Dirilis

30 Mei 2018

Penulis

Indonesia Sport Medicine Center

Berbicara tentang masalah kesehatan global "jaman now", bukan rahasia lagi kalau berbagai penyakit degeneratif merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Apa itu penyakit degeneratif? Penyakit yang terjadi akibat proses penuaan. Ternyata saat ini penyakit tersebut juga banyak ditemukan pada pasien berusia 30 tahunan.

Penyakit degeneratif yang dimaksud adalah penyakit darah tinggi (hipertensi), penyakit kencing manis (diabetes mellitus), penyakit kolesterol (dislipedemia), penyakit jantung, hingga penyakit stroke. Penyakit tersebut juga terjadi karena faktor gaya hidup yang tidak aktif. Sebagai info tambahan, WHO menemukan gaya hidup tidak aktif merupakan penyebab kematian nomor 4 tertinggi di dunia.

Latihan Fisik adalah Obat
Berkaitan dengan gaya hidup tidak aktif tersebut, sejak tahun 2007, suatu organisasi bidang kedokteran olahraga di Amerika Serikat menggaungkan gerakan “Exercise is Medicine” atau bila diterjemahkan, latihan fisik atau olahraga adalah obat. Apakah benar latihan fisik dapat berperan seperti obat yang dapat menyembuhkan penyakit?

Jawabannya adalah ya! Penelitian sudah membuktikan, bila dilakukan dengan benar, latihan fisik memiliki efektivitas yang sama dengan obat-obatan saat ini, dalam mencegah terjadinya penyakit, serta terjadinya komplikasi akibat diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, ataupun stroke.

Penelitian lain menunjukkan, individu yang memiliki kebugaran fisik yang rendah, memiliki angka risiko kematian yang lebih tinggi, bahkan ketika dibandingkan dengan individu yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) ataupun diabetes mellitus.

Menyadari hal tersebut, sudah jelas bahwa latihan fisik seharusnya menjadi bagian hidup kita yang tidak dapat dipisahkan. Maka itu, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui program latihan fisik yang sesuai untuk Anda.

Sumber:

Indonesia Sport Medicine Center

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS