20 Agustus 2018
Dirilis
Penulis
Tim Daya Tumbuh Usaha
Istilah crowdfunding mungkin sudah tak asing di telinga Anda. Secara bahasa, istilah ini berarti pendanaan proyek dengan cara mendapatkan uang dari sejumlah orang. Banyak sekali orang-orang yang menggunakan sistem ini untuk menjalankan bisnis mereka. Mulai dari bisnis kelas besar hingga untuk pembuatan video game. Namun apa sebenarnya makna asli dari crowdfunding? Bagaimana cara kerjanya dan apakah bermanfaat untuk bisnis Anda?
Crowdfunding dapat dikatakan sebagai praktik pendanaan proyek atau usaha yang dilakukan dengan cara mengumpulkan uang dari sejumlah orang atau pemberi dana. Yang menarik dari crowdfunding adalah karena semua orang bisa membiayai proyek Anda selama mereka memiliki uang yang mau mereka sisihkan.
Bagaimana Cara Kerja Crowdfunding?
Biasanya, pemilik proyek akan membuat halaman website sendiri atau menggunakan platform populer untuk crowdfunding. Di halaman tersebut, mereka akan menampilkan jumlah dari uang yang mereka butuhkan. Biasanya, jumlah ini disebut dengan "goal" dan umumnya diberi tenggat waktu. Kurang lebih mirip dengan sistem petisi yang biasanya Anda lihat di Change.org. Jadi Anda bisa melihat dari gol tersebut sudah berapa persen yang terpenuhi.
Umumnya, para pemilik proyek juga memberikan paket-paket biaya yang bisa dibayar oleh para calon pemberi dana pada mereka di halaman website tersebut. Paket ini tak datang cuma-cuma, mereka yang membayar bisa mendapatkan fasilitas tertentu. Semakin banyak uang yang mereka berikan untuk Anda, semakin besar pula fasilitas yang akan mereka dapatkan.
Misal, untuk video game, paket termurah yang dibayarkan untuk crowdfunding mereka diberi fasilitas berupa bisa mencoba video game tersebut lebih dulu daripada khalayak umum. Sedangkan paket termahalnya, untuk jenis video game umumnya pemberi dana tersebut diberikan fasilitas premium seperti adanya karakter yang didasarkan dari pemberi dana tersebut yang akan muncul di dalam game. Adanya fasilitas tersebut bisa membuat orang tertarik untuk mendanai proyek Anda. Apalagi ketika fasilitas yang diberikan cukup relevan dengan yang mereka inginkan.
Crowdfunding Bisa Dilakukan di Mana?
Anda bisa melakukannya sendiri dengan website Anda atau menggunakan platform yang sudah populer untuk crowdfunding seperti Kickstarter, IndieGoGo dan RocketHub. Ketiga tempat ini bisa memfasilitasi crowdfunding Anda akan semakin mudah dipromosikan. Biasanya di platform tersebut bisa memasukkan video atau gambar-gambar menarik yang bisa membuat orang tertarik untuk memberikan uang pada Anda. Anda pun juga diharuskan untuk memberikan deskripsi yang mendetail dan bisa dimengerti oleh banyak orang agar mereka tertarik untuk memberikan uang.
Apakah Crowdfunding Menguntungkan untuk Bisnis Anda?
Jawabannya adalah ya. Dikarenakan Anda bisa mendapatkan uang dari berbagai macam kalangan dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan. Apalagi ketika Anda baru memulai bisnis, karena itu crowdfunding cukup populer di kalangan pengembang aplikasi untuk smartphone dan PC seperti game atau aplikasi yang mempermudah kehidupan orang lainnya.
Tetapi, meski terdengar lebih cocok untuk para pebisnis pemula, bukan berarti Anda yang sudah memiliki cukup banyak pelanggan tak bisa melakukannya. Sistem ini bisa juga menjadi salah satu bentuk reward untuk para pelanggan Anda, karena fasilitas yang diberikan kepada para pembayar eksklusif dan tak bisa didapatkan oleh semua orang.
Namun, crowdfunding tak semuanya berjalan mulus. Ada banyak juga pendanaan yang gagal karena kurangnya peminat dan sudah masuk deadline. Oleh sebab itu, Anda harus mengikuti berbagai tips crowdfunding sukses berikut ini agar pendanaan tidak macet dan proyek terus berjalan dengan baik hingga akhir.
Produk Menarik dengan Pengenalan yang Tak Kalah Mengambil Simpati
Selain membuat produk yang menarik untuk para calon pendana, Anda harus bisa membuat pengenalan dari produk yang tak kalah menariknya. Contohnya, ketika Anda membuat video game sebaiknya tak hanya membuat gambar yang menarik, tetapi juga pengenalan alur cerita atau sistem yang ada di game tersebut. Ada baiknya juga untuk membuat teaser berupa video untuk para calon pendana agar mereka makin mudah mengerti produk Anda.
Hal ini tak terbatas pada video saja, tetapi juga pada semua jenis crowdfunding. Oleh karena itu, beberapa platform seperti Kickstarter selalu menyarankan untuk membuat video. Selain lebih enak dilihat, video juga diharapkan mampu membuat para calon pendana paham dengan lebih cepat akan apa yang akan mereka danai. Setelahnya, baru dibuat penjelasan berupa tulisan untuk lebih detailnya. Ambil perhatian dan simpati calon pendana terlebih dahulu sebelum membuat mereka membayar untuk Anda.
Anda juga dapat menambahkan alasan mengapa ingin membuat proyek ini, entah itu untuk mimpi Anda sendiri, tujuan kemanusiaan, dan lain-lain. Adanya sepatah-dua patah kata dari pemilik proyek dapat membuat orang merasa lebih tergugah untuk mendanai. Tak perlu muluk-muluk dengan memberi penjelasan bahwa produk Anda dapat "membuat dunia lebih baik", tetapi juga bisa bercerita tentang mimpi masa kecil Anda untuk membuat proyek ini.
Fasilitas Plus Harus Diberikan
Dikarenakan crowdfunding berbeda dengan investasi, Anda harus bisa memberikan fasilitas tambahan untuk para pendana. Pada akhirnya nanti mereka tak akan mendapatkan apa-apa selain produk Anda yang bahkan mungkin hanya membuat mereka terhibur selama beberapa jam (kalau bentuknya video game). Oleh sebab itu, fasilitas yang lebih atau reward wajib diberikan pada mereka. Berikan fasilitas yang rasional, jangan terlalu rendah jangan berlebih.
Misal contoh kasus crowdfunding video game, Anda tak boleh memberikan fasilitas seperti "meet and greet dengan kreator“ kepada para pendana yang memilih paket dana paling murah. Juga, tak boleh memberikan fasilitas seperti "mendapatkan game sehari lebih cepat dari masyarakat umum". Fasilitas tersebut terlalu murah untuk dana yang tinggi.
Jangan Tutup Pintu Saran Dari Para Pendana
Biasanya, orang-orang yang melakukan crowdfunding membuka e-mail saran dan kritik yang bisa digunakan para pendana untuk memberikan suaranya pada mereka. Anda juga sebaiknya memberikan hal yang sama. Pasalnya, ketika pendana tersebut merasa bahwa ia bisa memberikan suara, mereka akan merasa dihargai. Apalagi mereka sudah memberikan uang pada Anda bukan dalam bentuk investasi. Siapa tahu saran dari mereka juga berguna untuk pengembangan produk Anda?
Yang tak kalah penting dari semua ini adalah segera selesaikan proyek Anda setelah mendapatkan uang yang memadai. Anda tak boleh lari dari tanggung jawab karena platform yang disinggahi untuk mendapatkan dana juga dapat menuntut Anda secara hukum. Anda juga sebaiknya memiliki dana backup ketika crowdfunding tak berhasil sempurna.
Hal ini dilakukan agar melakukan pengembalian uang pada pendana dan bisa terus membuat proyek Anda jalan. Tak perlu menyiapkan 100% backup dana untuk proyek ini, apalagi bila dirasa terlalu mahal dan membuang biaya yang seharusnya bisa dioptimalkan untuk hal lain, setengahnya saja sudah cukup.
Crowdfunding dapat dikatakan sebagai praktik pendanaan proyek atau usaha yang dilakukan dengan cara mengumpulkan uang dari sejumlah orang atau pemberi dana. Yang menarik dari crowdfunding adalah karena semua orang bisa membiayai proyek Anda selama mereka memiliki uang yang mau mereka sisihkan.
Bagaimana Cara Kerja Crowdfunding?
Biasanya, pemilik proyek akan membuat halaman website sendiri atau menggunakan platform populer untuk crowdfunding. Di halaman tersebut, mereka akan menampilkan jumlah dari uang yang mereka butuhkan. Biasanya, jumlah ini disebut dengan "goal" dan umumnya diberi tenggat waktu. Kurang lebih mirip dengan sistem petisi yang biasanya Anda lihat di Change.org. Jadi Anda bisa melihat dari gol tersebut sudah berapa persen yang terpenuhi.
Umumnya, para pemilik proyek juga memberikan paket-paket biaya yang bisa dibayar oleh para calon pemberi dana pada mereka di halaman website tersebut. Paket ini tak datang cuma-cuma, mereka yang membayar bisa mendapatkan fasilitas tertentu. Semakin banyak uang yang mereka berikan untuk Anda, semakin besar pula fasilitas yang akan mereka dapatkan.
Misal, untuk video game, paket termurah yang dibayarkan untuk crowdfunding mereka diberi fasilitas berupa bisa mencoba video game tersebut lebih dulu daripada khalayak umum. Sedangkan paket termahalnya, untuk jenis video game umumnya pemberi dana tersebut diberikan fasilitas premium seperti adanya karakter yang didasarkan dari pemberi dana tersebut yang akan muncul di dalam game. Adanya fasilitas tersebut bisa membuat orang tertarik untuk mendanai proyek Anda. Apalagi ketika fasilitas yang diberikan cukup relevan dengan yang mereka inginkan.
Crowdfunding Bisa Dilakukan di Mana?
Anda bisa melakukannya sendiri dengan website Anda atau menggunakan platform yang sudah populer untuk crowdfunding seperti Kickstarter, IndieGoGo dan RocketHub. Ketiga tempat ini bisa memfasilitasi crowdfunding Anda akan semakin mudah dipromosikan. Biasanya di platform tersebut bisa memasukkan video atau gambar-gambar menarik yang bisa membuat orang tertarik untuk memberikan uang pada Anda. Anda pun juga diharuskan untuk memberikan deskripsi yang mendetail dan bisa dimengerti oleh banyak orang agar mereka tertarik untuk memberikan uang.
Apakah Crowdfunding Menguntungkan untuk Bisnis Anda?
Jawabannya adalah ya. Dikarenakan Anda bisa mendapatkan uang dari berbagai macam kalangan dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan. Apalagi ketika Anda baru memulai bisnis, karena itu crowdfunding cukup populer di kalangan pengembang aplikasi untuk smartphone dan PC seperti game atau aplikasi yang mempermudah kehidupan orang lainnya.
Tetapi, meski terdengar lebih cocok untuk para pebisnis pemula, bukan berarti Anda yang sudah memiliki cukup banyak pelanggan tak bisa melakukannya. Sistem ini bisa juga menjadi salah satu bentuk reward untuk para pelanggan Anda, karena fasilitas yang diberikan kepada para pembayar eksklusif dan tak bisa didapatkan oleh semua orang.
Namun, crowdfunding tak semuanya berjalan mulus. Ada banyak juga pendanaan yang gagal karena kurangnya peminat dan sudah masuk deadline. Oleh sebab itu, Anda harus mengikuti berbagai tips crowdfunding sukses berikut ini agar pendanaan tidak macet dan proyek terus berjalan dengan baik hingga akhir.
Produk Menarik dengan Pengenalan yang Tak Kalah Mengambil Simpati
Selain membuat produk yang menarik untuk para calon pendana, Anda harus bisa membuat pengenalan dari produk yang tak kalah menariknya. Contohnya, ketika Anda membuat video game sebaiknya tak hanya membuat gambar yang menarik, tetapi juga pengenalan alur cerita atau sistem yang ada di game tersebut. Ada baiknya juga untuk membuat teaser berupa video untuk para calon pendana agar mereka makin mudah mengerti produk Anda.
Hal ini tak terbatas pada video saja, tetapi juga pada semua jenis crowdfunding. Oleh karena itu, beberapa platform seperti Kickstarter selalu menyarankan untuk membuat video. Selain lebih enak dilihat, video juga diharapkan mampu membuat para calon pendana paham dengan lebih cepat akan apa yang akan mereka danai. Setelahnya, baru dibuat penjelasan berupa tulisan untuk lebih detailnya. Ambil perhatian dan simpati calon pendana terlebih dahulu sebelum membuat mereka membayar untuk Anda.
Anda juga dapat menambahkan alasan mengapa ingin membuat proyek ini, entah itu untuk mimpi Anda sendiri, tujuan kemanusiaan, dan lain-lain. Adanya sepatah-dua patah kata dari pemilik proyek dapat membuat orang merasa lebih tergugah untuk mendanai. Tak perlu muluk-muluk dengan memberi penjelasan bahwa produk Anda dapat "membuat dunia lebih baik", tetapi juga bisa bercerita tentang mimpi masa kecil Anda untuk membuat proyek ini.
Fasilitas Plus Harus Diberikan
Dikarenakan crowdfunding berbeda dengan investasi, Anda harus bisa memberikan fasilitas tambahan untuk para pendana. Pada akhirnya nanti mereka tak akan mendapatkan apa-apa selain produk Anda yang bahkan mungkin hanya membuat mereka terhibur selama beberapa jam (kalau bentuknya video game). Oleh sebab itu, fasilitas yang lebih atau reward wajib diberikan pada mereka. Berikan fasilitas yang rasional, jangan terlalu rendah jangan berlebih.
Misal contoh kasus crowdfunding video game, Anda tak boleh memberikan fasilitas seperti "meet and greet dengan kreator“ kepada para pendana yang memilih paket dana paling murah. Juga, tak boleh memberikan fasilitas seperti "mendapatkan game sehari lebih cepat dari masyarakat umum". Fasilitas tersebut terlalu murah untuk dana yang tinggi.
Jangan Tutup Pintu Saran Dari Para Pendana
Biasanya, orang-orang yang melakukan crowdfunding membuka e-mail saran dan kritik yang bisa digunakan para pendana untuk memberikan suaranya pada mereka. Anda juga sebaiknya memberikan hal yang sama. Pasalnya, ketika pendana tersebut merasa bahwa ia bisa memberikan suara, mereka akan merasa dihargai. Apalagi mereka sudah memberikan uang pada Anda bukan dalam bentuk investasi. Siapa tahu saran dari mereka juga berguna untuk pengembangan produk Anda?
Yang tak kalah penting dari semua ini adalah segera selesaikan proyek Anda setelah mendapatkan uang yang memadai. Anda tak boleh lari dari tanggung jawab karena platform yang disinggahi untuk mendapatkan dana juga dapat menuntut Anda secara hukum. Anda juga sebaiknya memiliki dana backup ketika crowdfunding tak berhasil sempurna.
Hal ini dilakukan agar melakukan pengembalian uang pada pendana dan bisa terus membuat proyek Anda jalan. Tak perlu menyiapkan 100% backup dana untuk proyek ini, apalagi bila dirasa terlalu mahal dan membuang biaya yang seharusnya bisa dioptimalkan untuk hal lain, setengahnya saja sudah cukup.
Sumber:
Diolah dari berbagai sumber
Berikan Komentar