Dirilis

21 Juli 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Di dalam dunia investasi dikenal jenis-jenis obligasi yang bisa dipilih oleh masyarakat untuk dibeli. Obligasi bisa menjadi pilihan investasi yang cukup menguntungkan selain investasi saham, properti, emas, reksadana dan lain sebagainya. Obligasi dianggap lebih aman dan kecil resikonya jika dibandingkan dengan investasi dalam bentuk saham. Mengapa demikian?

Sebab, obligasi mempunyai tingkat pendapatan tetap serta pertumbuhannya relatif lebih stabil dibandingkan dengan investasi saham. Tidak heran jika banyak masyarakat yang kemudian menjadikan obligasi sebagai instrumen investasi mereka.

Apakah Itu Obligasi?




 

Obligasi merupakan surat hutang dengan jangka waktu mulai dari menengah hingga panjang serta dapat diperjualbelikan. Surat hutang atau obligasi dikeluarkan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan dana segar dari investor yang akan digunakan untuk keperluan tertentu. Jika obligasi tersebut diterbitkan oleh sebuah perusahaan biasanya dana segar dari investor akan dipakai untuk keperluan seperti pembayaran hutang, pengembangan bisnis dan lain sebagainya.

Sedangkan obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah pada umumnya digunakan untuk keperluan pembiayaan yang dituangkan dalam APBN yaitu untuk mengatasi defisit anggaran yang telah dibuat. Penerbit obligasi disebut debitur sedangkan mereka yang menanamkan investasi adalah kreditur. Bunga berupa kupon harus dibayarkan debitur kepada kreditur sesuai aturan yang berlaku.

Jenis-jenis Obligasi di Indonesia

Di Indonesia, obligasi atau surat hutang terdiri dari beberapa jenis yang dibagi berdasarkan kategorinya. Inilah jenis-jenis obligasi tersebut:

1. Menurut Sistem Pembayaran Kupon

Jenis obligasi berdasarkan bagaimana sistem pembayaran kupon kepada kreditur dibagi menjadi :

a. Zero coupon bonds atau obligasi tanpa kupon

Adalah obligasi dimana pokok beserta bunganya dibayarkan sekaligus bukan secara periodik.

b. Fixed coupon bonds atau obligasi kupon tetap

Tingkat bunga kupon telah ditetapkan lebih dulu sebelum dilakukan penawaran perdana pada pasar serta pembayarannya nanti diberikan secara periodik.

c. Variable coupon bonds atau obligasi kupon variabel

Obligasi yang sudah ditentukan dulu tingkat kupon bunganya sebelum jangka waktu tertentu yang dibuat berdasarkan pada sebuah acuan misalnya tingkat suku bunga pada perbankan.

2. Obligasi Menurut Penerbitnya

Sedangkan pembagian jenis obligasi berdasarkan pada siapa yang menerbitkannya terdiri dari:

a. Corporate bonds atau obligasi korporasi/ perusahaan

Merupakan jenis obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan baik BUMN maupun swasta.

b. Government bonds atau obligasi pemerintah

Jenis obligasi dimana penerbitnya atau yang mengeluarkannya adalah pemerintah.

c. Obligasi ritel

Obligasi yang dikeluarkan pemerintah lalu akan dijual kepada masyarakat perorangan melalui agen yang telah ditunjuk.

3. Menurut Kaidah Syariah

Obligasi juga dibagi menurut kepatuhan pada syariat agama Islam, yang terdiri dari :

a. Obligasi syariah (sukuk) mudharabah

Obligasi syariah atau sukuk yang diperjualbelikan dengan memakai akad pembagian hasil tertentu sehingga debitur atau investor baru akan mendapatkan pendapatan setelah diketahui berapa emitennya.

b. Obligasi syariah (sukuk) ijarah

Obligasi yang memakai akad sewa sehingga kupon dari ijarah tersebut nilainya sama atau tetap serta sudah bisa diperhitungkan sejak dari awal obligasi tersebut diterbitkan.

Selain jenis-jenis obligasi, apa saja contoh surat hutang atau obligasi yang ada di Indonesia itu? Contohnya ada beberapa di bawah ini.

  1. Obligasi rekap
  2. Surat Utang Negara atau SUN
  3. Obligasi Ritel Indonesia (ORI)
  4. Obligasi Syariah  atau Sukuk

Itulah informasi mengenai obligasi dan jenisnya. Pada dasarnya, ada jenis-jenis obligasi di Indonesia yang dibagi menurut beberapa faktor yaitu sistem pembayaran kupon bunga, siapa penerbitnya dan ketentuan syariah. Anda juga bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Daya.id seputar dunia investasi termasuk investasi obligasi.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS