang membawa lebih banyak beban pada bagian atas, kemungkinan dapat terkena penyakit seperti nyeri punggung, leher, dan bahu.
 
Baca juga: Jenis-Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Bersama Lansia

 

4.    Tubuh penggaris

Seseorang yang memiliki tubuh berbentuk penggaris mungkin lebih rentan memiliki tulang yang lebih kecil dan tipis. Risiko kesehatan yang dapat menghantui seperti patah tulang dan osteoporosis. Akan tetapi, risiko tersebut dapat dicegah dengan latihan yang dapat merangsang pertumbuhan tulang serta pemenuhan nutrisi seperti kalsium dan vitamin D yang mencukupi.

 

5.    Bentuk tubuh jam pasir

Seseorang yang memiliki bentuk tubuh jam pasir, cirinya adalah pada bagian tubuh atas dan bawah yang sama-sama lebih besar, akan tetapi ramping di bagian tengahnya atau pinggang. 

Bentuk tubuh jam pasir memiliki risiko dapat terkena penumpukan lemak visceral karena distribusi penimbunan lemak yang tidak merata pada bagian seluruh tubuh. Risiko perut yang buncit tentunya juga akan lebih tinggi jika indeks massa tubuh seseorang lebih tinggi dari 25 poin.

Nah! Sudah tahu ya, bentuk tubuh seseorang berbeda-beda dengan efek dan risiko terhadap kesehatan. Kenalai bentuk tubuh Anda agar Anda bisa mengantisipasi risiko kesehatan yang bisa muncul.

Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan terkait informasi, serta kondisi pada kesehatan Anda, jangan ragu silahkan berkonsultasi dengan ahlinya di Fitur Tanya Ahli untuk mendapatkan saran yang tepat. Dan silahkan Daftar serta login di Daya.id untuk mendapatkan infomasi dan tips yang bermanfaat terlebih lagi secara gratis loh.

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.8

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

suparti

15 Juni 2023

bagus

Balas

. 0

Salmizah

14 Juni 2023

Bagus

Balas

. 0

Rasidah

14 Juni 2023

Keren

Balas

. 0

Anggraini

14 Juni 2023

Menarik

Balas

. 0

Qodri Perdana

14 Juni 2023

Interesting

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS