Dirilis

02 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu jenis investasi yang sangat penting untuk dimiliki adalah investasi dana pensiun. Investasi dana pensiun adalah salah satu bentuk rencana pensiun yang memiliki tujuan agar dana yang diinvestasikan tumbuh dalam jangka waktu yang lama. Tujuan akhirnya adalah untuk memberikan kebebasan finansial di hari tua. Instrumen investasi dana untuk pensiun umumnya bisa apa saja, namun investasi di instrumen saham dan properti dianggap sebagai salah satu portofolio dana pensiun yang paling menjanjikan.
Memiliki dana pensiun memang sangat penting untuk dipertimbangkan. Sebab, tidak sedikit orang yang masih harus bekerja di hari tua untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Padahal, dalam usia senja seharusnya kita sudah harus menikmati masa-masa istirahat. Oleh karena itu, investasi dana pensiun adalah bentuk persiapan yang paling potensial agar Anda bisa memiliki kebebasan finansial di masa tua.

Cara Melakukan Investasi Dana Pensiun yang Menguntungkan

cara investasi dana pensiun

Meski sangat penting untuk dimiliki, nyatanya mempersiapkan investasi dana pensiun juga bukanlah hal yang mudah. Diperlukan persiapan dan konsistensi yang kuat agar bisa konsisten mempersiapkan investasi ini. Bagi Anda yang ingin memulai investasi untuk dana pensiun, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Melakukan Investasi Saham

Investasi di saham bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun. Memang tidak bisa dipungkiri, investasi saham juga memiliki resiko, namun potensi keuntungan yang bisa dihasilkan juga relatif besar. Apalagi dalam beberapa tahun ini, tren pertumbuhan saham juga cukup positif. Mulailah untuk menyisihkan dana yang didapatkan untuk berinvestasi saham.
Tapi ingat! Selalu pelajari dahulu tentang investasi ini dengan menyeluruh agar Anda siap dengan resiko yang mungkin bisa terjadi saat investasi. Selain itu, karena ini merupakan investasi jangka panjang yaitu 5 sampai 10 tahun, maka pastikan dana yang digunakan untuk investasi adalah dana dingin atau dana yang memang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sembari berinvestasi dengan rutin, maka dana pensiun Anda juga bisa disiapkan dengan matang di masa depan.

2. Investasi Dana Pensiun Auto-Invest

Disiplin dalam menabung adalah hal yang cukup sulit bagi sebagian besar orang. Maka lakukanlah investasi secara rutin agar hasilnya terkumpul dan memadai. Solusinya yaitu adalah dengan membuat proses investasi tersebut menjadi lebih otomatis. Gunakan penghasilan yang akan dipotong secara otomatis dari investasi tersebut.

3. Mencicil Properti Sejak Usia Muda

Mencicil properti sejak usia Anda masih muda juga bisa menjadi salah satu cara berinvestasi untuk dana pensiun tersebut. Usia muda disini maksudnya adalah usia produktif ketika Anda sedang bekerja yaitu, 22-50 tahun. Kenapa harus usia muda? Sebab, di usia ini Anda masih produktif untuk menghasilkan uang.
Uang yang Anda hasilkan bisa menjadi aset berupa properti untuk dinikmati di usia tua. Anda bisa mencicil rumah melalui KPR dan mencicilnya setiap bulan. Sehingga jika usia sudah menua, Anda sudah memiliki aset berupa properti rumah tersebut.

Tips Mengelola Investasi Dana Pensiun dengan Cara yang Tepat


tips mengelola investasi dana pensiun

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam berinvestasi dana pensiun dengan cara dan strategi yang tepat:

1. Dimulai dari Sekarang Misalnya dengan Jumlah Investasi Sesuai yang Mampu Disisihkan

Apabila Anda belum sanggup berinvestasi dalam jumlah besar, Anda bisa berinvestasi dengan dana kecil terlebih dahulu. Sebab, saat ini banyak sekali platform investasi dengan dana paling minim yaitu 10 ribu rupiah saja. Sebagai gambaran, katakanlah Anda berhasil menyisihkan dana sebesar Rp. 300.000 setiap bulan, dalam 1 tahun maka Anda akan mendapatkan hasil sebesar Rp. 3.600.000.
Apabila investasi tersebut dilakukan dalam jangka panjang, misalnya 10 tahun dari sekarang, maka hasil yang akan Anda peroleh adalah Rp. 36.000.000. Jumlah itu belum lagi jika ditambah persen pertumbuhan dari instrumen investasi Anda. Jadi, jumlah ini tentu akan sangat membantu Anda untuk mempersiapkan dana pensiun di masa tua.

2. Menyadari Pentingnya Melakukan Investasi Dana Pensiun

Agar bisa mempersiapkan dana pensiun dengan baik, selalu sadari pentingnya mempersiapkan investasi untuk dana pensiun. Dengan memiliki investasi untuk dana pensiun, masa tua Anda bisa menjadi lebih tenang dan bebas secara finansial. Anda bisa menikmati hasil kerja keras dan investasi yang Anda lakukan di usia produktif saat bekerja. Hidup tentunya akan menjadi lebih tenang.
Itulah cara investasi dana pensiun dan tips mengelolanya dengan benar. Investasi untuk dana pensiun memang sangat penting dimiliki. Sebab, kemerdekaan finansial di masa tua tentu merupakan cita-cita, agar tidak harus bersusah payah bekerja setelah memasuki hari tua. Jadi, persiapkan investasi untuk dana pensiun Anda mulai dari sekarang ya!
Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Daya.id seputar jenis investasi lain maupun bagimana cara mengelola dana pensiun yang tepat. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS