Dirilis

31 Desember 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Berbagai situs pelatihan online bisa membantu para pebisnis belajar hal baru, bahkan langsung dari ruang kerja Anda sendiri.

Anda juga bisa memilih tema pembelajaran yang sangat spesifik, sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika Anda baru memulai bisnis, bisa mempelajari berbagai hal terkait manajemen karyawan atau finansial.

Untuk Anda, berikut ini beberapa situs pelatihan online yang bisa dipilih. Beberapa situs ini berbahasa Inggris dan berbayar, ada juga yang berbahasa Indonesia dan gratis.

Udemy
Situs pembelajaran yang dibuat tahun 2010 ini memiliki 80 ribu pelatihan yang bisa dipelajari. Kelebihannya adalah sistem pembelajaran yang sangat menyenangkan. Selain terdapat video interaktif, pengguna juga bisa mengunduh materi secara offline, mengerjakan tugas, dan untuk materi tertentu bisa melakukan interaksi dengan pemateri.

Kelebihan lainnya adalah Anda bisa belajar topik apapun, mulai dari hal yang remeh seperti cara memancing ikan dengan benar sampai topik yang sangat serius, misalnya bagaimana belajar dan membuat Artificial Intelligence. Harga dari pelatihan ini bisa didapatkan mulai dari Rp140 ribu. Selain itu, juga bisa mencoba Udemy for Business dengan harga mulai dari Rp3 juta selama satu tahun.


Lynda (LinkedIn Learning)
Lynda atau yang sekarang berubah nama menjadi LinkedIn Learning adalah milik situs media sosial LinkedIn sejak 2015. Secara tipe bisnis dan jenis pelatihan yang ada, sebenarnya Lynda ini hampir mirip dengan Udemy, mulai dari jenis pelatihan sampai keragaman yang diberikan di dalam Lynda itu sendiri. Anda bisa belajar bisnis, teknologi, entertainment, fotografi, dan berbagai hal lain.

Tetapi yang membedakannya dengan Udemy adalah Lynda sejak awal diperuntukkan untuk pebisnis.  Oleh karena itu, Anda akan melihat beberapa pelatihan yang akan membahas sebuah tema yang sangat spesifik. Misalnya, ingin belajar bagaimana caranya membuat sebuah sampul majalah, Anda tidak akan diajarkan dari awal bagaimana mengembangkan sebuah desain, tetapi bagaimana caranya memilih huruf yang baik untuk majalah, sampai pada akhirnya bagaimana proses akhir pembuatan sampul majalah.

Selain itu, perbedaan lainnya dengan Udemy adalah di Lynda diharuskan membayar biaya per bulan, bukan per pelatihan seperti di Udemy. Harga pelatihan di Lynda ini 20 dolar untuk anggota biasa dan 30 dolar untuk anggota premium.

Open Culture
Open Culture adalah situs pelatihan online yang mempunyai sekitar 1.300 pelatihan dengan jumlah jam video mencapai 45 ribu. Kerennya di Open Culture, semua bisa dinikmati secara gratis! Yup, konsep awal dari Open Culture adalah membuat sebuah situs pembelajaran berkualitas secara gratis. Walaupun situs ini gratis, jangan khawatir kualitas di setiap pelatihannya karena hampir semua pelatihan diambil dari kampus-kampus bergengsi di luar negeri.

Salah satu kekurangannya adalah fitur search yang tidak begitu baik. Jadi, harus sedikit sabar untuk memilih beberapa pelatihan yang ada di sana. Jika beruntung, akan mendapatkan materi yang sama atau bahkan lebih baik daripada situs pembelajaran lain. Keren, bukan?

Tuts+
Salah satu pembelajaran yang naik daun adalah tentang teknologi. Jika ingin belajar secara spesifik mengenai teknologi, bisa mengunjungi Tuts+. Ada sekitar 22 ribu tutorial dengan lebih dari 800 video pembelajaran. Mulai dari bagaimana belajar coding program dari nol, membuat desain untuk pemula, sampai pembelajaran yang expert seperti belajar CSS, TypeScript, sampai bagaimana menjadi produser musik sendiri.

Harga yang ditawarkan oleh Tuts+ adalah 29 dolar per bulan atau sekitar 400 ribu rupiah. Kelebihan lainnya adalah mendapatkan setidaknya 1-2 pelatihan baru setiap harinya. Kekurangannya, tidak mendapatkan percobaan gratis untuk mencoba bagaimana sistem pembelajarannya.

Daya
Daya.id menyediakan pelatihan online yang materinya dibagi berdasarkan jenjang usaha para pebisnis, yaitu memulai usaha, meningkatkan usaha, dan mengembangkan usaha. Untuk masing-masing jenjang, Anda bisa menemukan materi tentang pengembangan diri, pemasaran, operasional, keuangan, dan sumber daya manusia. Semuanya bisa dipelajari secara gratis.

Bukan cuma itu, Daya.id juga menyediakan layanan konsultasi  gratis dengan para ahli di bidangnya. Jadi, jika Anda masih butuh penjelasan, bisa langsung bertanya di Tanya Ahli. Situs ini juga menyediakan berbagai akses yang bisa membantu pebisnis mengembangkan usaha.

Itulah 5 situs pelatihan online bisa dipilih sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Jika Anda tidak mempunyai bujet sekalipun, bisa memilih situs pelatihan online gratis. Selamat belajar!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS