Dirilis

22 Juli 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Selama ini, istilah investor pasti sudah tidak asing bagi Anda. Istilah ini sangat berkaitan erat dengan kegiatan investasi. Tapi, sudahkah Anda paham apa pengertian investor itu? Apakah investor hanya memiliki arti sebagai pihak yang melakukan investasi? Lalu, apakah fungsi dari investor? Inilah informasi lengkap mengenai investor.
 


Sebenarnya, Apa Pengertian Investor?

Secara umum pengertian investor adalah pihak ataupun orang yang melakukan investasi. Sedangkan menurut apa yang tertulis di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksud investor adalah penanam uang atau modal. Sehingga bisa diartikan investor adalah orang yang menanamkan uangnya sebagai modal usaha dimana tujuannya agar bisa mendapatkan keuntungan.

Investor bisa perorangan (individu) maupun lembaga baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Investor tersebut memasukkan uangnya ke dalam kegiatan tertentu agar bisa memperoleh keuntungan secara finansial. Uang atau modal dari investor tersebut kemudian akan dikelola oleh orang maupun perusahaan yang menerimanya.

Investasi yang ditanamkan oleh investor tersebut bisa diberikan dengan cara membeli produk sekuritas yang ditawarkan oleh emiten. Investor bisa menjual kembali sekuritas yang dimilikinya tersebut kepada pihak lain untuk mendapatkan keuntungan yang nilainya lebih tinggi. Keuntungan tersebut diperoleh dari perhitungan selisih antara harga jual dikurangi harga belinya.
Investor akan mendapatkan pembagian bunga atau deviden yang diperoleh dari laba yang dimiliki perusahaan dimana dia berinvestasi. Sedangkan nominal keuntungan yang didapatkan investor tergantung dari banyaknya saham yang dia miliki.

 

Fungsi dari Investor

Hampir semua usaha baik skala menengah maupun besar sangat membutuhkan adanya investor. Lalu apa sebenarnya fungsi dari investor tersebut bagi perusahaan?
▪ Melakukan pengawasan terhadap emiten
▪ Bisa berfungsi sebagai perusahaan investasi
▪ Memantau proses pembayaran bunga serta pokok pada obligasi
▪ Melakukan evaluasi pada aset penerbit sekuritas
▪ Sebagai perantara pembelian serta penjualan sekuritas
▪ Melakukan analisa terhadap kemampuan emiten
▪ Membuat susunan daftar pemegang saham
▪ Sebagai penanggung atau guarantor
▪ Menyiapkan urusan korespondensi dari penerbit untuk pemegang saham.
▪ Membuat laporan-laporan yang diperlukan
 


Risiko yang Perlu Diketahui Investor

Sekalipun menjanjikan tingkat keuntungan yang tinggi namun Anda juga harus memahami bahwa investasi memiliki risiko yang sama besarnya. Agar bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan dan merugikan Anda sebaiknya ketahui dan pahami dulu apa saja risiko investasi tersebut.

 

1. Perubahan Suku Bunga

Risiko pertama adalah perubahan terhadap besarnya suku bunga investasi. Perubahan suku bunga jelas akan berpengaruh pada besarnya pendapatan keuntungan investasi yang Anda lakukan.

 

2. Risiko pada Pasar

Selanjutnya sebagai investor Anda juga harus memperhitungkan risiko yang terjadi pada pasar. Yang dimaksud disini adalah resiko yang diakibatkan karena adanya fluktuasi atau naik turunnya nilai aktiva bersih (NAB). Risiko pasar ini tidak bisa dihindari oleh semua investor. Perubahan pasar ini bisa mengakibatkan investor mengalami capital loss.

 

3. Risiko Atas Inflasi

Risiko inflasi adalah risiko yang mungkin terjadi akibat berkurangnya daya beli masyarakat. Menurunnya daya beli masyarakat bisa disebabkan oleh adanya kenaikan rata-rata pada harga konsumsi. Risiko yang ditanggung oleh investor adalah menurunnya nilai uang tunai akibat adanya inflasi.

 

4. Risiko Likuiditas

Risiko likuiditas merupakan risiko yang datang sebagai akibat dari sulitnya menyediakan uang tunai atau cash dalam jangka waktu tertentu. Contohnya jika seseorang ataupun pihak tertentu tidak bisa melunasi kewajibannya secara tunai saat jatuh tempo dan aset yang dimilikinya tidak mencukupi ketika dikonversi dalam bentuk tunai maka dikatakan tidak likuid.

Itulah informasi mengenai pengertian investor, fungsi, sekaligus resiko yang harus dipahami oleh investor. Pengertian investor yang paling mudah dipahami yaitu seseorang ataupun lembaga yang meminjamkan modalnya dengan tujuan mendapatkan keuntungan secara finansial. Jika Anda ingin terjun ke dunia investasi dan menjadi investor, Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Daya.id seputar cara investasi yang baik dan benar selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS