Dirilis

13 Maret 2018

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Memulai suatu usaha memang bukan hal mudah, namun bukan berarti juga sulit untuk dilakukan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan sebelum memulainya.

 

1. Bangun Keberanian

Langkah pertama ini mungkin terbaca klise. Tapi kenyataannya sebagian orang tidak pernah memulai mimpinya karena tidak berani melangkah. Belum lagi tantangan setelah menjalankan usaha. Maka itu, seorang wirausahawan perlu memiliki mental berani dalam menghadapi segala risiko, dan siap berkompetisi menghadapi gejolak pasar yang selalu berubah-ubah.

 

2. Tentukan Jenis Usaha Yang Selaras Dengan Hobi

Langkah selanjutnya adalah membuat daftar usaha, lengkap dengan informasi bagaimana menjalankannya. Daftar usaha bisa Anda buat dengan melihat potensi pasar dan peluang apa yang belum ada di lingkungan sekitar. Lalu sebaiknya pilih sesuai hobi, agar Anda selalu memiliki semangat dalam menjalankannya.

 

3. Buat Perencanaan Usaha

Perencanaan penting untuk menjaga Anda fokus kepada tujuan awal. Isinya mencakup target usaha, analisa keuangan, proses menjalankan (aspek pemasaran dan operasional), keunggulan produk, serta analisa pasar dan pesaing Anda. Perencanaan yang baik akan membantu Anda menjalankan usaha.

 

4. Buktikan Dengan Tindakan

Keberhasilan tidak akan diperoleh tanpa adanya tindakan untuk memulai. Dengan memulai, Anda akan mengetahui bagaimana prospek ke depan, apa kekurangan yang perlu diperbaiki, dan bagaimana mengantisipasi tantangan. Kepiawaian Anda untuk bersaing dengan pengusaha lainnya juga akan teruji.

 

Keempat hal di atas merupakan proses awal memulai usaha. Jangan menunggu sampai sempurna, ayo segera jalankan sambil terus memperbaiki diri. Selamat memulai usaha!

Sumber:

Sutie Rahyono

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS