Dirilis

26 Pebruari 2023

Penulis

Adhiyat Thoriq

Emas masih dinilai sebagai salah satu investasi yang aman dan memiliki risiko rendah. Bahkan di tengah ketidakpastian ekonomi global dan isu resesi yang melanda dunia saat ini.

Di Indonesia sendiri untuk berinvestasi dengan cara menabung emas dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu menabung emas fisik dan menabung emas digital. Apa perbedaan keduanya, yuk kita simak pembahasan berikut ini

 

Investasi Emas dengan Menabung Emas Digital

Menabung emas digital artinya Anda bisa membeli emas 24 karat secara online dan disimpan secara digital. Anda tidak perlu pusing menyediakan tempat penyimpanan fisik emas karena Anda tidak memegang fisik emasnya.

Dengan menabung emas digital Anda diberikan kefleksibilitasan yang lebih besar dibandingkan menabung emas fisik, karena bisa dilakukan secara online kapan saja dan dimana saja, tanpa harus ke toko untuk mengambil fisik emas, dan tanpa harus pusing menyimpan emasnya.

Apabila Anda ingin berinvestasi di emas digital, ada banyak pilihan platform yang bisa digunakan. Tetapi sebelumnya pastikan bahwa platform ini sudah memilikiizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Beberapa yang bisa menjadi pilihan Anda, seperti; 

  1. Pegadaian Digital yang dijalankan oleh PT Pegadaian, 
  2. Tabungan emas di Shopee dan Tokopedia, 
  3. BukaEmas di Bukalapak, 


Sebelum Anda memulai investasi emas dengan menabung emas digital, ketahui dulu beberapa manfaat berinvestasi emas digital berikut ini:

 

1. Bisa Dimulai dengan Jumlah Kecil

Menabung emas digital tidak memiliki batasan pembelian minimum. Anda dapat memualinya dengan nilai yang sangat kecil. Di beberapa platform digital, Anda dapat menabung emas dengan Rp10.000 saja.

 

2. Terjaga Kualitasnya

Karena menabung emas digital Anda tidak memegang fisik emasnya, jadi Anda tidak perlu khawatir akan keasliannya. Anda tidak harus memperdulikan kemurnian emasnya karena memang sudah dijamin dari sononya.

 

3. Kemudahan dalam Ditukarkan Menjadi Emas Fisik

Jangan khawatir karena Anda tidak memegang fisik emasnya. Anda bisa menukartabungan digital menjadi emas fisik kapan saja dengan mudah. Anda tinggal mengajukannya di aplikasi tersebut.

 

4. Keamanan 

Anda tidak perlu khawatir emas Anda dicuri karena tidak memengang fisiknya. Emas fisiknya menjadi tanggung jawab dari si penjual. Biasanya aset dari emas digital diasuransikan dan disimpan di lemari besi demi keamannnya oleh si penjual.

 

Investasi Emas dengan Menabung Emas Fisik

Berbeda dengan investasi emas secara digital, investasi emas dengan menabung emas fisik mengharuskan Anda memiliki fisik emasnya. Fisik emas sendiri bisa dalam berbagai macam bentuk, seperti perhiasan atau emas Batangan.

Memegang fisik emas artinya Anda memiliki risiko yang cukup tinggi karena fisik emas tersebut harus disimpan dengan benar di tempat yang aman. 

Untuk bisa menabung emas fisik, Anda dapat membelinya di berbagai tempat seperti toko emas, toko perhiasan, atau membeli dari perusahaan pemerintah seperti PT Aneka Tambang (Antam).

Sebelum Anda memulai investasi emas dengan menabung emas fisik, ketahui dulu beberapa manfaat berinvestasi emas fisik berikut ini:

 

1. Nilai Prestise yang Tinggi

Berbeda dengan menabung emas digital, dalam investasi emas fisik memiliki syarat minimum pembelian, atau ada gram minimal dalam pembelian emas fisik. Hal ini dapat memunculkan rasa kebanggaan tersendiri bagi Anda

 

2. Emas Fisik Tahan Inflasi

Berinvestasi emas merupakan salah satu investasi yang dapat melindungi kekayaan Anda karena tahan inflasi. Dengan kata lain investasi emas tidak terdepresiasi seperti aset lainnya.

Hal ini berlaku baik itu untuk investasi emas fisik maupun digital.

 

3. Tidak Kehilangan Nilai Intrinsiknya

Sejarah membuktikan bahwa logam mulia satu ini selalu diminati. Bahkan selama krisis, seseorang dapat dengan mudah menjual asetnya jika dalam berbentuk emas.

Jadi, Anda pilih yang mana? Mana pun yang Anda pilih, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai investor, pilihan investasi sepenuhmya bergantung dengan keputusan Anda. Pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangannya sebelum Anda memutuskan.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Tri Melisa Sari

10 Desember 2023

Pro emas fisik ada bentuknya

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

29 Juni 2023

Mantap

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

29 Juni 2023

Mantap

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

25 Mei 2023

Trimakasih artikelnya

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

25 Mei 2023

Trimakasih artikelnya

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS