Dirilis

10 Agustus 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bagi Anda yang menginvestasikan dana melalui saham pasti sudah tidak asing dengan istilah dan pengertian pasar modal. Akan tetapi, istilah pasar modal pasti masih cukup asing ditelinga mayoritas masyarakat. Hal ini tidaklah mengherankan karena tidak semua masyarakat membutuhkan keberadaan pasar modal. Pasar modal juga sering dikenal dengan istilah bursa efek. Inilah informasi mengenai pasar modal selengkapnya.

 

Pengertian Pasar Modal 

Pengertian Pasar Modal
Secara umum, pengertian pasar modal adalah tempat bertemunya dua pihak, yaitu perusahaan emiten yang membutuhkan dana dan investor yang akan menanamkan dananya. Emiten yang dimaksud disini yaitu suatu badan usaha yang membutuhkan modal serta mengeluarkan surat berharga untuk diperdagangkan. Dalam pasar modal, tidak hanya melibatkan investor dan juga emiten. 
Tetapi ada beberapa pihak lainnya yang ikut berpartisipasi dalam pasar modal. Dimana beberapa pihak tersebut berfungsi untuk menemukan investor dengan emiten. Beberapa pihak yang dimaksud, adalah:

 

1. Underwriter atau Penjamin Emisi

Dalam pasar modal, keberadaan penjamin emisi memiliki fungsi yang sangat penting. Dimana penjamin emisi ini memiliki tanggung jawab saat terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh emiten. Underwriter yang ditemukan dalam bursa efek yaitu bank investasi, bank komersial atau perusahaan pialang.

 

2. Manajer Investasi 

Peran manajer investasi dalam pasar modal adalah mengelola efek dari para nasabah yang telah mempercayakan dana atau investasi kepadanya. Artinya investasi nasabah akan dikelola dengan baik oleh manajer investasi. 

 

3. Broker atau Pialang

Setiap adanya transaksi jual beli surat berharga di bursa efek pasti akan menemukan broker atau pialang. Broker atau pialang ini memiliki tugas sebagai perantara dagang yang menjembatani antara investor dengan emiten.

 

Jenis-Jenis Surat Berharga yang Ada di Pasar Modal 

Setelah mengetahui pengertian pasar modal, selanjutnya akan disampaikan tentang jenis-jenis surat berharga yang ada di pasar modal. Inilah beberapa jenis surat berharga tersebut:

 

1. Saham

Surat berharga yang bisa Anda temukan di pasar modal adalah saham. Saham itu sendiri adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan perusahaan. Dimana investor yang memiliki saham di suatu perusahaan memiliki hak untuk mendapatkan pembagian laba atau biasa disebut dengan dividen.

 

2. Obligasi atau Surat Utang 

Jika Anda ingin investasi obligasi atau surat utang juga bisa didapatkan di pasar modal. Kepemilikan obligasi atau surat utang bisa dipindahtangankan serta pemegangnya mempunyai hak untuk mendapatkan bunga dan pelunasan utang dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

 

3. Reksadana 

Reksadana atau yang juga dikenal sebagai instrumen investasi merupakan wadah untuk pengumpulan dan juga pengelolaan dana yang berasal dari beberapa investor. Dana yang terkumpul kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk dijadikan berbagai instrumen, seperti pasar uang, saham, obligasi dan efek lainnya.

 

4. Derivatif 

Dalam pasar modal ternyata juga ada surat berharga dalam bentuk derivatif. Surat berharga satu ini juga dikenal sebagai bentuk turunan saham. Ada dua jenis derivatif yang ada di pasar modal Indonesia, seperti warrant dan juga right.

 

5. Exchange Traded Fund (ETF)

Surat berharga ini memiliki kemiripan dengan reksadana. Hal ini dikarenakan keduanya sama-sama dikumpulkan secara kolektif. Akan tetapi, EFT dapat diperdagangkan di bursa efek layaknya saham.

 

Contoh Pasar Modal 

Contoh Pasar Modal
Inilah beberapa contoh pasar modal yang ada di dunia, antara lain:
  1. Bursa Efek Indonesia (BEI)
  2. Euronext
  3. Hongkong Stock Exchange
  4. Japan Stock Exchange Group
  5. London Stock Exchange
  6. NASDAQ
  7. New York Stock Exchange (NYSE)
  8. Shanghai Stock Exchange
  9. Toronto Stock Exchange (TSX)

Itulah informasi tentang pengertian pasar modal secara lengkap dan contohnya. Diharapkan setelah membaca informasi diatas Anda menjadi lebih tahu dan paham mengenai pasar modal. Anda juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Perencana Keuangan dari Daya.id jika memiliki pertanyaan seputar dunia pasar modal selengkapnya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rudi haryono

24 November 2021

Mantap

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS