Dirilis

29 Januari 2022

Penulis

Peni hidayah

Apakah Anda sudah bisa dikatakan merdeka finansial? Apa sih merdeka finansial itu? Bagaimana caranya bisa merdeka finansial dan seperti apa ya contohnya?

 

1.    Apa itu Financial Freedom

 
Merdeka finansial atau financial freedom kondisi dimana kita tidak dipusingkan lagi dengan kondisi keuangan, sudah berhasil memenuhi keuangan hidup baik pribadi maupun keluarga dan bebas menjalani hidup tanpa perlu lagi berpikir darimana bagaimana membayar pengeluaran sehari-hari.

Melihat definisi diatas, bagaimana? Apakah Anda sudah bisa dikatakan merdeka finansial?

Tentunya semua orang ingin meraih hal tersebut, dan hal ini bisa tercapai apabila orang tersebut mau belajar dan bekerja keras.

Seperti apa contoh orang-orang yang sudah merdeka finansial?

 

2.    Contoh Dikatakan Mencapai Financial Freedom

Berikut contoh kondisi dikatakan seseorang mencapai financial freedom:

 

a.    Tenang dengan masa depan anak karena memiliki dana pendidikan

Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak? Urusan pendidikan anak menjadi hal utama agar memiliki masa depan yang baik. Kita tahu ya kalau uang pendidikan makin lama makin meningkat. Menurut pakar keuangan asal Amerika Serikat Robert T. Kiyosaki, orang yang merdeka finansial biasanya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari dana pendidikan yang kenaikannya 6-20% per tahun. Mereka juga memanfaatkan instrumen  investasi seperti asuransi pendidikan, tabungan pendidikan, deposito, reksa dana, ataupun saham.

 

b.    Punya asuransi kesehatan sampai jiwa

Pada umumnya orang yang merdeka finansial biasanya telah memiliki proteksi diri dengan asuransi, misalnya kesehatan dan jiwa. Kenapa asuransi menjadi perlu dan wajib? Proteksi asuransi bisa membantu Anda untuk meminimalkan risiko apabila ada kejadian bencana yang terjadi dan membuat Anda menjadi tidak lagi produktif.

 

c.    Sudah siap dana pensiun untuk hari tua nanti

Cukup banyak orang yang khawatir akan nasibnya ketika pensiun nanti. Tapi tidak bagi orang yang merdeka finansial, karena sudah menyiapkan dana pensiun hari tua yang memadai.
Cukup banyak pilihan yang bisa Anda manfaatkan dalam mempersiapkan dana pensiun, seperti Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan atau reksadana.

 

d.    Tenang menghadapi hari esok dengan berinvestasi

Uang yang didiamkan begitu saja jelas tidak menguntungkan. Apalagi, jika Anda menabung uang tiap bulannya di bank sudah tentu akan terpotong biaya administrasi. Ditambah inflasi yang lebih sering naik daripada turun. Nah, di sinilah investasi dapat mengamankan uang yang Anda miliki tidak menguap tandas dan tidak tahu ke mana perginya. Biasanya orang yang merdeka finansial sudah berinvestasi sejak jauh-jauh hari menyimpan uang dalam bentuk investasi.

Sudah tahu apa itu merdeka finansial dan contohnya seperti apa, selanjutnya bagaimana caranya untuk bisa mencapai merderka finansial?

 

3. Cara Mencapai Financial Freedom


 

a.    Tentukan tujuan hidup

Setiap orang mempunyai tujuan hidup yang berbeda-beda, jadi jangan paksakan diri untuk meniru gaya hidup orang lain. Menentukan tujuan hidup secara finansial akan menghindari kita pada hal-hal yang tidak diperlukan. Semakin spesifik tujuan hidup Anda, semakin tinggi juga kemungkinan tercapainya.

 

b.    Buat anggaran keuangan yang jelas

Hal ini juga merupakan rutinitas yang memperkuat tujuan Anda untuk merdeka finansial dan memperkuat tekad dari godaan untuk berbelanja secara berlebihan. Anggaran keuangan yang jelas ini akan mempermudah Anda membuat perkiraan jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai merdeka finansial.

 

c.    Komitmen menjalankan hidup sesuai kemampuan

Miliki prinsip untuk tidak memaksakan diri dalam menjalani hidup. Buang gengsi dalam diri kita. Untuk mencapai merdeka finansial, tidak harus menjadi kaya terlebih dahulu. Keluarga menengah pun jika menjalankan hidup sesuai kemampuan dan selama mereka bisa membelanjakan sedikit dari penghasilan yang dimiliki, mereka juga bisa mencapainya.

 

d.    Potong anggaran yang tidak perlu

Lihat dan lacak pengeluaran Anda. Selanjutnya pangkas pengeluaran Anda yang tidak penting atau masih bisa dialihkan untuk berinvestasi atau menabung. Tidak hanya pengeluaran kecil, pengeluaran besar pun jika itu bisa dipangkas, segera lakukan karena akan sangat memberikan pengaruh yang signifikan.

 

e.    Buat rencana untuk lunasi utang

Jika Anda masih memiliki utang maka Anda belum bisa merdeka finansial. Cara termudah untuk melunasi utang adalah dengan fokus pada rencana pelunasan satu per satu utang yang Anda miliki. Pilihlah utang dengan nominal terkecil atau yang paling penting untuk didahulukan pelunasannya, agar Anda terhindar dari masalah yang lebih besar, serta dapat membangun momentum dan motivasi diri Anda lebih dulu baru utang dengan nominal besar perlahan dilunasi.

 

f.    Siapkan tabungan untuk dana darurat


Dana darurat disiapkan agar bisa mencegah Anda berutang ketika situasi yang buruk terjadi, salah satu caranya dengan membuat tabungan otomatis. Untuk memudahkan Anda dalam mempersiapkan tabungan dana darurat Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada pada rekening digital Jenius keluaran Bank BTPN.

Baca juga: Pentingnya Mempersiapkan Dana Darurat

Setiap orang punya kesempatan dan bisa mencapai kesuksesan finansial seperti tenang untuk masa depan anak, sudah memproteksi diri sejak dini, tenang untuk hari tua, dan siap menghadapi hari esok. Semua bisa tercapai jika Anda mempersiapkannya sejak dini menjalankan keenam cara yang ada. Jika ada hal yang ingin Anda tanyakan seputar finansial, silakan berdiskusi dengan ahli perencana keuangan di website daya.id. 

Untuk mendapatkan informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id Anda bisa mendapatkan semua informasi usaha dan keuangan yang bisa diakses secara gratis dan sangat mudah. Jadi, segera kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS