Dirilis

21 Oktober 2023

Penulis

Peni hidayah

Teknologi digital kini memberikan kesempatan dan peluang bagi para pelaku UMKM. Mulai dari pembukuan yang dulu manual, sekarang sudah lebih mudah dengan menggunakan aplikasi. Lalu yang sebelumnya harus punya tempat dan barang untuk berjualan, saat ini cukup dengan menggunakan smartphone atau HP dan internet pelaku UMKM sudah bisa memulai berbisnis bahkan memperluas bisnisnya ke luar wilayah. Banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan digital berpendapat bahwa biaya yang dikeluarkan jauh lebih terjangkau dan mudah dilakukan dengan berbagai pilihan seperti situs web, media sosial, ecommerce, email marketing, SEO, SEM dan konten marketing.

Namun memasarkan bisnis melalui teknologi digital, ada cara tersendiri agar tujuan Anda meningkatkan penjualan bisa tercapai. 

 

Tips Manfaatkan Teknologi Digital Agar Penjualan Meningkat

Berikut beberapa tips memanfaatkan teknologi digital agar penjualan Anda meningkat.

 

1.    Pastikan Target Pasar Tepat

Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah, Anda memiliki target pasar yang tepat. Karena dengan target pasar yang tepat, akan memudahkan Anda menentukan strategi digital marketing yang seperti apa agar tepat sasaran.

 

2.    Pilih Digital Channel yang Tepat


Pemilihan channel media yang cocok dan juga tepat untuk melakukan promosi produk bisa menjadi cara untuk mem-branding bisnis Anda yang ingin dikembangkan lho. Berikut beberapa digital channel yang bisa Anda manfaatkan yaitu situs web, media sosial, ecommerce, email marketing, SEO, SEM dan konten marketing.

 

3.    Buat Konten Berkualitas

Konten berkualitas merupakan pondasi dari strategi digital marketing yang efektif dalam memancing audiens. Buatlah konten yang relevan, mengikuti tren, bermanfaat, dan informatif bagi audiens Anda. Selain itu, pastikan Anda menggunakan konten yang dapat menarik minat pelanggan potensial dan membangun kredibilitas bisnis Anda. Anda juga harus memastikan konsep konten kreatif yang dibuat sesuai dengan target hingga segmentasi yang dituju.

 

4.    Lakukan Inovasi

 
Inovasi perlu Anda lakukan meskipun melalui teknologi digital. Tidak mudah memang, namun ini bisa membuat Anda bisa bersaing dengan kompetitor. Misalnya melakukan mengadakan promosi yang menarik dengan memanfaatkan momentum khusus seperti Harbolnas, Tahun Baru, dan lainnya. Atau cara lain jika Anda menggunakan marketplace, manfaatkan fitur iklan yang ada di marketplace agar produk usaha dapat sering tampil dan semakin banyak dilihat oleh calon konsumen.

 

5.    Pastikan Kualitas Produk Terjaga

Karena Anda menjalankan bisnis melalui teknologi digital, pastikan produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik dan terjaga karena pembeli tidak melihat secara langsung atau pun menyentuh barang yang dipesan. Agar pembeli puas dan terus membeli di tempat Anda.

 

6.    Berikan Pelayanan Terbaik

Kepuasan pelanggan adalah satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan dalam berbisnis. Ibarat pepatah mengtatakan kalau ‘konsumen adalah raja’, maka pastikan Anda selalu memberikan layanan atau respon yang baik kepada pelanggan. Bahkan dengan adanya teknologi di era digital, Anda bisa semakin mudah meraih konsumen melalui media sosial, aplikasi, dan website.

Misalnya Anda memanfaatkan aplikasi WhatsApp bisnis yang bisa membantu Anda dalam melayani pelanggan dengan menjawab pertanyaan atau membantu keluhan mereka. Aplikasi WhatsApp bisnis ini mempunyai fitur pengaturan pesan dan pesan otomatis, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk dilayani.

 

7.    Lakukan Analisis dan Optimasi

Analisis secara berkala terhadap seluruh strategi digital marketing yang Anda jalankan menjadi hal penting yang perlu Anda lakukan. Identifikasi hal-hal apa saja yang berjalan baik dan perbaiki yang tidak. Selalin itu melakukan evaluasi secara berkala pun dapat membantu Anda untuk terus meningkatkan performa kampanye digital Anda. 

Melalui pemasaran secara digital dapat memperluas jangkauan pengenalan produk Anda ke pasar yang lebih luas dengan proses yang jauh lebih mudah. Sehingga dengan memanfaatkan teknologi digital di masa sekarang ini merupakan peluang besar para pelaku UMKM untuk dapat terus eksis dalam meningkatkan penjualannya serta mengembangkan usahanya. 

Jika terdapat kendala dalam pemasaran digital pada bisnis Anda, konsultasikan dengan ahlinya di website www.daya.id secara gratis dan sekaligus manfaatkan fitur lainnya seperti informasi keuangan juga kesehatan dengan mendaftar website Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.5

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

22 October 2023

Mantap

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

22 October 2023

???

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS