Dirilis

24 Mei 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Usaha service komputer bisa menjadi usaha di bidang jasa yang memiliki peluang bagus untuk dijalankan. Sebab, komputer menjadi barang elektronik yang sangat dibutuhkan saat ini untuk berbagai kebutuhan. Ketika komputer bermasalah, pasti akan menghambat pekerjaan sehingga pemiliknya harus segera membawanya ke tukang service.

Dalam situasi seperti ini pasti akan sangat membutuhkan keberadaan service komputer. Ini merupakan peluang yang besar bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang ini untuk membuka usaha service. Lalu, bagaimana cara memulai usaha ini?

Tips Memulai Usaha Service Komputer untuk Pemula

Inilah cara memulai usaha service komputer yang benar untuk para pemula:

1. Memiliki Keahlian Seputar Hardware dan Software


Usaha ini tidak bisa dijalankan oleh sembarangan orang, terutama bagi mereka yang tidak memiliki keahlian di bidang ini. Anda sebagai pemilik usaha atau teknisi yang bekerja dengan Anda diharuskan untuk memiliki keahlian dalam menangani masalah penanganan komputer. Keahlian yang dimiliki saat membuka usaha ini akan mempermudah Anda dalam mendapatkan banyak pelanggan.

Untuk meningkatkan keahlian yang dimiliki, Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan atau training yang fokus untuk menangani masalah hardware dan software komputer. Jika sudah benar-benar menguasainya bisa segera membuka usaha ini.

2. Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan dan Modal

Membuka usaha ini mengharuskan Anda untuk mempersiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Salah satu peralatan yang dibutuhkan yaitu komputer. Komputer tersebut harus didukung dengan spesifikasi tinggi serta ditunjang dengan softfile service, seperti software antivirus, installer program, dan beberapa aplikasi lainnya. Peralatan lain yang dibutuhkan yaitu obeng, ampere dan peralatan lainnya.

Menjalankan usaha ini tidak hanya membutuhkan keahlian atau skill saja tetapi juga membutuhkan modal. Modal ini jugalah yang akan digunakan untuk membeli peralatan usaha. Inilah rincian modal yang dibutuhkan untuk usaha service komputer:

1. Modal Awal

Biaya sewa tempat                             Rp 10.000.000
Renovasi ruangan                               Rp   1.000.000
Beli 1 set PC                                      Rp   5.000.000
Beli rak kaca                                      Rp   3.000.000
Beli hardware komputer                      Rp   8.500.000
Beli peralatan service                          Rp   1.000.000
Total                                              Rp 28.500.000

Modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sebesar Rp 28.500.000

2. Biaya Operasional     

Biaya listrik                                         Rp      100.000
Biaya internet bulanan                         Rp      350.000
Pembelian stok barang service              Rp      500.000
Biaya gaji karyawan                             Rp      800.000
Total                                               Rp   1.750.000    

Biaya operasional yang harus dikeluarkan sebesar Rp 1.750.000
Jadi keseluruhan modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha ini sebesar Rp 30.250.000. Namun, jumlah modal ini bisa jadi lebih besar atau lebih kecil. Tergantung pada harga peralatan yang Anda beli dan biaya lain yang mungkin harus Anda keluarkan.

3. Memilih Lokasi atau Tempat Usaha Service


Tips selanjutnya yaitu Anda harus segera menentukan tempat untuk membuka usaha service, bisa usaha service rumahan atau tempat service sendiri. Jika Anda ingin membuka usaha service dengan toko sendiri sebaiknya menyiapkan tempat dengan cara membeli bangunan atau dengan cara sewa. Namun, apabila Anda memilih usaha service rumahan berarti tidak perlu sewa tetapi hanya memanfaatkan ruangan yang ada di rumah.

4.  Bekerja Sama dengan Toko Komputer

Anda bisa memperkenalkan layanan usaha service komputer kepada publik dengan cara menjalin kerjasama dengan toko komputer. Pertama-tama Anda harus mencari  toko komputer offline lalu menawarkan kerjasama untuk memperbaiki komputer rusak  milik toko tersebut. Bila diperlukan Anda juga bisa memberikan brosur yang berisi usaha service kepada setiap pelanggan toko yang akan membeli komputer di toko tersebut.

5. Gencar Melakukan Promosi

Namanya usaha baru pasti belum dikenal oleh banyak orang. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memperkenalkan usaha Anda adalah dengan gencar melakukan promosi. Tanpa melakukan promosi usaha yang sedang dijalankan pasti tidak akan bisa berkembang.

Anda bisa melakukan promosi secara online maupun offline. Promosi secara online bisa dengan memanfaatkan keberadaan sosial media. Sedangkan promosi offline bisa dengan cara menyebar brosur, memasang banner atau spanduk.

Nah itulah informasi tentang tips memulai usaha service komputer untuk pemula. Meski Anda pemula dalam usaha ini, menerapkan tips-tips di atas akan sangat membantu berkembangnya usaha yang dijalankan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara memulai usaha jasa yang baik dan benar.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS