Dirilis

09 Maret 2018

Masalah keuangan ternyata menjadi ketakutan terbesar sebagian orang. Jika Anda merasakan hal yang sama, cobalah atasi dengan perencanaan keuangan yang sesuai.

Yang penting jangan biarkan ketakutan itu sampai menghantui, apalagi kalau semua itu belum terjadi dan Anda masih bisa menghindari. Nah, untuk membantu Anda, berikut ini empat masalah keuangan yang sering dihadapi sebagian orang, dan cara mengatasinya:

1. Tidak Memiliki Cukup Uang Untuk Rencana di Masa Depan

Keinginan untuk jalan-jalan, menikah, atau mengembangkan usaha di masa depan tentu membutuhkan persiapan materi yang tidak sedikit. Maka itu sebenarnya wajar jika Anda khawatir, ‘Apakah Anda akan mampu mengumpulkan uang untuk mewujudkan hal tersebut, dan berapa lama.’

Solusi:
Mulailah menghitung berapa dana yang Anda butuhkan, lalu sisihkan dari sekian persen pendapatan, dan jaga komitmen terhadap hal tersebut.

Menyoal komitmen, pernahkah Anda gagal mencapai keinginan karena dana yang sedang disiapkan ‘tak sengaja’ terpakai? Nah, saran untuk Anda, cobalah manfaatkan fitur tabungan yang bisa menyimpan dana secara otomatis. Ya, seperti Dream Saver dari produk tabungan digital Jenius keluaran Bank BTPN. Selain bunganya menarik, Anda bisa memilih setoran secara harian, mingguan, atau bulanan.

2. Hidup dari Gaji ke Gaji

Ini bisa karena banyak hal. Misalnya karena gaya hidup yang menyebabkan pengeluaran tambahan, karena Anda menikah, atau karena hal lainnya.

Solusi:
Mulai buat prioritas: Apa yang Anda utamakan saat ini, apa yang ingin diraih, lalu fokuskan perencanaan keuangan Anda di situ. Kurangi pengeluaran yang tidak mendukung prioritas Anda di awal tadi.

Jika perlu, manfaatkan fitur Card Center dari Jenius, yang bisa membantu Anda mengalokasikan dana sesuai kebutuhan, membaginya menjadi lima kartu debit, serta mengatur limit transaksi dan tarikan tunai kartu debit tersebut.

3. Kejadian Tidak Terduga yang Menguras Isi Rekening

Kita tidak pernah bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Entah itu penyakit yang membuat Anda harus masuk rumah sakit, mobil yang harus masuk bengkel, atau bahkan masalah yang membuat Anda kehilangan penghasilan.

Solusi:
Coba alokasikan dana sedikit demi sedikit setiap hari. Bisa berapa pun, misalnya Rp5.000 per hari, atau lebih, sesuai keinginan. Bisa juga ketika Anda menerima pendapatan tambahan, langsung disimpan. Misalnya menyimpan di Flexi Saver dari Jenius, tabungan fleksibel tanpa ikatan waktu tapi berbunga menarik, sehingga dana bisa Anda tarik kapan saja dibutuhkan. Idealnya, Anda memiliki simpanan senilai 6 bulan gaji Anda.

4. Tidak Memiliki Simpanan Hari Tua

Takut tidak memiliki cukup uang untuk hari tua, dan malah membebani anak serta keluarganya, merupakan salah satu ketakutan yang umum dirasakan para calon pensiunan. Anda yang masih berusia 30-40an mungkin memiliki ketakutan yang sama?

Solusi:
Tidak ada kata terlambat untuk memulai simpanan jangka panjang atau berinvestasi. Pelajari bentuk investasi apa yang cocok untuk Anda, lalu pilih yang sesuai. Kalau ragu, Anda bisa mulai meminta saran financial planner di kolom Tanya Ahli.

Dan sebagai pilihan, coba ambil deposito berjangka Maxi Saver dari Jenius. Anda bisa mendapat bunga hingga 6% per tahun, dengan simpanan mulai dari Rp10.000.000 dan pilihan tenor dari 1 hingga 12 bulan.

Ayo mulai membuat perencanaan keuangan, agar ketakutan Anda tidak benar-benar terjadi.
 

Sumber:

www.jenius.com

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS