Dirilis

05 Agustus 2020

Penghasilan atau pendapatan kita sehari-hari akan menentukan bagaimana cara hidup kita. Setiap orang tentu memiliki jumlah pemasukan yang berbeda, tergantung pada pekerjaan yang dimiliki. Baik besar maupun kecil jumlah pendapatan yang dimiliki, setiap orang harus memahami bagaimana cara mengatur keuangan pribadi

Mengatur keuangan ini dimaksudkan agar kondisi keuangan yang dimiliki bisa stabil dan lebih mapan. Semua kebutuhan terpenuhi, namun dalam waktu yang bersamaan juga tetap bisa menabung untuk masa depan. 

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Demi Hidup Mapan

Sebelum masalah keuangan pribadi Anda semakin membuat pusing dan stres, maka Anda harus memiliki beberapa cara yang tepat untuk mengatur keuangan dengan membenahinya satu per satu. Berikut ini cara mengatur keuangan pribadi yang bisa Anda lakukan, agar hidup Anda lebih baik dan lebih mapan:

1. Mencatat Keuangan Pribadi

 

mencatat pemasukan dan pengeluaran sebagai cara mengatur keuangan pribadi

Langkah pertama untuk mengatur keuangan pribadi adalah dengan mencatat semua uang yang Anda miliki. Keuangan tidak akan bisa diatur dengan baik jika Anda tidak mencatatnya terlebih dahulu. Catatan ini akan menjadi langkah dasar Anda untuk mengatur keuangan secara konsisten. Dan agar keuangan pribadi menjadi lebih tertata dengan baik dan tidak berantakan.

Anda juga akan bisa melacak pengeluaran dan pemasukan dengan tepat. Misalnya ke mana saja Anda membelanjakan uang Anda. Fungsi lainnya dari pencatatan pengeluaran ini adalah bisa merancang tujuan dalam rentang waktu tertentu. Contohnya jika Anda berencana untuk pembelian rumah sebesar Rp.300.000.000, maka Anda harus mempersiapkan uang tersebut atau berapa jumlah uang muka yang diperlukan.

2. Membuat Anggaran Bulanan

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat alokasi anggaran bulananan. Alokasikan pendapatan Anda untuk kebutuhan sehari-hari sebanyak 40% saja, sekitar 30% saja untuk membayar cicilan hutang, untuk tabungan atau investasi di masa depan sekitar 20% saja. Yang lain-lainnya bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan pengeluaran Anda. 

3. Mengatur Pengeluaran dengan Cara yang Bijak

 

menjaga pengeluaran sebagai cara mengatur keuangan pribadi untuk menghindari masalah keuangan

Strategi dalam mengatur keuangan setiap orang tentu berbeda-beda, dan Anda bisa mengaturnya dari jumlah pendapatan yang diperoleh setiap bulannya. Kemudian utamakan dahulu pembayaran yang penting-penting di awal, seperti misalnya membayar iuran BPJS/asuransi, membayar cicilan kendaraan/rumah, dan lain sebagainya.

Cara mengatur keuangan pribadi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan investasi. Karena menabung saja di Bank tidak cukup, sedangkan investasi bisa menambah keuntungan Anda. Investasi yang bisa Anda lakukan salah satu contohnya adalah dengan investasi reksadana dengan dana awal yang rendah

4. Membuat Tabungan Investasi dan Dana Darurat

Dana darurat juga menjadi hal yang sangat penting dalam pengaturan keuangan Anda. Bukan hanya tabungan investasi tapi sebaiknya Anda juga memiliki dana darurat yang akan menguntungkan bagi Anda di masa mendatang.

Jika Anda memiliki tabungan investasi, maka tabungan tersebut juga bisa dijadikan dana darurat. Biaya yang disisihkan untuk dana darurat ini idealnya adalah 6 kali dari total pengeluaran setiap bulannya, khusus bagi Anda yang belum berkeluarga. Namun jika Anda sudah berkeluarga Anda bisa menyisihkan sekitar 9 kali dari total pengeluaran.

5. Memiliki Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Dalam hidup kita harus selalu berjaga-jaga dan bersiap-siap, untuk menghadapi segala kemungkinan buruk. Maka dari itu Anda juga harus memiliki asuransi kesehatan dan jiwa yang juga penting bagi kehidupan kita. Dengan adanya asuransi kesehatan dan jiwa, maka hidup bisa lebih terjamin di kemudian hari. 

Itulah 5 cara mengatur keuangan pribadi yang bisa Anda lakukan. Dengan menerapkan cara ini, diharapkan keuangan yang Anda miliki bisa lebih tertata dan teralokasikan dengan baik. Demi hidup mapan, Anda harus mengetahui informasi yang berkaitan keuangan. Untuk itu, Anda harus daftar member Daya.id agar dapat melihat informasi bermanfaat setiap harinya tanpa dibatasi oleh kuota postingan yang dapat dibaca.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

13 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Cholydia Anom

14 Desember 2020

Thank you daya.id tips mengatur keuangannya bermanfaat sekali. Kalau bisa share juga dong, aplikasi mencatat pengeluara dan pemasukan yg mudah dan gampang.

Balas

. 0

Mohammad Ludfi

14 Desember 2020

Keren banget artikelnya, semangat terus ya membuat artikel yang menarik dan berguna kayak gini

Balas

. 0

Aprilliani Hariastuti

14 Desember 2020

Thanks ya saya.id sangat bermanfaat buatiriku nih

Balas

. 0

Lucky Lombu

14 Desember 2020

Penting banget memang membuat anggaran bulanan

Balas

. 0

Aliah Abdullah

14 Desember 2020

Thanks daya.id...bagus niy artikelnya....aplikatif banget

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS