Dirilis

07 Oktober 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Menyimpan uang adalah salah satu cara untuk bisa bertahan hidup di masa mendatang. Caranya ada dua, bisa dengan menabung atau bisa juga investasi. Dua hal tersebut memang seolah sama saja namun nyatanya menabung beda dengan investasi. Perbedaan investasi dan menabung yang paling terlihat adalah jangka waktunya. Agar bisa lebih jelas lagi akan ada ulasan singkat tentang beda dari menabung dan investasi di bawah ini.


Perbedaan Investasi dan Menabung, serta  Contohnya

Meski sama-sama menyimpan uang namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Agar tidak bingung mari simak ulasannya berikut ini:


1. Dilihat dari Fungsinya

perbedaan investasi dan menabung dari segi fungsi
Jika dilihat dari fungsi, menabung digunakan untuk alokasi dana cadangan. Jadi uang tabungan digunakan untuk berjaga-jaga mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jadi tabungan ini menggunakan media yang lebih mudah diakses oleh pemiliknya. 
Sementara pada investasi, menyimpan uang dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.  Keuntungan tersebut bisa diperoleh dari bunga uang simpanan, yang akan terlihat jika sudah berjalan 3 sampai 5 tahun. Contoh implementasinya, adalah seperti ini:

Anda menabung secara rutin menyisihkan gaji di tabungan, misalnya Rp500.000 setiap bulan. Nantinya, uang tabungan ini bisa Anda ambil sewaktu-waktu jika ada keperluan mendesak. 

Sementara itu, untuk investasi, contohnya adalah Anda yang bisa berinvestasi di berbagai instrumen seperti emas. Anda akan berinvestasi dengan jumlah uang tertentu untuk membeli emas. Kemudian investasi emas tersebut Anda biarkan dalam jangka waktu 3 tahun baru Anda cairkan menjadi uang dan harga emas sudah naik dan Anda mendapatkan keuntungan setelah 3 tahun berinvestasi. 


2. Dilihat dari Segi Risiko

Dilihat dari risiko, perbedaan investasi dan menabung juga terlihat jelas. Dalam menabung risiko lebih kecil daripada risiko pada investasi. Hal ini karena menabung menggunakan media dengan keamanan yang terjamin seperti bank. Saat uang tabungan hilang, pihak bank akan menggantinya, misalnya hilangnya uang tabungan dikarenakan ada pencurian atau hacker yang meretas sistem bank.

Berbeda dengan investasi, yang bisa dibilang lebih berisiko uang hilang tidak akan kembali. Bahkan dapat dikatakan juga uang bisa kapan saja menghilang dan tidak akan bisa kembali lagi. Memilih tempat investasi perlu ketelitian agar tidak sampai terjadi hal yang merugikan. 


3. Bentuk dan Jenis Produk

perbedaan investasi dan menabung dari segi produk
Bentuk dan jenis produk dari menabung dan investasi juga berbeda. Dalam menabung yang digunakan atau yang disimpan adalah uang. Bisa menyimpan pada bank maupun koperasi. Sementara untuk investasi ada banyak instrumen yang tersedia dan dipilih mana yang cocok. 

Contoh produk tabungan yang bisa dipilih misalnya adalah produk tabungan dari Bank BTPN. Sementara itu, untuk contoh investasi diantaranya adalah investasi saham, investasi emas, investasi properti, dan sebagainya. 


4. Akses Simpanan

Perbedaan investasi dan menabung selanjutnya adalah dilihat dari akses penyimpanan. Untuk tabungan,  akses untuk mendapatkan uang yang disimpan bisa ada dimana saja dan bisa diambil kapan saja. Dana tabungan bisa diakses kapan saja tanpa ada batasan dalam pengambilan. Jika tabungan ada di bank maka bisa mengambil lewat mesin ATM. 

Sementara untuk investasi, setelah uang diinvestasikan maka uang tersebut tidak bisa diakses atau diambil secara tiba-tiba karena investasi baru bisa diambil sesuai dengan jangka periode pengambilan. Jangka periode tersebut memang dibuat agar investor bisa mendapatkan keuntungan di masa yang sudah ditentukan.


5. Jangka Waktu

Menabung adalah cara menyimpan uang dalam jangka pendek. Inilah yang membuat tabungan jadi mudah diakses atau diambil kapan saja dibutuhkan. Jadi tabungan ini dibuat agar bisa mengelola keuangan jadi lebih teratur dan tidak berantakan.

Sementara untuk investasi, ini adalah cara menyimpan uang dalam jangka panjang. Uang yang sudah diinvestasikan tidak bisa diambil sewaktu-waktu karena biasanya pada investasi ada jangka periode pengambilan, selama jangka tersebut ada bunga yang menjadi keuntungan dari investasi itu sendiri. 

Nah, demikian ulasan singkat perbedaan investasi dan menabung beserta contohnya. Meski berbeda, namun baik investasi ataupun menabung sama-sama bertujuan agar seseorang bisa memiliki kondisi finansial yang stabil dan sehat di masa depan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pakar perencana keuangan dari Daya.id seputar investasi dan menabung selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

14 Oktober 2021

Mantab

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

08 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Septi Ulandari

07 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS