Dirilis

16 Oktober 2022

Penulis

Peni hidayah

Semua orang pasti mau kekayaannya bertambah. Sudah bukan rahasia umum lagi, orang memilih berinvestasi untuk mencapai keinginannya, menyimpan uang saat dan ingin mendapat keuntungan di masa depan. 

Di sisi lain, ada orang yang ingin berinvestasi, tapi tidak berani ambil dengan alasan butuh modal yang besar, merasa takut atau khawatir kalau nanti bisa rugi dan dan kalau pun untung, butuh waktu lama untuk memperolehnya.

Investasi itu bisa dilakukan oleh siapa saja dengan modal kecil pun bisa dilakukan. Karena ada banyak jenis atau instrumen investasi yang bisa Anda manfaatkan. 

 

Investasi Modal Kecil

Jadi bagi Anda yang ingin berinvestasi tapi masih khawatir, berikut adalah jenis investasi dengan modal kecil, namun menguntungkan yang bisa Anda manfaatkan.

 

1.    Investasi properti sistem online

Investasi properti identik dengan jenis investasi modal yang cukup besar atau butuh uang segepok. Tapia da investasi properti, seperti rumah, tanah, ruko, apartemen, kondominium, dan lainnya dapat dilakukan dengan dana Rp 100 ribu. Investasi properti yang dimaksud adalah investasi property sistem online. Contoh investasi properti online yang dapat dijalankan serta menguntungkan dengan modal kecil, yakni property equity crowdfunding.

Property equity crowdfunding adalah investasi properti patungan bersama investor lain melalui platform atau aplikasi yang menyediakan layanan tersebut. Ini adalah investasi properti online yang murah karena tidak perlu modal besar seperti membeli properti offline.

Misalnya jika Anda ingin investasi properti dengan membeli rumah seharga Rp 1 miliar. Anda cukup tanam modal sebesar 1% dari harga properti tersebut atau sebesar Rp 10 juta, kemudian sisa investasi akan datang dari investor lain. Cukup murah bukan?

 

2.    Investasi Reksa dana

Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang dapat Anda pilih untuk para pemodal kecil dan ini juga cocok untuk pemula yang ingin mencoba berinvestasi.

Cukup banyak perusahaan reksa dana yang memberikan syarat minimum investasi dengan nominal yang rendah yaitu sekitar 100ribu rupiah. Reksa dana Jenius Bank BTPN bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan modal yang kecil.

Jadi nominal uang yang Anda investasikan tersebut akan diputarkan oleh perusahaan reksa dana dan Anda tinggal menuggu hasil bunga dengan masa tenor yang juga sudah dijanjikan. Jadi selain murah, mudah juga bukan?

 

3.    Investasi Deposito

Deposito adalah salah satu produk simpanan perbankan. Tetapi deposito bisa Anda jadikan sarana investasi yang menguntungkan di bank, karena tingkat suku bunganya lebih besar dibanding tabungan, sekitar 5%-6% per tahun.

Investasi deposito itu bisa dibilang minim resiko. Sebab, deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) jika simpanan Anda sampai dengan Rp 2 miliar.

Nomimal setoran deposito saat ini ada yang menawarkan mulai dari Rp 1 juta. Sedangkan tenor deposito, yaitu mulai dari satu sampai 24 bulan. Anda ingin membuka deposito? Anda bisa memanfaatkan fitur Maxi Saver di Jenius lho.

Baca Juga: Tips Untung Investasi Dengan Deposito

 

4.    Investasi Emas

Investasi emas yang menguntungkan pada saat ini adalah investasi emas secara online. Membeli emas melalui marketplace atau e-commerce maupun menabung emas secara online dapat Anda lakukan di aplikasi investasi emas, seperti Antam dan Pegadaian.

Investasi emas online modalnya kecil dan disebut “receh”. Investasi ini dimulai dari Rp 5 ribu, bahkan ada yang menawarkan emas seberat 0,0001 gram dengan harga Rp 100,-. Jika investasi emas dijalankan dalam jangka waktu panjang, ini mampu memberi return hingga 12% per tahun.

 

5.    Ivestasi Crypto

Jenis investasi ini cukup popular saat ini. Investasi crypto adalah investasi mata uang digital yang tersedia di dunia maya, seperti bitcoin ethereum, ripple, litecoin, dogecoin, mrai, dashcoin, dan sebagainya. Trading cryptocurrency bisa dimulai dari modal sebesart Rp 10 ribu.

Investasi crypto dianggap menguntungkan karena harganya bisa naik tinggi yang membuat pemiliknya mendapat untung besar. Namun ini semua sebanding dengan risikonya, di mana Anda bisa rugi dalam sekejap akibat fluktuasi yang sangat cepat.

Anda tidak perlu ragu untuk mengambil investasi ini, karena perdagangan aset crypto di bursa berjangka Indonesia sudah legal atas izin Bappebti. Artinya aset crypto ini masuk ke dalam kategori sebagai komoditas, sama seperti karet, teh, kopi, dan lainnya. Tapi Anda harus mengenal investasi crypto terlebih dahulu ya sebelum menjalankannya.

Bagaimana, sudah jelas bukan investasi apa saja yang bisa dijalankan dengan modal kecil? Silakan tentukan investasi apa yang ingin Anda jalankan. Lakukan secara konsisten juga disiplin agar Anda mendapatkan hasil atau imbal balik dengan nominal yang besar. Selamat mencoba!

Jika dalam terdapat kesulitan saat menjalankannya, Anda bisa berkonsultasi bersama ahlinya di website www.daya.id. Anda juga bisa mendapatkan info usaha dan keuangan lainnya secara gratis website www.daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

20 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

JUWENAH

08 Desember 2023

Semangat buat investasi

Balas

. 0

Siti Maesaroh

19 Juni 2023

Infonya ok

Balas

. 0

Wendi Purwanto

10 Maret 2023

👍

Balas

. 0

Asril

06 Januari 2023

👍

Balas

. 0

Sri Mulharyanto

23 November 2022

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS