Dirilis

10 Oktober 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Anda kemungkinan sudah menikmati cara pembayaran mudah melalui Qris ya. Tinggal scan barcode, lalu pembayaran berhasil dengan otomatis memotong saldo Anda. Saldo yang terpotong pun bisa Anda tentukan sendiri melaui e-wallet mana saja yang Anda punya. Baik toko offline maupun online kini menyediakan banyak pilihan metode pembayaran. Hal ini tentunya sangat mempermudah Anda sebagai konsumen dan penjual. 

Ya, ada berbagai kemudahan dan keuntungan keuangan digital, baik bagi konsumen dan penjual, seperti berikut ini:

 

1. Keuntungan bagi Konsumen

  • Praktis, proses cepat menghemat waktu
  • Pilihan pembayaran lebih banyak
  • Ada promo untuk metode pembayaran tertentu sehingga bisa dapat harga yang lebih murah


 

2.    Keuntungan bagi Penjual

  • Proses pembayaran menjadi lebih sederhana
  • Mengurangi risiko selisih sehingga lebih aman


Coba bandingkan ketika Anda diharuskan membayar dengan uang tunai,  Anda harus selalu sedia tunai dimanapun kapanpun, dan penjual harus sedia uang kembalian. Wah, tidak praktis kan…

Tahukah Anda, kemudahan transaksi yang Anda rasakan saat ini adalah berkat adanya keuangan digital atau istilah kerennya financial technology alias fintech.

Financial technology atau fintech merupakan kolaborasi antara jasa keuangan dengan teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses layanan jasa keuangan secara praktis, efisien, nyaman, dan ekonomis. Fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat dan tuntutan hidup yang serba cepat. Dengan fintech, permasalahan dalam transaksi jual-beli dan pembayaran seperti tidak sempat ke bank/ATM untuk ambil tunai atau keengganan mengunjungi suatu tempat belanja karena pelayanan yang kurang menyenangkan dapat dihindari. Singkatnya, fintech membantu transaksi jual-beli dan sistem pembayaran menjadi lebih efisien dan ekonomis namun tetap efektif.

 

Jenis-Jenis FinTech di Indonesia

Tidak hanya memberi solusi dalam hal pembayaran lho, ternyata ada jenis-jenis fintech lain yang saat ini sedang berkembang di Indonesia, yaitu: 

 

1. Crowdfunding

Sesuai namanya, model fintech crowdfunding memungkinkan masyarakat untuk dapat menggalang dana atau berdonasi, misalnya penggalangan dana untuk korban bencana alam, atau untuk membantu anak-anak yang putus sekolah. 

 

2. Microfinancing

Model Fintech microfinancing menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk membantu kehidupan dan keuangan mereka sehari-hari. Biasanya masyarakat dari golongan ekonomi ini tidak memiliki akses ke institusi perbankan sehingga mengalami kesulitan memperoleh modal untuk mengembangkan usaha sebagai mata pencaharian mereka. Hal inilah yang dijembatani oleh microfinancing dengan menyalurkan secara langsung modal usaha dari pemberi pinjaman kepada calon peminjam. 

 

3. P2P Lending Service

Fintech ini membantu masyarakat yang membutuhkan akses keuangan alias pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup dengan lebih mudah tanpa harus melalui proses berbelit-belit. 

 

4. Market Comparison 

Fintech Market Comparison memungkinkan masyarakat untuk  bisa membandingkan macam-macam produk keuangan dari berbagai penyedia jasa keuangan sehingga penggunanya dapat mendapatkan beberapa pilihan investasi untuk kebutuhan di masa depan.

 

5. Digital Payment System 

Model Fintech ini menyediakan layanan pembayaran semua tagihan seperti pulsa dan pascabayar, kartu kredit, atau token listrik PLN. 

Nah, kemajuan teknologi ternyata sangat membantu kehidupan kita ya! Namun, jangan sampai kemudahan-kemudahan bertransaksi tersebut justru membuat lengah. Apalagi, sudah banyak sekali kasus yang terjadi yang tentunya menyebabkan kerugian material. Pastikan data pribadi Anda tetap aman dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Ganti password secara berkala
  2. Jangan gunakan akses WIFI publik saat bertransaksi
  3. Tutupi pergerakan jari saat menginput password agar tidak mudah dilihat orang lain
  4. Jangan bagikan informasi pribadi seperti OTP, PIN, password, juga masa berlaku dan kode cvv kartu debit maupun kartu kredit Anda


Jangan ragu menghubungi call center penyedia layanan keuangan digital Anda jika menemukan transaksi yang mencurigakan!

Masih memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha? Silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Silakan daftarkan juga diri Anda untuk akses ke tips dan informasi menarik lainnya

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

14 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

JUWENAH

09 Desember 2023

Lebih memudahkan dalam mengelola keuangn

Balas

. 0

EDY SUSANTO

08 Pebruari 2023

👍

Balas

. 0

Wendi Purwanto

07 Pebruari 2023

👍

Balas

. 0

Sri Mulharyanto

26 November 2022

👍

Balas

. 0

Dedy rachim

07 November 2022

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS