Dirilis

01 Juli 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Saat ini masyarakat mulai sadar bahwasanya investasi adalah salah satu hal yang sangat penting. Menariknya lagi, anak muda sudah berpikir untuk mengalokasikan dana yang dimiliki dalam bentuk investasi. Investasi sejak usia muda bisa menjadi cara untuk mendapatkan kondisi finansial yang sejahtera di masa yang akan datang. Sebenarnya, apa pengertian investasi?

 

Pengertian Investasi

memahami pengertian investasi
Pengertian investasi adalah suatu upaya melakukan penanaman modal yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Modal yang dimaksud dalam hal ini yaitu uang maupun sumber daya lainnya. Investasi juga bisa diartikan sebagai penanaman dana atau aset yang dilakukan oleh individu atau perusahaan untuk jangka waktu tertentu supaya memperoleh keuntungan lebih besar di masa depan. 

Investasi merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam mengembangkan jumlah uang maupun harta yang dimiliki. Melakukan investasi berarti Anda ingin memperoleh keuntungan di masa depan untuk mencapai tujuan tertentu. Biasanya orang berinvestasi dengan tujuan untuk membangun rumah, membuka usaha, mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan dan sebagainya. 

 

Jenis-Jenis Investasi 

Berdasarkan jangka waktu, jenis investasi dibagi menjadi dua, antara lain:

 

1. Investasi Jangka Pendek 

Memilih jenis investasi jangka pendek memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang pendek, yaitu dalam kurun waktu satu hingga tiga bulan. Maka dari itu, Anda akan mendapatkan keuntungan dengan cepat meskipun return yang diperoleh relatif lebih kecil. 

Jenis investasi ini bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, seperti untuk mudik tahun depan, membeli tiket, membeli oleh-oleh dan sebagainya. Beberapa contoh investasi jangka pendek adalah tabungan di bank, deposito, dan forex.

 

2. Investasi Jangka Panjang 

Sedangkan untuk investasi jangka panjang baru akan menikmati hasilnya dalam jangka waktu yang lebih lama. Keuntungan yang diperoleh bisa dirasakan dalam waktu tiga tahun, lima tahun bahkan puluhan tahun. Meskipun jangka waktunya lebih lama tetapi return yang diperoleh lebih panjang. 

Biasanya investasi jangka panjang dilakukan untuk persiapan dana pensiun, biaya pernikahan dan sebagainya. Contoh dari investasi jangka panjang adalah investasi emas, reksadana, dan investasi properti berupa tanah ataupun bangunan. 

 

Manfaat yang Didapatkan dari Investasi 

berbagai manfaat investasi
Setelah memahami pengertian investasi, selanjutnya Anda perlu tahu apa saja manfaat yang akan didapatkan. Berikut beberapa manfaat tersebut:

 

1. Meningkatkan Kekayaan dan Nilai Aset 

Manfaat pertama yang akan didapatkan dari investasi adalah bisa meningkatkan kekayaan dan nilai aset. Hal ini dikarenakan nilai bunga yang ditawarkan oleh investasi bisa menambah kekayaan Anda. Jika Anda memilih jenis investasi jangka panjang maka akan merasakan efek compounding atau bunga bergulung.

 

2. Memenuhi Kebutuhan yang Membutuhkan Biaya Besar 

Melakukan investasi, entah itu investasi jangka pendek maupun jangka panjang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Meskipun kebutuhan Anda membutuhkan biaya yang besar, investasi tetap akan membantu Anda untuk memenuhinya. Uang yang dikumpulkan melalui investasi bisa digunakan untuk membeli rumah, kendaraan, ibadah umroh dan lain sebagainya.

Selain kedua manfaat diatas, investasi juga bermanfaat untuk melindungi kondisi finansial dari inflasi, meraih financial freedom, kembangkan aset bersama modal rakyat dan menyiapkan masa depan yang cerah, sebagainya. Menginvestasikan dana yang dimiliki tidak hanya memberikan keuntungan tetapi juga kerugian. Kerugian investasi biasanya dialami oleh investor pemula. Biasanya kerugian investasi disebabkan oleh beberapa hal, seperti:
 
  • Tidak paham dengan investasi secara mendalam
  • Hanya fokus pada keuntungan
  • Mengikuti rekomendasi yang salah
  • Terlalu takut rugi
  • Menggunakan seluruh uang simpanan untuk investasi
  • Berutang untuk investasi
  • Investasi satu keranjang


Nah itulah informasi tentang pengertian investasi beserta manfaatnya. Pada dasarnya, investasi adalah upaya penanaman modal yang bertujuan agar mendapatkan keuntungan di kemudian. Investasi jangka panjang maupun pendek, bisa Anda lakukan agar mendapatkan keuntungan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Daya.id apabila memiliki pertanyaan seputar dunia investasi selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS