Dirilis

10 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Belakangan ini ada bentuk investasi baru yang sedang digandrungi oleh kalangan selebritis, investasi tersebut adalah investasi berlian. Investasi ini perlahan tapi pasti mulai menggeser keberadaan emas. Bukan tanpa alasan kalau mereka mulai beralih dari investasi emas ke berlian pastinya karena dirasa lebih menguntungkan. Berlian memang memiliki nilai dan harga jauh diatas emas.

Selain itu, berlian juga lebih tahan terhadap inflasi dibandingkan emas, tidak membutuhkan biaya perawatan, dan punya tren harga yang cenderung meningkat. Berlian adalah jenis batu mulia dengan harga paling mahal dengan sifat paling keras dan langka. Melihat dari karakter tersebut memang masuk akal kalau nilai investasi berlian menjadi jauh lebih mahal daripada emas.

 

Cara Cerdas Melakukan Investasi Berlian


Investasi dalam bentuk apapun membutuhkan kecerdasan Anda agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Begitu juga saat akan melakukan investasi berbentuk berlian apalagi kalau Anda masih pemula. Mengingat masih banyak sekali orang yang awam mengenai berlian, lakukan hal berikut ini agar Anda tidak rugi.

 

1. Tentukan Besar Anggaran

tentukan besar anggaran investasi berlian
Sebelum membeli berlian untuk investasi sebaiknya tentukan dulu berapa dana yang akan Anda anggarkan. Langkah ini penting untuk menghindari Anda menjadi kalap dan gelap mata ketika berbelanja berlian. Bagaimanapun Anda tidak bisa menghabiskan seluruh dana hanya untuk membeli berlian saja. Tujuan utama Anda membeli berlian adalah sebagai investasi bukan koleksi pribadi jadi jangan mudah tergoda dengan model-model perhiasan yang cantik. Apalagi harga berlian relatif mahal jika dibandingkan dengan logam mulia lainnya seperti emas.

 

2. Belilah Berlian yang Utuh

Kalau untuk tujuan investasi sebaiknya Anda membeli berlian yang utuh karena akan lebih menguntungkan dibanding yang sudah berupa pecahan. Hindari membeli berlian dalam bentuk perhiasan kalau memang niatnya adalah investasi karena nantinya akan sulit dijual. Membeli berlian dalam bentuk perhiasan jadi sebenarnya merugikan Anda sebagai investor karena tren selalu berubah dan harganya menjadi murah.

 

3. Pilih Warna Putih dan Jernih

pilih investasi berlian dengan warna putih dan jernih
Sangat disarankan untuk memilih berlian yang mempunyai warna putih. Mengapa demikian? Berlian dengan warna yang semakin putih harganya juga akan semakin mahal. Biasanya warna berlian dicantumkan lewat kode huruf “D” yang artinya paling tinggi warna putihnya. Sedangkan yang paling rendah adalah warna berlian dengan kode huruf “Z”. Bukan hanya warna putih saja yang harus diperhatikan tetapi juga tingkat kejernihannya. Berlian yang paling mahal tentunya yang warnanya paling jernih. Lihatlah kode pada berlian tersebut jika terdapat kode “VVS” artinya paling jernih.

 

4. Cari Jenis yang Langka dan Disukai

Berlian investasi tentunya suatu saat akan Anda jual kembali kepada orang lain untuk mendapatkan keuntungan. Agar keuntungan yang didapatkan cukup besar carilah jenis berlian yang banyak dicari orang. Pilih berlian yang termasuk langka dan sedang tren di kalangan pecinta logam mulia tersebut.

 

5. Pastikan Memiliki Sertifikat

Satu hal yang harus dihindari oleh investor yaitu membeli dan menyimpan barang palsu apalagi harganya sangat mahal seperti berlian. Bagaimanakah cara agar terhindar dari berlian palsu? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:
  1. Berlian asli memiliki tekstur yang kuat dan kokoh. Sebagai salah satu logam terkeras di bumi, berlian punya ketahanan yang luar biasa. Jadi, ketika berlian tersebut asli maka tidak akan mudah retak atau pecah.
 
  1. Memiliki sertifikat GIA. Berlian asli selalu memiliki sertifikat dari Gemological Laboratory atau disingkat GIA. Di dalam sertifikat GIA tersebut akan tercantum juga bagaimanakah karakteristik dari berlian yang Anda beli tersebut. GIA dikenal memiliki aturan yang sangat ketat mengenai berlian.
 
  1. Tidak mudah tergores dan berembun. Berlian asli tidak akan mudah tergores oleh benda lain. Justru, berlian itulah yang punya kemampuan untuk menggores benda lain. Jadi, bisa dipastikan bahwa berlian asli adalah yang tidak mudah digores. Selain itu, berlian asli juga tidak akan berembun ketika Anda menghembuskan napas pada berlian tersebut.
 
  1. Mampu merefleksikan cahaya dari berbagai sisi. Kilau yang membuat berlian terlihat indah adalah refleksi cahayanya yang berasal dari banyak sisi. Berlian asli bisa merefleksikan cahaya tersebut dari berbagai sisi. Jadi, jika berlian hanya bisa memantulkan cahaya dari 1 sisi saja, maka dipastikan berlian tersebut palsu.

Itulah sekilas tentang investasi berlian yang mulai ramai digemari. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan investasi berlian sebagai ganti dari emas? Investasi berlian ini bisa dipilih sebagai pilihan investasi yang menjanjikan untuk Anda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Daya.id seputar jenis investasi lainnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagi sumber

Penilaian :

4.4

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

10 Maret 2021

wah nambah wawasan bgt ini,makasih daya.id

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS