Dirilis

14 Juli 2023

Penulis

Januar Rusdianto

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2023 tercatat sebesar 5,03 (YoY). Pertumbuhan ini menunjukan bahwa ekonomi Indonesia sudah berlangung pulih dari dampak pandemi COVID-19. Bagaimana dengan bisnis Anda? Apakah bisnis Anda tumbuh? Apakah bisnis Anda mencapai target yang sudah Anda tetapkan pada awal tahun 2023? 

Sebagai pelaku bisnis, peluang pertumbuhan ekonomi yang terjadi bisa menjadi peluang untuk mencapai target bisnis  2023. Untuk mencapai target bisnis, Anda bisa melihat beberapa hal yang bisa berdampak dalam bisnis Anda, seperti: perilaku pelanggan, operasional perusahaan dan kinerja keuangan. 

Saat ini kita sudah sudah ada dalam bulan Juni, masih ada waktu 6 bulan untuk bisa membuat strategi bisnis dan mencapai target bisnis  2023. 

 

Evaluasi Kinerja dan Target Bisnis 2023


Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat strategi bisnis untuk periode 6 bulan ke depan, adalah melakukan evaluasi terhadap pencapaian strategi dan target bisnis  Anda di 6 bulan kemarin. Dengan melakukan evaluasi, Anda akan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki, dipertahankan, dan ditingkatkan. Libatkan seluruh orang yang terlibat dalam bisnis Anda untuk melakukan evaluasi ini. 

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda evaluasi:

 

1.    Pencapaian Target Penjualan (Omset)

Tercapainya target penjualan tentu menjadi faktor utama dalam tercapai target bisnis  2023. Jika Anda tidak bisa mencapai target penjualan, maka bisnis Anda tentu tidak bisa mendapatkan keuntungan yang direncanakan. 

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengevaluasi pencapaian penjualan adalah jumlah penjualan harian, mingguan, atau bulanan; produktifitas tim penjualan, jumlah pembeli, saluran (channel) pembelian yang dipergunakan oleh pembeli, barang yang paling banyak laku, dan kapan pembeli melakukan transaksi. 

 

2.    Pencapaian Startegi Pemasaran 

Pencapaian target penjualan biasanya tidak terlepas dari suksesnya penerapan strategi pemasaran. Penerapan startegi pemasaran yang tepat akan berdampak secara langsung dengan naiknya penjualan. Evaluasi dalam penerapan startegi pemasaran bisa dilakukan dengan melihat data dari mana pembeli Anda mengetahui atau melakukan transaksi, melihat dampak dari setiap kegiatan pemasaran yang dilakukan dan melihat apakah biaya promosi yang dikeluarkan sesuai dengan pencapaian penjualan. 

Anda bisa membaca lebih lanjut terkait evaluasi startegi ini di artikel Pentingnya Evaluasi Strategi Marketing atau Pemasaran.
 
 

3.    Operasional Bisnis 

Evaluasi operasional bisnis berkaitan langsung dengan tercapainya target keuntungan dari bisnis. Biaya operasional yang tinggi akan membebani biaya bisnis dan menurunkan keuntungan, oleh karena itu operasional usaha memiliki peran yang penting dalam mendukung tercapainya target keuntungan bisnis. Evaluasi operasional bisnis bisa dilakukan dengan melihat jumlah produksi barang, jumlah barang yang rusak atau hilang, dan besarnya biaya operasional. 

 

4.    Keuangan bisnis

Keuangan merupakan indikator utama apakah bisnis tersebut tumbuh atau tidak. Jika penjualan tumbuh namun jumlah uang tunai yang dimiliki atau aset tidak bertambah, tentu menjadi pertanyaan besar dalam bisnis. Anda bisa melakukan evaluasi keuangan dengan melihat jumlah transkasi uang tunai, jumlah hutang, jumlah piutang, jumlah aset dan jumlah dana yang disiapkan untuk kejadian darurat.

Anda bisa membaca lebih lanjut terkait evaluasi startegi ini di artikel Bagaimana Cara Melakukan Evaluasi Keuangan

Keempat hal di atas sangat penting dilakukan untuk bisa menjadi dasar dalam rangka membuat strategi bisnis bulan Juli-Desember ke depan, untuk mencapai target bisnis  Anda pada 2023. 

 

Strategi Capai Target Bisnis 2023


Setelah Anda melakukan evaluasi terhadap kinerja bisnis di 6 bulan pertama tahun 2023, sekarang Anda akan membuat startegi bisnis yang bisa mempercepat tercapainya target bisnis 2023. Berikut beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam membuat startegi bisnis 2023. 

 

1.    Mengelola Keuangan Bisnis

Jika Anda sudah melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan, Anda akan melihat hal-hal apa yang masih harus diperbaiki atau hal-apa yang bisa jauh ditingkatkan untuk mencapai target bisnis 2023. Berdasarkan evaluasi tersebut, Anda bisa membuat perencanaan keuangan yang meliputi alokasi pengeluaran, target pendapatan, target keutungan, target piutang dan target hutang. Bahkan Anda juga bisa membuat rencana permodalan Anda untuk mendukung percepatan pertumbuhan bisnis Anda. Pastikan dalam pengelolaan keuangan ini arus kas Anda selalu dalam keadaan positif sehingga bisnis Anda tetap sehat. Batasi jumlah utang dan piutang Anda. Jumlah piutang yang lebih besar dari uang tunai akan membuat bisnis Anda tidak bisa memiliki modal yang cukup untuk berputar. 

 

2.    Menurunkan Biaya Operasional 

Menurunkan biaya operasional bisa membuat Anda mencapai target bisnis 2023 tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Namun hal ini jarang dipikirkan oleh para pelaku bisnis. Tujuan dari pengelolaan biaya operasional adalah bagaimana Anda bisa membuat operasional bisnis Anda efektif dan efisien. Anda bisa memulainya dengan melihat proses bisnis Anda, bagaimana Anda bisa menjalankan bisnis, apakah ada proses yang bisa dipersingkat tanpa mengurangi kualitas. Anda juga bisa melihat bagaimana penyimpanan bahan baku dan produk Anda, apakah ada barang-barang yang rusak dikarenakan penyimpanan dan Anda juga bisa melihat produktifitas dari karyawan Anda dalam menjalankan proses bisnis. Anda bisa merancang ulang proses bisnis Anda untuk bisa memaksimalkan keuantungan yang didapat. 

Anda bisa membaca lebih lanjut terkait cara menurunkan biaya operasional di artikel Cara Turunkan Biaya Operasional Usaha.

 

3.    Strategi Pemasaran yang Tepat Sasaran 

Seperti yang disampaikan di atas. Strategi pemasaran yang baik adalah strategi pemasaran yang bisa memberikan dampak langsung terhadap peningkatan penjualan. Memang ada aktifitas pemasaran yang ditujukan untuk meningkatkan kekuatan merek, namun Anda tetap harus memberikan target dari aktifitas tersebut, berapa lama dilakukannya pemasaran tersebut dan apa yang diharapkan. 

Dalam membuat strategi pemasaran, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami bagaimana profil atau perilaku pelanggan Anda. Dengan mengetahui siapa pelanggan Anda maka Anda bisa memanfaatkan biaya pemasaran dengan sangat efektif. 

Sebagai contoh, profil pelanggan Anda adalah mereka yang aktif dalam penggunaan kanal digital, maka Anda harus memaksimalkan semua kanal digital yang biasa dipakai pelanggan sebagai media promosi atau komunikasi kepada mereka. Jika Anda ingin mempergunakan influencer, pilihlah influencer yang bisa mewakili produk Anda dengan baik, tidak perlu untuk membayar influencer yang berharga mahal namun tidak bisa mendorong penjualan Anda. Jika Anda tidak memiliki biaya untuk influencer, Anda bisa meminta semua karyawan dan keluarga Anda menjadi influencer dari bisnis Anda. Terkadang hal ini bisa menjadi jauh lebih efektif. 

Namun sebaliknya, jika profil pelanggan Anda adalah mereka yang tidak aktif dalam penggunaan kanal digital atau produk yang berikan tidak bisa dikirimkan. Anda bisa fokuskan startegi promosi langsung, kemasan produk yang menarik dan lokasi yang nyaman. 

 

4.    Tingkatkan penjualan 

Pencapaian target penjualan tentu menjadi ujung tombak dalam tercapainya target bisnis  2023. Anda bisa melihat kembali hasil evaluasi Anda, apakah penjualan Anda sudah sesuai dengan yang diharapkan atau masih ada yang bisa Anda tingkatkan. 
Dalam meningkatkan penjualan Anda bisa melakukan dua hal utama. Pertama meningkatkan jumlah pembeli, dan kedua meningkatan jumlah pembelian dari pembeli yang ada. 

Terkait dengan hal pertama, Anda bisa melihat peluang ke target pasar baru yang mungkin belum dijangkau oleh produk Anda. Masuk ke pasar baru ini bisa dilakukan dengan bermitra dengan orang lain, memperluas jaringan pemasaran atau distribusi produk, dan membuat sedikit pengembangan atau penyesuaian pada produk Anda. 

Untuk meningkatkan jumlah pembelian dari pembeli yang ada, Anda bisa melakukan beberapa startegi, seperti pemberikan poin pada jumlah pembelian tertentu, memberikan layanan tambahan untuk pelanggan utama, cross selling antara satu produk dengan produk lain, dan berkonsinyasi dengan mitra untuk menambahkan jenis produk pada usaha Anda. 

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023 ini merupakan peluang yang sangat besar untuk setiap pelaku bisnis untuk segera meningkatkan kinerja dan memperbesar bisnisnya. Segera sesuaikan startegi bisnis Anda dengan kondisi yang ada saat ini, kelola keuangan Anda dengan disiplin, efektif danefisienkan operasional bisnis Anda, maksimalkan aktifitas pemasaran Anda, dan tumbuhkan penjualan Anda melebihi target bisnis  2023. Lakukan hal tersebut secara konsisten untuk bisnis yang tumbuh dan berkelanjutan. 

Sebagai pemilik bisnis, strategi Anda yang membuat bisnis Anda berhasil. 

Jika Anda ingin mendiskusikan strategi bisnis yang akan Anda buat secara lebih lanjut dengan kami, silakan Anda bertanya kepada para ahli yang ada di Daya.id, dan ikuti seminar seminar kewirausahaan yang dilakukan oleh Daya.

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : Freepik.com

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

15 Juli 2023

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS