Dirilis

02 Januari 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Tumbuh Usaha

Ke mana perginya uang Anda setelah gajian?

Sebagian orang cenderung langsung menggunakan uang gajian untuk membayar tagihan utang dan untuk belanja. Sisanya baru ditabung. Padahal yang baik justru sisihkan dulu untuk menabung, baru sisanya digunakan untuk berbagai keperluan. Kenapa? Sederhana saja. Anda pasti akan punya kebutuhan lain di kemudian hari. Dan sebaiknya Anda juga punya simpanan uang saat dalam keadaan darurat.

Merasa susah menabung? Oke, sebagai bantuan, berikut ini beberapa kiat yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Biar Kecil Asal Teratur
Menabung tidak perlu dalam jumlah besar. Di awal Anda bisa menyisihkan sedikit dulu, mulai dari nominal kecil, namun teratur, agar lama-lama terbangun kebiasaan menabung dalam diri. Seberapa kecil? Sesuaikan dengan komitmen pribadi. Mau Rp5.000, Rp20.000, atau Rp100.000, Anda yang menentukan.

2. Tabungan Jangan Dipakai
Jika pendapatan sudah dibagi untuk menabung dan memenuhi kebutuhan harian, baru sisanya Anda gunakan untuk senang-senangan. Tapi dijaga jangan sampai tabungan terpaksa dipakai karena porsi senang-senang dilakukan melebihi anggaran.

3. Belanja Tak Perlu Mahal
Pergi ke luar kota atau luar negeri dan memberi barang mahal sebenarnya sah-sah saja, asal biaya yang dikeluarkan sesuai dengan kantong. Tapi jika anggaran Anda belum mencukupi, coba siasati. Misalnya dengan membeli barang eletronik bekas yang masih layak pakai di toko online, atau membeli sepatu saat ada promo diskon menarik.

Dari semua itu, yang terpenting Anda harus coba mengubah cara berpikir, dengan menabung Anda tetap dapat bersenang-senang. Jangan jadikan hal itu sebagai beban hidup. Jadikanlah itu kebiasaan yang mendatangkan kesenangan serta kebaikan di kemudian hari.

Selamat menabung.

Sumber:

Tim Riset Daya Tumbuh Usaha

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

putra astaman

20 November 2021

Informasi

Balas

. 0

Lucky Lombu

09 Pebruari 2018

Menarik banget tipsnya.

Balas

. 0

Ivan Limanjaya

02 Pebruari 2018

Bisa nabung & bisa belanja = LIFE GOALS!

Balas

. 0

Mohammad Rizky Yudho

03 Januari 2018

Mantap infonyaa

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

Artikel Terkait

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS